Skip to main content

Mau UANG?? Kirim artikel yang berkaitan dengan niche Blog Daily Info DISINI. Artikel/tulisan yang disetujui akan dapat imbalan uang, atau dapat ditukar dengan pemberian Backlink Nofollow dari Kami.

×

Cara Mengatasi USB Not Recognized yang Paling Mudah

Cara Mengatasi USB Not Recognized yang Paling Mudah
Cara Mengatasi USB Not Recognized yang Paling Mudah

Cara Mengatasi USB Not Recognized yang Paling Mudah

Bagi beberapa pengguna USB di PC atau Laptop seringkali pasti terdapat kendala salah satunya adalah USB not recognized atau USB tak bisa terbaca pada komputer maupun laptop, jangan panik dan bingung dulu karena informasi berikut akan menjelaskan cara mengatasi USB yang not recognized dengan mudah yang bisa Anda coba saat mengalami masalah tersebut. Simak penjelasannya berikut ini.

TOC / Daftar Isi

Beberapa Cara Mengatasi USB Not Recognized dengan Mudah

1. Mencabut dan Memasang Kembali USB Tersebut

Saat Anda mengalami masalah pada USB yang tidak terbaca atau tak dikenali pada PC Anda, jangan panik cobalah untuk mencabut USB yang baru Anda pasang tersebut dan kemudian tunggulah beberapa saat agar PC melakukan refresh secara otomatis agar PC lebih ringan saat dipakai, kemudian barulah Anda bisa mencoba memasukkan kembali USB tersebut. Anda harus sering memperhatikan jika mungkin saja Port USB tersebut mengalami kerusakan atau sudah longgar sehingga sulit untuk mendeteksi USB yang Anda pasang tersebut.

Back to Content ↑

2. Mencabut Kabel Power Supply

Cara ini berlaku pada Anda yang menggunakan PC bukan Laptop, Anda bisa mencabut kabel power supply untuk mematikan sementara komputer Anda yang melakukan perefreshan sementara. Setelah itu tunggulah beberapa saat dan biarkan motherboard pada komputer beristirahat sejenak dalam keadaan mati tersebut. Kalau sudah beberapa menit berlalu barulah Anda bisa memasang kembali kabel power supply dan cobalah untuk operasikan kembali PC Anda seperti semula.

Back to Content ↑

3. Dengan Me-restart Komputer Anda

Cara ketiga untuk mengatasi USB not recognized dengan mudah adalah merestart perangkat komputer maupun PC Anda terlebih dahulu. Mungkin bisa saja laptop atau PC Anda terlalu berat dan sudah panas maka dari itu perlu untuk di refresh biar bisa segar kembali dan bisa digunakan dengan normal, terutama saat mendeteksi USB yang masuk. Sebelum merefreshnya jangan lupa untuk mencabut semua USB yang terpasang agar memudahkan dalam merefresh dan Anda akan menggunakan kembali saat sudah di refresh.

Back to Content ↑

4. Coba Pindahkan USB pada Port Lainnya

Jika salah satu port USB sudah mengalami kerusakan atau sudah longgar biasanya USB akan sulit terbaca dan terdeteksi, maka dari itu Anda harus mencoba memindahkan USB Anda tersebut pada port USB yang lain. Dalam beberapa perangkat komputer atau laptop terdapat lebih dari satu port USB, jadi Anda bisa mencoba salah satu port USB tersebut. Jika salah satu port USB tadi bisa terbaca dan yang lainnya tidak bisa terbaca, maka port USB tersebut kemungkinan besar sudah mengalami kerusakan, maka Anda bisa menggunakan yang satunya.

Back to Content ↑

5. Mengecek Kondisi USB

Sebelum menggunakan USB atau Flashdisk tidak ada salahnya jika Anda memeriksa kondisinya terlebih dahulu, untuk menghindarkan terjadinya error saat digunakan dan bisa saja pada USB yang sudah error tersebut akan menimbulkan virus bahaya yang masuk pada PC ataupun laptop kita. Jika pada saat Anda mencoba salah satu USB pada port yang sama dan bisa terbaca dan lainnya tidak bisa terbaca, maka USB yang tidak bisa terbaca tersebut kemungkinan sudah error atau sudah rusak. Untuk mengecek kondisi USB sebelum digunakan merupakan salah satu cara termudah untuk mengatasi USB not recognized.

