Skip to main content

Cara Screenshot iPhone 7

Cara Screenshot iPhone 7

Cara Screenshot iPhone 7

Screenshot adalah aktivitas seperti memotret namun dilakukan untuk mengabadikan momen yang ada di layar. Misalnya untuk mengabadikan chat, memperlihatkan sebagian dokumen, dan sebagainya. Kali ini, Anda akan mengetahui lebih dalam mengenai cara screenshot iPhone 7.

Pengguna baru smartphone keluaran Apple biasanya masih belum begitu memahami tutorial iOS / iPhone OS Lengkap. Oleh karena itu, penting sekali bagi Anda untuk membaca keseluruhan pembahasan yang akan disampaikan pada kesempatan kali ini.

TOC / Daftar Isi

1. Tutorial Cara Screenshot iPhone 7

Layaknya smartphone lainnya, Apple sendiri juga menyediakan fitur untuk mengcapture layar atau melakukan screenshot. Bahkan iPhone 7 dilengkapi dengan 3 cara berbeda untuk screenshot. Ketiganya sama-sama mudah untuk dilakukan.

Back to Content ↑

1.1. Tombol Home dan Power

Cara pertama merupakan yang paling klasik, yaitu menggunakan kombinasi tombol home dan power. Meski tombol home di iPhone 7 sudah berubah total dari segi fisik, pengguna masih dapat memakainya seperti tombol fisik.

Sedikit flashback ke 2016, tahun ini menjadi sebuah sejarah bagi Apple. Pasalnya, brand smartphone asal California, Amerika Serikat ini membuat keputusan besar berupa penggantian tombol home fisik ke model kapasitif.

Meski sempat menjadi kontroversi, Apple berhasil memukau pengguna dengan perubahan besar ini. Tombol home baru ini memang tidak bisa benar-benar dipencet, namun sensasi yang dihasilkan ketika pengguna menyentuh tombol tersebut terasa sangat nyata.

Cara untuk melakukan screenshot menggunakan kombinasi tombol sebenarnya sangat sederhana. Berikut ini langkah-langkahnya.

  1. Pertama, pastikan layar menampilkan hal yang ingin Anda abadikan. Misalnya chat atau teks berita dari internet.
  2. Posisikan satu jari Anda di tombol power.
  3. Kemudian jari yang satu lagi bersiap di tombol home.
  4. Tekan tombol power bersamaan dengan mengetuk atau menyentuh tombol home.

Ketika layar sedikit berkedip dan muncul preview sesaat, artinya proses screenshot berhasil dilakukan. Hasilnya akan tersimpan di memori internal iPhone.

Back to Content ↑

1.2. Assistive Touch

Repot karena harus menggunakan dua jari ketika akan meng capture layar? Jika ingin lebih mudah, gunakan saja fitur Assistive Touch. Fitur ini merupakan tombol home yang melayang di dalam layar. Dari tombol inilah pengguna dapat melakukan berbagai kontrol, termasuk melakukan screenshot.

Meski fiturnya sudah tersedia secara default di iPhone 7, rupanya tidak langsung aktif. Pengguna perlu melakukan sedikit setting untuk menampilkan Assistive Touch. Berikut ini langkah-langkah untuk mengaktifkannya.

  1. Pertama, buka menu Settings terlebih dahulu dengan cara klik iconnya pada home screen.
  2. Apabila sudah masuk ke halaman Settings, klik pada menu Accessibility.
  3. Di dalam halaman Accessibility, temukan opsi Assistive Touch. Klik toggle atau slider yang ada di samping opsi tersebut untuk mengaktifkannya.

Pengguna juga dapat mengaktifkan Assitive Touch dengan bantuan Siri. Caranya cukup mudah. Katakan “hey siri” untuk memanggilnya, kemudian beri perintah “aktifkan assistive touch”. Sesaat kemudian, Assistive Touch akan segera aktif.

Kemudian, bagaimana cara untuk screenshot melalui Assistive Touch? Tidak sulit, kok. Ini dia caranya.

  1. Klik pada Assistive Touch.
  2. Kemudian akan tampil beberapa menu, di sini pengguna klik titik tiga jika tidak menjumpai menu screenshot.
  3. Jika sudah menemukan tombol screenshot, klik. Selesai.

Back to Content ↑

1.3. Control Center

iOS terbaru milik Apple saat ini adalah versi 14. Dalam sistem operasi terbarunya ini, Apple memberikan kemudahan kepada pengguna dengan menghadirkan control center berisi menu-menu lengkap. Salah satu menu yang dapat ditemukan pengguna adalah screenshot.

Control center ini juga menyediakan menu screen record. Hal ini dibahas lebih lengkap dalam artikel cara merekam layar iPhone.

Pengguna iPhone 7 yang sudah upgrade sistem operasi ke iOS 14 juga dapat menggunakan fitur tersebut. Penasaran bagaimana caranya? Simak tutorial di bawah ini.

  1. Pertama, tampilkan Control Center terlebih dahulu. Untuk pengguna iPhone 7 series, caranya adalah dengan melakukan swipe dari bawah layar ke atas.
  2. Apabila sudah muncul Control Center, klik pada tombol screenshot. Tombol ini ditandai dengan ikon layar iPhone dan kamera.
  3. Dalam sekali klik, tampilan yang di layar akan dicapture dan tersimpan di memori.

Dari ketiga metode atau cara screenshot iPhone 7 yang telah dijelaskan di atas, kira-kira manakah yang akan Anda gunakan? Pilihannya pun dikembalikan kepada preferensi masing-masing pengguna.

Back to Content ↑

2. Cara Melihat Hasil Screenshot

Ada dua cara untuk melihat hasil dari tangkapan layar, yaitu melalui preview dan menu Photos.

Back to Content ↑

2.1. Preview

Setiap kali berhasil mengambil sebuah screenshot, di sudut layar akan muncul preview. Nah, apabila preview tersebut di klik, pengguna akan diarahkan untuk melihat tampilan hasil screenshot dengan lebih jelas.

Back to Content ↑

2.2. Photos

Selain itu, hasil screenshot juga dapat dilihat dari menu Photos. Lebih tepatnya lagi, pengguna dapat melihat hasil screenshot pada folder bernama Screenshots.

Back to Content ↑

Berdasarkan penjelasan mengenai cara screenshot iPhone 7 di atas, dapat disimpulkan bahwa pengguna memiliki beberapa alternatif metode. Sesuaikan saja dengan kenyamanan masing-masing. Terima Kasih dan Semoga Bermanfaat!