Skip to main content

Cara Restart iPhone

Cara Restart iPhone

Cara Restart iPhone

Pengguna baru iPhone sebaiknya memahami Tutorial iOS / iPhone OS Lengkap. Namun sebelum mempelajari hal-hal yang berhubungan dengan aplikasi, sebaiknya pahami hal yang mendasar terlebih dahulu. Kali ini, Anda akan mendapatkan tutorial lengkap tentang cara restart iPhone.

Restart sendiri merupakan proses mematikan iPhone kemudian menyalakannya kembali. Hal ini sering digunakan untuk mengatasi banyak permasalahan di iPhone. Misalnya iPhone yang tiba-tiba hang atau tidak merespons ketika digunakan.

TOC / Daftar Isi

1. Cara Restart iPhone Normal

Tutorial pertama yang akan dibagikan adalah cara merestart iPhone yang dalam kondisi normal. Artinya, iPhone sedang tidak mengalami masalah seperti hang dan masih dapat merespons pengguna dengan baik.

Untuk melakukan restart pada iPhone secara normal, pengguna dapat melakukan langkah-langkah berikut ini.

  1. Pertama, pastikan iPhone dalam keadaan hidup terlebih dahulu.
  2. Kemudian tekan dan tahan tombol power atau tombol Sleep/Wake. Letak tombol ini ada di bagian kanan iPhone.
  3. Setelah itu, di layar akan tampil slider “Slide to power off”.
  4. Tarik slider yang tampak di layar tersebut dari arah kiri ke kanan.
  5. Sesaat kemudian, iPhone akan mati.
  6. Ketika iPhone sudah dalam kondisi mati, tekan dan tahan kembali tombol power.
  7. Lepaskan tombol tersebut apabila sudah muncul logo Apple di layar iPhone.

Back to Content ↑

2. Cara Hard Restart iPhone

Sayangnya, iPhone terkadang mengalami masalah seperti hang atau tidak merespons pengguna. Meski hal ini sangat jarang terjadi, Anda tetap harus mengetahui cara mengatasinya. Solusi dari kondisi tersebut adalah melakukan hard restart atau restart secara paksa.

Caranya agak sedikit berbeda dengan tutorial yang telah dibahas sebelumnya. Yang perlu dilakukan pengguna adalah menekan dan menahan tombol power selama beberapa detik. Abaikan jika dilayar muncul slider, jangan lepaskan jari Anda dari tombol power.

Anda baru boleh melepaskan jari dari tombol power setelah iPhone mati dan kembali hidup dengan menampilkan logo Apple di layar. Mudah, bukan?

Back to Content ↑

3. Cara Restart iPhone Tanpa Tombol Power

Beberapa pengguna memiliki kasus yang sedikit lebih rumit. Tombol power di iPhone miliknya terkadang tidak berfungsi. Hal ini mungkin saja disebabkan oleh kerusakan akibat benturan maupun perangkat yang sudah usang.

Apabila iPhone Anda mengalami kerusakan pada tombol power, tutorial restart iPhone yang sudah dijelaskan di atas pun mustahil dipraktekkan. Namun bukan berarti Anda tidak bisa melakukan restart pada iPhone sama sekali.

Masih ada beberapa cara yang dapat membantu Anda melakukan restart pada iPhone. Di bawah ini akan dijelaskan mengenai cara restart iPhone tanpa tombol power. Ada 3 alternatif tutorial dan Anda dapat mencoba salah satunya.

Back to Content ↑

3.1. Bold Text

iOS yang merupakan sistem operasi pada iPhone memberikan fitur baru kepada pengguna sejak versi ke-7 diluncurkan. Fitur yang dimaksud adalah kemampuan untuk mengubah gaya font pada tampilan iPhone. Pengguna dapat memilih untuk menggunakan teks normal maupun teks tebal (bold text).

Ketika pengguna mengubah pengaturan gaya font dari normal ke bold dan sebaliknya, iPhone membutuhkan restart untuk mengaplikasikan perubahan. Nah, cara ini bisa dipakai untuk mengakali iPhone yang tombol powernya tidak berfungsi untuk tetap bisa melakukan restart.

Cara untuk mengubah gaya font di iPhone menjadi bold text dapat Anda lihat pada tutorial yang ada di bawah ini.

