Skip to main content

iPhone Garansi Distributor Bagus atau Tidak?

iPhone Garansi Distributor Bagus atau Tidak?

iPhone Garansi Distributor Bagus atau Tidak?

iPhone merupakan salah satu gadget yang mempunyai garansi berbeda-beda, tergantung siapa yang memasarkannya. Garansi distributor adalah salah satunya. Kemudian banyak orang yang bertanya, iPhone garansi distributor bagus atau tidak?

Pada kesempatan ini akan dijelaskan secara lebih lengkap mengenai apa itu garansi distributor beserta kelebihan dan kekurangannya. Simak terus sampai akhir supaya tidak ketinggalan informasi yang penting.

TOC / Daftar Isi

1. Mengenal iPhone Garansi Distributor

Apple biasanya mengumumkan launching iPhone tipe terbaru pada bulan September setiap tahunnya. Namun produknya baru masuk secara resmi ke Indonesia beberapa bulan kemudian. Hal ini membuat banyak orang merasa tak sabar untuk segera memilikinya.

Kemudian muncullah para distributor yang memasarkan produk-produk iPhone, khususnya produk yang masih belum ada di Indonesia. Produk ini biasanya didatangkan dari luar negeri.

Untuk memberikan jaminan kepada pengguna, distributor memberikan garansi sehingga disebut garansi distributor. Garansi ini memberikan jaminan berupa service hingga penggantian unit apabila terjadi kerusakan pada iPhone yang dibeli.

Umumnya, iPhone garansi distributor lebih murah dibandingkan garansi resmi. Hal inilah yang membuat banyak orang berminat membelinya.

Back to Content ↑

2. Perbedaan Garansi Distributor dengan Garansi Lainnya

Di Indonesia, setidaknya terdapat 3 jenis garansi iPhone yang ditawarkan antara lain garansi resmi, internasional, dan distributor. Simak perbedaan selengkapnya di bawah ini.

Back to Content ↑

2.1. Garansi Resmi

iPhone dengan garansi resmi merupakan perangkat yang dijual oleh Apple khusus untuk pasar Indonesia. Barang yang masuk ke Indonesia sudah melalui prosedur yang seharusnya. iPhone dengan garansi resmi memiliki beberapa ciri berikut.

  1. Dijual oleh Apple Authorized Reseller, misalnya iBox.
  2. Harga cenderung lebih mahal dibandingkan harga internasional.
  3. Memiliki kartu garansi yang terletak di bagian luar box kemasan.
  4. Kemasan dilapisi dengan plastik lentur.
  5. Aksesoris seperti charger dan kabel USB original.
  6. Garansi dapat di klaim di cabang Apple Authorized Reseller seluruh Indonesia.

Back to Content ↑

2.2. Garansi Internasional

iPhone dengan garansi internasional merupakan iPhone original yang dipasarkan untuk negara di luar Indonesia. Biasanya, barangnya diambil dari pasar Amerika atau Singapura. Ciri-cirinya antara lain.

  1. Dijual oleh perorangan.
  2. Harganya sama dengan harga resmi yang ditetapkan oleh Apple saat peluncuran. Tak menutup kemungkinan jika penjual menetapkan biaya tambahan kepada pembeli.
  3. Tidak terdapat kartu garansi di bagian luar box kemasan.
  4. Aksesoris original, namun untuk adapter bisa saja memiliki bentuk yang berbeda dengan iPhone resmi Indonesia. Contohnya iPhone Singapura yang memiliki adapter dengan tiga kaki.
  5. Untuk klaim garansi, pembeli harus melakukannya di negara asal iPhone tersebut.

Back to Content ↑

2.3. Garansi Distributor

Sementara itu, iPhone garansi distributor memiliki beberapa ciri yang mudah dikenali seperti berikut ini.

  1. Dijual oleh perusahaan distributor seperti The One, Platinum, BCell, dan lain-lain.
  2. Terdapat label berupa keterangan waktu garansi dan nama distributornya di bagian luar box.
  3. Harga jualnya cenderung lebih murah dibandingkan iPhone garansi resmi maupun internasional.
  4. Kemasan dilapisi dengan plastik tebal.
  5. Aksesoris umumnya non original atau OEM.
  6. Kebanyakan sparepart yang dipakai juga tidak original.
  7. Klaim garansi dilakukan ke distributor terkait apabila terjadi kerusakan.

Back to Content ↑

3. Kelebihan dan Kekurangan iPhone Garansi Distributor

Untuk mengetahui apakah iPhone garansi distributor bagus atau tidak, simak beberapa kelebihan dan kekurangan yang akan dibahas di bawah ini.

Back to Content ↑

3.1. Kelebihan iPhone Garansi Distributor

Pengguna bisa mendapatkan iPhone yang belum dipasarkan secara resmi di Indonesia. Selain itu, iPhone garansi distributor juga menjadi pilihan ketika ingin membeli iPhone yang sudah tidak dijual lagi unit barunya.

Di samping itu, harga yang murah juga menjadi faktor yang membuat iPhone garansi distributor lebih diminati. Dengan membeli produk iPhone garansi distributor, pembeli dapat menghemat beberapa juta.

Back to Content ↑

3.2. Kekurangan iPhone Garansi Distributor

Sayangnya, harga murah yang dibayarkan oleh pengguna harus diganjar dengan beberapa kekurangan. Pertama, tak sedikit distributor nakal yang menjual iPhone rekondisi atau refurbished. Mereka hanya melakukan perbaikan dan penggantian part pada iPhone yang sudah rusak.

Harganya bisa jauh lebih murah karena spare part dan aksesoris yang diberikan sebagian besar adalah OEM atau non original.

Beberapa distributor juga menjual iPhone palsu. Oleh karena itu, Anda wajib memahami cara membedakan iPhone asli dan palsu agar tidak tertipu. Perlu diingat bahwa hal ini tidak dilakukan oleh oknum dan bukan semua distributor.

Dengan kekurangan yang begitu krusial ini, apakah iPhone garansi distributor bagus atau tidak? Jawabannya dikembalikan lagi kepada pembeli itu sendiri. Untuk mendapatkan kenyamanan saat menggunakan iPhone, sebaiknya beli saja yang bergaransi resmi.

Tidak ada salahnya menabung lagi untuk mendapatkan iPhone resmi dengan harga yang lebih tinggi. Harga tersebut akan sebanding dengan apa yang Anda dapatkan.

Back to Content ↑

Pelajari juga Tutorial iOS / iPhone OS Lengkap pada artikel lainnya yang ada di situs ini. Ada banyak sekali pembahasan tentang tips dan trik menggunakan iPhone yang mungkin belum pernah Anda tahu sebelumnya. Terima Kasih dan Semoga Bermanfaat!