Back to Content ↑

6. Upgrade Device Driver

Jika Anda belum melakukan pembaruan pada device Driver maka kemungkinan secara otomatis perangkat USB tidak dapat dioperasikan secara optimal, berikut adalah cara memperbarui device driver pada PC.

  1. Pertama, klik start lalu cari dan ketikkan devmgmt.msc. pada pencarian
  2. Lalu masuk pada menu Device Manager dan klik Universal Bus
  3. Kemudian carilah menu Unknown Device
  4. Langkah terakhir Anda bisa langsung pilih Update Driver dan selesai. Anda bisa menggunakan lagi USB di PC maupun laptop, selamat mencoba dan semoga berhasil.

Back to Content ↑

7. Cobalah Mematikan Power Management pada USB Root Hub

Salah satu cara mengatasi USB not recognized termudah adalah dengan memanfaatkan USB Root Hub, cara tersebut dilakukan jika Anda masih yakin bahwa USB tersebut dalam kondisi baik dan tidak rusak, berikut adalah caranya.

  1. langkah pertama dengan mengklik start dan kemudian ketikan pada pencarian Device Manager.
  2. Lalu klik universal serial bus controllers dan langsung pilih USB Root Hub.
  3. Kemudian Anda bisa memilih menu Power Management dan hapuslah tanda checklist pada bagian Allow computer to turn off this device to save power.
  4. Ketika sudah selesai Anda bisa klik OK yang terdapat pada bagian bawah.
  5. Setelah itu Anda harus me-restart komputer tersebut dan cobalah memasang USB kembali.

Back to Content ↑

8. Dengan Melakukan Scanning For Hardware Change

Jika beberapa cara belum bisa mengatasi USB yang sulit terbaca maka Anda bisa mencoba melakukan scanning pada perangkat PC ataupun laptop, cara tersebut berfungsi untuk mengetahui hardware mana saja yang akan berubah dan otomatis komputer akan melakukan refresh. Terutama pada perangkat hardware port USB pada PC jika mengalami kerusakan sehingga harus di scanning terlebih dahulu, berikut adalah caranya.

  1. Pertama tekan tombol windows + R secara bersamaan pada keyboard
  2. Lalu ketikan pada pencarian devmgmt.msc dan langsung klik OK
  3. Dan kemudian pilihlah menu Action dan klik fitur Scan for hardware changes
  4. Nah Anda telah selesai melakukan scanning untuk perubahan hardware pada PC Anda.
  5. Kemudian cobalah memasang kembali USB Anda dalam port yang tersedia.

Back to Content ↑

9. Dengan Meng-Uninstall Hidden Device

Dinamakan hidden device karena banyaknya perangkat USB pada PC yang sudah terinstall namun sudah tidak dipakai kembali dan sudah tidak digunakan dalam waktu yang lama. Jika Hidden Device terlalu banyak maka akan mengalami crash atau error dan akan membuat USB not recognized. Maka dari itu uninstall hidden Device dengan langkah langkah berikut ini.

  1. Pertama bukalah menu device manager dengan memilih menu view
  2. Kemudian Anda klik pada show hidden devices maka secara otomatis hidden device akan muncul semua
  3. Kemudian klik kanan dan pilih uninstall untuk setiap hidden device. Selesai selamat mencoba.

Back to Content ↑

10. Dengan Meng-Uninstall USB Device

Langkah terakhir untuk cara mengatasi USB not recognized dengan mudah adalah dengan meng-uninstall USB device, dengan solusi ini maka Anda akan menghapus semua perangkat USB dari sistem yang ada pada komputer, berikut adalah beberapa langkahnya.

  1. Pertama Anda harus klik menu start dan langsung pilih menu Device Manager
  2. Kemudian Anda klik pada menu Action
  3. Dalam menu action terdapat beberapa pilihan yang salah satunya dengan meng-uninstall device, lalu klik menu tersebut.
  4. Sudah selesai dan semua perangkat USB sudah terhapus dan sudah di uninstall dari sistem PC Anda, dan jangan lupa untuk menginstall kembali USB device agar Anda bisa memasang dan memakai USB kembali. Selamat mencoba.

Back to Content ↑

Demikianlah beberapa cara mengatasi USB not recognized yang paling mudah yang direkomendasikan untuk Anda. Anda bisa membaca dan memilih salah satu cara atau cara yang lainnya agar USB Anda bisa berfungsi dengan normal saat digunakan. Semoga informasi tersebut bermanfaat untuk Anda dan selamat mencoba ya. Semoga berhasil. Terima kasih.