  1. Buka Settings terlebih dahulu. Halaman ini dapat diakses dengan cara mengklik ikon Settings di halaman Home.
  2. Selanjutnya, pilih menu General di halaman Settings.
  3. Pengguna akan kembali dihadapkan dengan beberapa sub menu. Di sini, pilih opsi Accessibility.
  4. Di halaman Accessibility ada opsi Bold Text. Klik slider di samping menu tersebut untuk mengaktifkannya.
  5. Di layar akan tampak sebuah pop up yang menyatakan bahwa iPhone membutuhkan restart.
  6. Klik pada tombol Continue untuk membiarkan perangkat Anda merestart dirinya.
  7. Anda tak perlu melakukan apa-apa lagi, tunggu saja sampai iPhone kembali nyala.

Back to Content ↑

3.2. Reset Network Settings

Pengaturan jaringan di iPhone dapat direset untuk mengembalikannya seperti default. Ketika pengguna memilih untuk melakukan hal ini, iPhone akan merestart agar perubahan tersebut dapat diaplikasikan dengan baik. Cara ini juga dapat dijadikan alternatif agar bisa restart meski tombol power iPhone rusak.

Sayangnya, cara ini cukup berisiko. Pasalnya, pengguna akan kehilangan pengaturan jaringan Wi-Fi termasuk passwordnya dan pengaturan VPN. Apabila Anda tidak memiliki terlalu banyak pengaturan yang tersimpan, tutorial reset network settings untuk restart iPhone di bawah ini dapat dicoba.

  1. Masih sama seperti sebelumnya, Anda perlu membuka Settings terlebih dahulu.
  2. Selanjutnya, masuk ke General.
  3. Di sini, klik pada menu Reset.
  4. Pada halaman berikutnya, pengguna akan dihadapkan dengan beberapa opsi. Pilih pada Reset Network Settings.
  5. Pop up pun akan muncul untuk mengonfirmasi aksi yang Anda lakukan. Klik pada tombol Reset Network Settings.
  6. iPhone pun mati dan kemudian starting up kembali secara otomatis. Anda hanya perlu menunggu.
  7. Saat iPhone sudah nyala kembali dan menampilkan lock screen, masukkan passcode agar Anda dapat menggunakan iPhone seperti biasa.

Back to Content ↑

3.3. Assistive Touch

Alternatif terakhir untuk melakukan restart iPhone tanpa tombol power adalah memanfaatkan Assistive Touch. Fitur tersebut merupakan tombol home virtual yang dapat menggantikan tombol home fisik di iPhone.

Fitur ini ada di semua iPhone, termasuk seri X, 11, dan 12 yang sudah tidak memiliki tombol home secara fisik. Namun perlu dipahami bahwa Assistive Touch ini tidak aktif secara default. Jadi, pengguna perlu sedikit melakukan konfigurasi untuk mengaktifkan fitur ini.

Ini dia tutorial untuk mengaktifkan Assitive Touch.

  1. Pertama, Anda harus masuk ke Settings terlebih dahulu.
  2. Kemudian masuk ke sub menu General dan terakhir masuk ke Accessibility.
  3. Scroll halaman tersebut ke bagian bawah untuk menemukan opsi Assistive Touch.
  4. Klik pada opsi tersebut kemudian aktifkan dengan cara mengklik slider sampai berwarna hijau.

Apabila Anda sudah melakukan 4 langkah di atas, seharusnya Assistive Touch sudah aktif. Assistive Touch sendiri memiliki bentuk kotak berwarna abu-abu. Biasanya, tombol ini berada di bagian tepi layar iPhone. Selanjutnya, Anda dapat melakukan restart mengikuti tutorial berikut ini.

  1. Klik pada Assistive Touch yang ada di layar.
  2. Ada beberapa tombol yang muncul ketika Anda mengklik Assistive Touch. Kali ini, klik pada tombol Device.
  3. Selanjutnya, klik kemudian tahan pada tombol Lock Screen.
  4. Sesaat kemudian, di layar akan muncul slider untuk mematikan iPhone. Geser slider dari arah kiri ke kanan untuk memberi perintah mematikan iPhone.
  5. iPhone pun akan mati.
  6. Untuk menyalakan kembali iPhone tersebut, charge iPhone seperti yang biasa Anda lakukan. iPhone pun akan nyala dengan sendirinya.
  7. Masukkan passcode agar Anda dapat masuk ke halaman Home dan menggunakan iPhone kembali seperti biasa.

Back to Content ↑

Berdasarkan penjelasan yang telah Anda baca di atas, ternyata ada banyak cara restart iPhone yang bisa dipraktikkan. Restart iPhone perlu dilakukan sesekali untuk mengurangi beban kerja iPhone dan membuatnya segar kembali. Terima Kasih dan Semoga Bermanfaat!