Skip to main content

Keunggulan iPhone Dibanding Android

Keunggulan iPhone Dibanding Android

Keunggulan iPhone Dibanding Android

Sebagian besar pengguna smartphone sepertinya setuju bahwa iPhone memang lebih unggul dibandingkan Android. Selain harganya lebih tinggi, iPhone juga dianggap lebih eksklusif. Apakah hal ini benar adanya? Yuk, simak pembahasan keunggulan iPhone dibanding Android berikut.

Jika masih bingung ketika akan membeli iPhone atau Android, sebaiknya pahami kelebihan dan kekurangan masing-masing. Pembahasan tentang keunggulan iPhone dibawah ini mungkin akan menjadi bahan pertimbangan Anda.

TOC / Daftar Isi

9 Keunggulan iPhone Dibanding Android

Setidaknya iPhone lebih unggul di 9 (sembilan) poin berikut ini dibanding Android. Langsung saja, simak pembahasan lebih lengkapnya ya.

Back to Content ↑

1. Performa Lebih Cepat

Gadget enthusiast tentu sudah paham bahwa performa iPhone memang mampu mengalahkan Android dengan RAM besar dan chipset terbaru sekalipun. Performa yang tinggi tersebut dihasilkan dari kemampuan sistem iPhone dalam mengelola memori.

Perbandingannya bisa dilihat dari perbandingan antara iPhone 12 (A14 Bionic) dengan Samsung Galaxy S20 (Exynos 990). Berikut ini perbedaan diantara kedua SOC tersebut.

No Exynos 990 A14 Bionic
1. Frekuensi mencapai 2 GHz. Frekuensi hingga 3 GHz.
2. Dapat menangani GPU memori hingga 4GB. Kemampuan menangani GPU memori dua kali lipat, mencapai 8GB.
3. Mampu mengolah memori sampai 12GB. Kemampuan mengolah memori hingga 16GB.
4. Skor AnTuTu 8: 510697 (71%). Skor AnTuTu 8: 628047 (88%).

Dari tabel di atas sudah bisa disimpulkan bahwa Apple A14 Bionic ini memang lebih unggul dibandingkan Exynos. Tak heran kalau performa iPhone memang lebih cepat.

Back to Content ↑

2. User Friendly

iPhone merupakan satu-satunya smartphone yang menggunakan iOS. Hal ini jelas berbeda dengan Android yang dipakai oleh banyak sekali brand di seluruh dunia. Masing-masing brand juga memiliki versi UI-nya masing-masing. Sehingga pengguna harus selalu beradaptasi dengan UI di Android.

Sementara itu, iOS yang dipakai di iPhone konsisten mempertahankan kesederhanaan dengan tampilan yang simpel. Meski sudah di upgrade berkali-kali, tampilan di iOS kurang lebih sama. Dengan konsistensi seperti ini, pengguna tidak perlu mempelajarinya berulang kali.

Meski sederhana dan simpel, tampilan di iOS justru tampak lebih elegan. Berkat tampilan yang tidak muluk-muluk, iPhone mampu membuka dan beralih dari satu aplikasi ke aplikasi lain dengan sangat smooth. Tentunya hal ini berhubungan dengan SoC yang dibahas sebelumnya.

Back to Content ↑

3. Kamera Lebih Jernih

Jika dibandingkan dengan iPhone, Android mungkin akan kalah jauh dalam soal kamera. Umumnya, HP Android lebih mengedepankan resolusi kamera. Sementara iPhone tidak demikian. Apple justru fokus memperbesar ukuran sensor kamera di perangkat buatannya.

Memperbesar ukuran sensor kamera lebih efektif dalam meningkatkan kualitas foto dan video yang dihasilkan. Semakin besar ukuran sensor pada kamera, akan semakin banyak pula cahaya yang masuk. Hal inilah yang membuat hasil foto dan video dari perangkat iPhone lebih jernih.

Saat ini, iPhone dengan spesifikasi tertinggi, iPhone 12 Pro Max hanya menggunakan kamera dengan resolusi 13 MP. Namun hasil fotonya jauh lebih jernih jika dibandingkan dengan Android dengan ukuran resolusi kamera yang sama.

Hal ini membuktikan bahwa memperbesar ukuran sensor kamera jauh lebih efektif. Tak heran kalau banyak video blogger yang menggunakan iPhone untuk merekam videonya.

Back to Content ↑

4. Hampir Tidak Ada Bloatware

Bloatware adalah aplikasi yang sudah terpasang secara default di smartphone. Umumnya aplikasi ini tidak bisa diuninstall meski user tidak membutuhkannya. Bloatware seperti ini lebih sering dijumpai di smartphone Android.

