Skip to main content

iPhone Dual SIM Card

iPhone Dual SIM Card
iPhone Dual SIM Card

iPhone Dual SIM Card

Ada banyak hal yang menjadi keunggulan iPhone dibanding Android. Namun di beberapa sisi, iPhone juga punya kekurangan. Misalnya tidak adanya iPhone dual SIM card yang dijual resmi di Indonesia. Padahal sebagian besar masyarakat Indonesia memiliki dua nomor untuk keperluan berbeda.

Artikel ini akan memberikan informasi mengenai frequently asked questions (FAQ) beserta dengan jawabannya mengenai iPhone dual SIM. Penasaran seperti apa pembahasannya? Simak terus sampai akhir pembahasan ya.

TOC / Daftar Isi

FAQ Tentang iPhone Dual SIM Card

Langsung saja, inilah beberapa hal yang sering ditanyakan oleh pengguna iPhone di Indonesia mengenai dual SIM card.

Back to Content ↑

1. Type iPhone apa saja yang sudah mendukung dual SIM card?

iPhone yang sudah dilengkapi dengan dual nano SIM card antara lain:

  • iPhone XR
  • iPhone XS
  • iPhone XS Max
  • iPhone 11 Pro Max
  • iPhone 11 Pro
  • iPhone 11
  • iPhone 12 Pro Max
  • iPhone 12 Pro
  • iPhone 12

Namun, dukungan dual nano SIM untuk iPhone di atas hanya berlaku di Hongkong, Cina, serta Makau. Sementara untuk negara lainnya tidak tersedia fitur tersebut, termasuk di pasar Indonesia.

Back to Content ↑

2. Apakah bisa pengguna iPhone di Indonesia menggunakan type dual SIM?

Fitur dual SIM bisa digunakan di Indonesia bisa digunakan, namun berbeda dengan yang ada di Cina. iPhone dual SIM yang ada di Indonesia memadukan dua model SIM sekaligus, yaitu nano SIM berbentuk fisik dan SIM elektronik atau eSIM tanpa kartu fisik.

Type iPhone yang sudah mendukung dual SIM (eSIM dan nano SIM) adalah iPhone X series, 11 series, dan 12 series.

Sayangnya, di Indonesia tidak banyak pilihan operator yang menyediakan eSIM. Sejauh ini baru ada Smartfren yang meluncurkan layanan tersebut. Kalau Anda tetap ingin menggunakan dual nano + eSIM, mau tidak mau harus memakai Smartfren.

Back to Content ↑

3. Bagaimana cara memasang eSIM di iPhone?

Sebelum memasang eSIM di iPhone, pastikan bahwa Anda telah menggunakan iOS versi 12 atau yang lebih baru. Selanjutnya, lakukan langkah-langkah di bawah ini.

  1. Siapkan QR Code yang Anda dapatkan dalam paket penjualan eSIM.
  2. Buka menu Settings di iPhone.
  3. Selanjutnya pilih menu Cellular.
  4. Klik opsi Add Cellular.
  5. Selanjutnya, kamera akan terbuka dan Anda dipersilakan untuk memindai QR Code yang sudah dipersiapkan sebelumnya.
  6. Setelah proses scanning berhasil, di layar akan muncul pesan bahwa penambahan eSIM sudah berhasil dilakukan.
  7. Berikutnya klik lagi pada menu Add Cellular Plan. Tunggu beberapa saat sampai terdaftar di jaringan. Jika berhasil, di bagian atas akan muncul logo sinyal.
  8. Lakukan registrasi nomor seperti biasa menggunakan NIK dan nomor KK. Jika sudah berhasil diaktifkan, eSIM sudah siap digunakan.

Back to Content ↑

4. Apakah eSIM dan nano SIM dapat digunakan secara bersamaan?

Kedua nomor yang ada di eSIM dan nano SIM dapat aktif secara bersamaan. Keduanya dapat dipakai untuk terhubung ke internet, melakukan panggilan, serta mengirim dan menerima SMS. Hal ini dapat terwujud karena iPhone dual SIM telah menggunakan teknologi DSDS atau Dual SIM Dual Standby.

Anda akan merasakan pengalaman menggunakan smartphone dengan dual SIM seperti biasa. Perbedaannya hanya terletak eSIM yang tidak memiliki kartu fisik layaknya nano SIM.

Back to Content ↑

5. Apakah bisa menggunakan satu aplikasi dengan dua nomor berbeda di iPhone dual SIM?

Jawabannya adalah tidak. iPhone tidak menyediakan fitur app cloning yang memungkinkan pengguna punya dua akun untuk satu aplikasi di satu device. Pengguna hanya bisa membuat satu akun untuk aplikasi menggunakan satu buah nomor.

Back to Content ↑

6. Bagaimana penggunaan iPhone dual SIM yang efektif?

Untuk memaksimalkan fitur dual SIM yang disediakan oleh Apple di iPhone X ke atas, Anda dapat mempraktikkan beberapa alternatif berikut.

Nomor pertama digunakan khusus untuk membeli paket internet sementara nomor kedua khusus untuk telepon dan SMS.

Nomor pertama khusus untuk penggunaan di dalam negeri (Indonesia) dan nomor kedua dapat digunakan ketika bepergian atau travelling ke luar negeri.

Nomor pertama dipakai untuk urusan pribadi seperti berkomunikasi dengan keluarga, pasangan, atau teman-teman. Sementara untuk SIM kedua dapat dipakai untuk urusan bisnis seperti berkomunikasi dengan rekan kerja di kantor, klien, dan masih banyak lagi.

Back to Content ↑

7. Apakah pengguna harus memiliki dua nomor di iPhone dual SIM?

Pengguna tidak diwajibkan untuk menambahkan nomor di kedua SIM slot. Pengguna dibebaskan untuk menggunakan nano SIM saja, eSIM saja, atau keduanya secara berbarengan. Sesuaikan saja dengan kebutuhan masing-masing.

Back to Content ↑

8. Bagaimana cara menghapus eSIM dari iPhone?

Ikuti tutorial di bawah ini untuk menghapus eSIM dari iPhone.

  1. Buka Settings.
  2. Klik pada opsi Cellular.
  3. Klik pada SIM yang ingin dihapus.
  4. Selanjutnya klik pada opsi Remove Cellular Plan.

Back to Content ↑

Sekarang, pertanyaan Anda mengenai iPhone dual SIM card telah terjawab. Sebagai pengguna iPhone, sebaiknya Anda selalu memperbaharui pengetahuannya dengan membaca Tutorial iOS / iPhone OS Lengkap untuk memaksimalkan fungsi gadgetnya. Terima Kasih dan Semoga Bermanfaat!