Skip to main content

Cara Mengeluarkan Air dari iPhone

Cara Mengeluarkan Air dari iPhone

Cara Mengeluarkan Air dari iPhone

Air adalah musuh utama smartphone, termasuk iPhone. Jika smartphone tersebut tidak sengaja kemasukan air, sebaiknya segera keluarkan sebelum menimbulkan kerusakan. Cara mengeluarkan air dari iPhone bisa dilakukan sendiri oleh pengguna dengan mengikuti tutorial di artikel dibawah ini.

Beberapa iPhone sendiri sudah dilengkapi dengan sertifikat tahan air. Namun tetap saja, air yang sudah masuk ke smartphone tetap dapat menimbulkan resiko kerusakan. Oleh karena itu, sebaiknya segera keluarkan air dari iPhone setelah terkena atau tercebur ke dalam air.

TOC / Daftar Isi

1. Tutorial Cara Mengeluarkan Air dari iPhone

Air biasanya masuk ke dalam iPhone melalui celah seperti lubang speaker. Oleh karena itu, beberapa cara yang dijelaskan di bawah ini berhubungan dengan cara untuk mengeluarkan air melalui speaker iPhone.

Back to Content ↑

1.1. Shortcut Water Eject

Sebagian iPhone sudah dilengkapi dengan kemampuan tahan air seperti yang telah disebutkan sebelumnya. Biasanya, iPhone yang tahan air juga sudah mendukung fitur Shortcut Water Eject. Seperti namanya, fitur ini dapat membantu pengguna untuk mengeluarkan air yang masuk ke iPhone.

Shortcut Water Eject sendiri merupakan aplikasi yang dibuat oleh pengembang bernama Josh. Aplikasi tersebut dapat diunduh dan diinstall pada iPhone melalui App Store. Namun sayang sekali, Shortcut Water Eject hanya dapat diinstall pada iPhone 7 series atau yang lebih baru.

Pasalnya, iPhone 6 Series dan sebelumnya masih belum dilengkapi dengan fitur tahan air layaknya iPhone terbaru.

Cara kerja Shortcut Water Eject sebenarnya sangat sederhana. Aplikasi ini akan menembakkan suara dengan frekuensi rendah sekitar 165 Hz. Suara dengan frekuensi serendah ini dapat membuat speaker bergetar kuat. Dengan begitu air yang sudah masuk ke perangkat dapat terdorong keluar.

Berikut ini tutorial mengeluarkan air dari iPhone menggunakan Shortcut Water Ejector.

  1. Pertama, buka App Store terlebih dahulu dengan mengklik logonya di home screen.
  2. Klik search bar kemudian ketik nama aplikasinya, yaitu “Shortcut Water Ejector”.
  3. Jika sudah menemukan aplikasi yang dimaksud, klik Get.
  4. Tunggu sampai proses install selesai.
  5. Posisikan iPhone berdiri tegak dengan speaker menghadap ke bawah.
  6. Selanjutnya, buka aplikasi Shortcut Water Ejector.
  7. Klik Water Eject.
  8. Klik lagi pada Begin Water Ejection.
  9. iPhone akan mulai mengeluarkan bunyi dan mungkin akan ada cipratan air yang keluar dari speaker.
  10. Tunggu sampai prosesnya selesai dan ulangi bila perlu.

Perlu dipahami bahwa speaker akan bekerja keras ketika harus menembakkan suara berfrekuensi rendah. Untuk menjaganya agar tidak cepat rusak, sebaiknya jangan gunakan Shortcut Water Eject terlalu sering.

Back to Content ↑

1.2. Fix My Speakers

Tak ingin repot menginstall aplikasi dan uninstall setelah tidak terpakai? Sebaiknya gunakan saja situs Fix My Speakers. Prinsip kerjanya sama persis seperti aplikasi Shortcut Water Eject yang telah dijelaskan sebelumnya. Namun Fix My Speaker ini jauh lebih simpel.

Perhatikan tutorial di bawah ini untuk menggunakan situs Fix My Speaker dengan benar.

  1. Pertama, buka browser yang ada di iPhone. Anda dapat menggunakan Safari atau Chrome.
  2. Selanjutnya, klik pada address bar dan ketik alamat fixmyspeakers.com.
  3. Kemudian tekan enter untuk membiarkan browser loading situs Fix My Speakers.
  4. Ketika laman Fix My Speakers telah terbuka, klik pada tombol warna putih yang ada di landing page.
  5. Sesaat kemudian, akan ada suara yang muncul.
  6. Pastikan iPhone berada di posisi tegak dan speaker menghadap ke bawah.
  7. Untuk hasil yang lebih maksimal, sebaiknya gunakan volume maksimal.

Cara ini sebaiknya hanya digunakan ketika air yang masuk ke iPhone mengganggu speaker. Jangan gunakan situs ini terlalu sering juga agar speaker iPhone tetap tahan lama.

Back to Content ↑

2. Perhatikan Hal-Hal Ini Jika iPhone Kemasukan Air

Terkadang, iPhone yang kemasukan air rusak karena ketidaktahuan pengguna. Agar tak terjadi hal-hal yang lebih membahayakan, sebaiknya perhatikan penjelasan berikut ini.

Back to Content ↑

2.1. Jangan Panik

Jangan langsung merasa panik ketika iPhone tidak sengaja tercebur ke dalam air. Bersikaplah tenang dan selamatkan iPhone secepat mungkin. Jika iPhone mati, jangan langsung dinyalakan. Bersihkan iPhone jika terjatuh di air yang kotor.

Back to Content ↑

2.2. Keringkan

Keringkan iPhone menggunakan tisu atau kain kering yang bersih. Keringkan juga bagian lubang-lubang untuk memastikan tidak ada air lagi di sana. Setelah itu, nyalakan iPhone jika sebelumnya mati saat terjatuh ke air. Anda juga dapat mengikuti cara di atas untuk mengeluarkan air dari iPhone.

Back to Content ↑

2.3. Periksa Fungsi iPhone dan Backup Data

Pastikan bahwa semua fitur di iPhone bekerja dengan normal. Mulai dari touchscreen, speaker, kamera, dan sebagainya. Agar tidak repot apabila terjadi kerusakan yang mungkin terjadi, sebaiknya antisipasi dengan cara backup data iPhone. Pengguna dapat memanfaatkan iTunes dan iCloud.

Back to Content ↑

Pengguna iPhone memang wajib memahami Tutorial iOS / iPhone OS Lengkap. Misalnya memahami penggunaan Shortcut Water Eject yang merupakan salah satu cara mengeluarkan air dari iPhone. Hal ini penting diketahui untuk berjaga-jaga apabila terjadi hal buruk pada iPhone. Terima Kasih dan Semoga Bermanfaat!