Sementara iPhone tidak memiliki bloatware sama sekali di luar fitur-fitur bawaannya. Hal ini membuat ruang penyimpanan di iPhone bisa digunakan dengan efisien. Pasalnya, memori ini tidak perlu menyimpan file-file dari aplikasi bloatware yang belum tentu dipakai oleh user.

Back to Content ↑

5. Pilihan Aplikasi Berkualitas

iPhone memiliki toko aplikasi yang bernama App Store. Saat ini, ada 1,2 juta aplikasi yang bisa ditemukan pengguna di App Store. Jumlahnya memang kalah jauh dengan aplikasi yang terdapat di Playstore (Android), yaitu 3,5 juta.

Namun Apple dapat menjamin bahwa semua aplikasi yang masuk di App Store sudah melalui proses seleksi yang ketat. Artinya, aplikasi yang berhasil masuk ke App Store benar-benar berkualitas dan aman bagi pengguna.

Hal ini pun diaminkan oleh para pengembang aplikasi yang mengatakan bahwa memasukkan aplikasi ke App Store jauh lebih sulit dibandingkan Playstore.

Back to Content ↑

6. Lebih Aman dari Malware dan Serangan Virus

Android merupakan sistem aplikasi open source. Artinya, semua orang bisa memodifikasi sistem tersebut. Sementara iOS yang dipakai di iPhone sifatnya eksklusif dan hanya bisa dimodifikasi oleh Apple.

Hal inilah yang menjadi perbedaan besar di antara Android dan iPhone. iPhone cenderung lebih aman dari serangan virus maupun malware. Sementara Android lebih rentan karena semua orang bisa memodifikasi source code sistem operasi yang satu ini.

Bahkan penelitian membuktikan bahwa hampir 97% virus dan malware yang tersebar di internet menyasar pengguna Android. Hal ini tentu saja menjadi salah satu keunggulan iPhone dibanding Android.

Back to Content ↑

7. Ekosistem yang Mendukung

Seperti yang sudah diketahui bersama bahwa Apple tidak hanya memiliki produk berupa iPhone. Brand ini juga memiliki perangkat iPad, Macbook, iMac, Apple Watch, iPod, dan Airpods. Semua perangkat Apple ini bisa dihubungkan satu sama lain dengan sangat mudah.

Ekosistem ini membuat penggunanya merasa sangat nyaman karena semua perangkat atau gadgetnya saling terhubung.

Back to Content ↑

8. Penggunaan Jangka Panjang

Semua orang sepertinya sudah mengetahui bahwa harga iPhone mempunyai harga jual yang jauh lebih tinggi dibandingkan Android. Hal ini pula yang membuat banyak orang mengurungkan niatnya untuk membeli iPhone.

Padahal harga tersebut layak untuk dibayarkan karena iPhone dapat digunakan untuk jangka panjang. iPhone bisa dipakai hingga 5 tahun dan masih tetap kompatibel dengan perkembangan hardware maupun software yang ada.

Apple sendiri memberikan jaminan bahwa iPhone akan mendapatkan pembaruan iOS 5-6 tingkat dari versinya ketika pertama kali dibeli. Dengan jaminan ini, pengguna tidak perlu khawatir jika iPhone yang dibelinya akan out of date dalam waktu dekat,

Selain dari segi software, hardware iPhone pun tidak mudah mengalami kerusakan. Hal inilah yang menjadi alasan mengapa iPhone 7 series yang notabene diluncurkan pada 2016 masih banyak dijumpai di tahun 2021.

Back to Content ↑

9. Tampilan Lebih Elegan

iPhone hampir selalu dibuat menggunakan bahan-bahan yang premium. Contohnya seperti metal dan kaca. Hanya beberapa seri iPhone saja yang dibuat menggunakan bahan plastik. Hal ini tentu saja sebanding dengan harga iPhone yang bisa berkali-kali lipat dibandingkan Android.

Desain iPhone juga sangat khas dan bisa dikenali dengan mudah. Hal ini membuat penggunanya merasa percaya diri ketika menggunakan perangkat tersebut terutama di tempat umum.

Selain dari hardware, tampilan software iOS yang disematkan pada iPhone juga punya tampilan yang simpel dan elegan. Tampilan seperti ini sangat user friendly sehingga pengguna tidak kesulitan memahami menu-menu dan fitur iPhone.

Back to Content ↑

Setelah memahami berbagai keunggulan iPhone dibanding Android, apakah Anda berencana membeli smartphone Apple ini? Jika ya, sebaiknya pelajari pula Tutorial iOS / iPhone OS Lengkap agar Anda dapat mengoperasikan gadget tersebut dengan maksimal. Terima Kasih dan Semoga Bermanfaat!