Skip to main content

Cara Update iOS 13 iPhone 6

Cara Update iOS 13 iPhone 6
Cara Update iOS 13 iPhone 6

Cara Update iOS 13 iPhone 6

iPhone 6 series termasuk salah satu gadget yang sudah cukup tua. Meski begitu, iPhone ini masih mendapatkan jatah update iOS dari Apple. Jika Anda ingin merasakan pengalaman memakai OS baru, silakan pelajar cara update iOS 13 iPhone 6 series di artikel ini.

iOS 13 membawa banyak perubahan yang cukup signifikan. Hal inilah yang membuat pengguna iPhone berbondong-bondong melakukan update OS ketika ada pemberitahuan di smartphonenya. Bagaimana detail dari iOS 13? Simak penjelasannya berikut ini.

TOC / Daftar Isi

BACA JUGA: ExpertBook B3 Flip, Laptop Bisnis Terbaik dari ASUS Terbaru

Apa yang Baru di iOS 13?

iPhone merupakan produk smartphone yang cukup eksklusif karena memiliki ekosistem sendiri. Perangkat ini dilengkapi dengan iOS yang tidak mungkin ditemui pada smartphone merek lain.

Karena produk ini eksklusif, Apple memberikan jaminan bahwa setiap produk iPhone akan selalu mendapat update iOS terbaru hingga 5 atau 6 tahun sejak peluncuran pertamanya.

Oleh sebab itu, iPhone 6 series yang diluncurkan pada 2014 masih mendapatkan update iOS 13 yang meluncur pada 2019. Sayangnya, pembaruan ini hanya berlaku untuk iPhone 6s dan 6 Plus. Sementara pengguna iPhone 6 harus puas dengan iOS 12.

Jaminan sistem operasi yang selalu up to date ini menjadi salah satu keunggulan iPhone dibanding Android. Itulah mengapa banyak orang yang akhirnya memilih untuk menggunakan iPhone saja.

Di setiap pembaruan sistem operasi pasti ada fitur-fitur baru yang diperkenalkan. Tujuannya tidak lain dan tidak bukan yaitu untuk meningkatkan user experience agar lebih baik. Berikut ini beberapa pembaharuan yang diberikan oleh Apple pada iOS 13.

Back to Content ↑

1. Dark Mode

Perubahan paling terlihat dari iOS 13 adalah keberadaan dark mode atau mode gelap. Mode ini didominasi dengan background berwarna hitam serta ornamen desain lainnya yang juga gelap.

Dark mode ini tidak hanya berlaku untuk tampilan utama iPhone, namun untuk semua aplikasi yang mendukung.

Back to Content ↑

2. Media Eksternal

Akhirnya di iOS seri 13 ini, pengguna bisa mengimpor file di luar iPhone. Misalnya melalui USB storage atau kartu SD. Hal ini jelas mempermudah pengguna dalam transfer file.

Back to Content ↑

3. Privasi

Apple semakin meningkatkan keamanan privasi penggunanya. Upaya yang dilakukan antara lain pengguna hanya perlu memberikan informasi lokasi ke aplikasi sebanyak satu kali. Ada juga fitur Sign in with Apple untuk mengurangi kemungkinan pengguna memberikan data pribadinya ke aplikasi.

Back to Content ↑

4. Peningkatan Performa

Hal paling penting dari pembaruan iOS 13 ini adalah peningkatan performa di beberapa sektor. Contohnya ada di performa Face ID yang dapat bekerja 0.3 kali lebih cepat dari sebelumnya. Aplikasi-aplikasi juga akan berjalan lebih smooth di iOS 13.

Back to Content ↑

Persiapkan Ini Sebelum Update iOS

Sebelum Anda bisa memperbarui sistem operasi iPhone 6 series ke iOS 13, sebaiknya persiapkan beberapa hal di bawah ini terlebih dahulu.

Back to Content ↑

1. Backup Data

Membuat backup data wajib hukumnya untuk pengguna smartphone jenis apa pun, termasuk iPhone. Hal ini dilakukan untuk antisipasi kalau smartphone rusak atau hilang.

Backup data juga sangat penting dilakukan sebelum update sistem operasi. Jika update gagal, setidaknya Anda masih punya cadangan data.

Back to Content ↑

2. Ingat Passcode dan Password Apple ID

Persiapkan passcode, Apple ID, serta passwordnya. Pasalnya, ketiga hal ini diperlukan setelah Anda berhasil mengupdate iOS 13. iPhone akan terkunci dan pengguna diminta untuk mengaktifkannya menggunakan Apple ID dan password. Setelah itu, passcode juga dibutuhkan untuk membuka iPhone.

Back to Content ↑

3. Beri Ruang Kosong Lebih di Storage

Saat memperbarui iOS, pengguna harus mendownload file yang ukurannya besar. Pasalnya, update OS membawa pembaruan yang cukup banyak sehingga ukuran file pun besar. Sebaiknya sisakan space di internal storage setidaknya 3 – 5GB untuk berjaga-jaga.

Back to Content ↑

4. Internet Berkecepatan Tinggi

Hal terakhir yang harus disiapkan adalah internet kecepatan tinggi yang stabil. Gunanya adalah untuk membantu pengguna ketika mendownload file update agar lebih cepat selesai. Anda bisa memakai Wi-Fi.

Back to Content ↑

Cara Update iOS 13 iPhone 6 Series

Ini dia langkah-langkah yang harus dilakukan untuk mengupdate iOS 13 di iPhone 6 Series.

  1. Aktifkan Wi-Fi di iPhone terlebih dahulu. Kemudian hubungkan ke salah satu jaringan Wi-Fi. Masukkan password jika diperlukan.
  2. Masuk ke menu Settings.
  3. Di dalam halaman Settings, klik pada opsi General.
  4. Pilih Software Update.
  5. Klik Download and Install.
  6. Tunggu sampai proses download selesai dan muncul opsi Install. Klik opsi tersebut.
  7. Anda harus menunggu lagi sampai proses install selesai. Proses ini mungkin akan memakan waktu cukup lama. Jadi, Anda harus bersabar dan memastikan bahwa iPhone tidak kehabisan daya.
  8. Setelah update selesai, Anda mungkin akan diminta untuk memasukkan Apple ID dan passwordnya atau passcode untuk membuka kunci iPhone.

Back to Content ↑

Jika sudah berhasil mempraktekkan cara update iOS 13 iPhone 6 Series di atas, Anda dapat menambah pengetahuan tentang smartphone ini dengan membaca Tutorial iOS / iPhone OS Lengkap. Sekian, Terima Kasih dan Semoga Bermanfaat!