Skip to main content

Ciri-Ciri iPhone Refurbish

Ciri-Ciri iPhone Refurbish

Ciri-Ciri iPhone Refurbish

iPhone yang beredar di pasaran banyak sekali jenisnya. Ada iPhone yang original dan baru, iPhone original bekas, iPhone refurbish, dan iPhone rekondisi. Pada kesempatan ini, Anda akan mengenal ciri-ciri iPhone refurbish.

iPhone refurbish yang beredar di pasar juga ada dua jenis. Jenis yang pertama merupakan produk resmi dari Apple. Sedangkan jenis lainnya bisa dibilang abal-abal karena dirakit dan dipasarkan oleh pihak selain Apple itu sendiri.

TOC / Daftar Isi

1. Apa Itu iPhone Refurbish?

Sebelum membahas lebih jauh, sebaiknya Anda mengetahui apa yang dimaksud dengan iPhone refurbish terlebih dahulu. Refurbished merupakan label atau status yang diberikan oleh Apple untuk produknya yang ditarik dari pasar karena kerusakan, kemudian diperbaiki dan dijual kembali.

Produk yang ditarik tersebut umumnya diambil dari para customer yang menukarkan unit gadget Applenya karena kerusakan atau kesalahan produksi. Apple akan memberikan produk baru sebagai pengganti kepada konsumen.

Sementara itu, unit yang rusak tadi dibawa kembali ke pabrik perakitan iPhone untuk dibongkar, diperbaiki atau diganti partnya, kemudian dikemas kembali, dan dijual ke pasaran dengan label baru, yaitu refurbished atau certified pre-owned (CPO).

Jika dilihat dari kualitas, iPhone refurbish resmi dari Apple bisa disandingkan dengan iPhone baru. pihak Apple pun berani memberikan garansi dengan durasi seperti unit baru.

Back to Content ↑

2. Ciri-Ciri iPhone Refurbish

iPhone yang dijual dalam kondisi refurbish umumnya adalah seri-seri lawas yang sudah proses produksinya sudah dihentikan. Sebagai contohnya antara lain iPhone 7 series, iPhone 6 series, dan seri lain yang lebih lawas.

Jika dilihat secara fisik, unit iPhone refurbish tidak dapat dibedakan dengan iPhone baru. Untuk melihat perbedaannya, Anda perlu mengenali ciri-ciri iPhone refurbish. Setidaknya ada 2 hal yang membedakan antara iPhone baru dengan refurbish, yaitu nomor model dan kemasannya.

Back to Content ↑

2.1. Nomor Model

iPhone memiliki nama model dan nomor model. iPhone 12 Pro Max, iPhone XR, dan sebagainya, itulah yang disebut dengan nama model. Di samping itu, iPhone juga memiliki nomor model untuk mengidentifikasi perangkat.

Uniknya, iPhone dengan nama model yang sama belum tentu punya nomor model yang sama. Perbedaan nomor model ini dapat digunakan untuk mengidentifikasi jenis iPhone tersebut, misalnya iPhone unit baru, iPhone hasil penukaran garansi, maupun iPhone refurbish resmi.

Apple sendiri membedakan nomor model ke dalam 4 jenis untuk mengenali jenis iPhone. Untuk membedakannya cukup mudah karena pengguna hanya perlu melihat huruf depannya. Berikut ini rinciannya.

  1. Huruf awal P dimiliki oleh perangkat iPhone baru dan resmi yang dibeli melalui website resmi Apple.
  2. Huruf awal M umumnya dimiliki oleh perangkat iPhone yang dibeli melalui Apple Authorized Reseller seperti iBox di Indonesia. iPhone ini juga baru dan resmi.
  3. Huruf N umumnya dimiliki oleh perangkat iPhone baru, unit hasil penukaran garansi karena perangkat sebelumnya mengalami kerusakan atau cacat produksi.
  4. Huruf awal F adalah nomor model yang diberikan oleh Apple khusus untuk iPhone refurbished resmi.

Apabila Anda mendapatkan iPhone dengan nomor model selain 4 yang telah dijelaskan di atas, ada kemungkinan bahwa perangkat tersebut palsu. Oleh karena itu, salah satu cara membedakan iPhone asli dan palsu adalah melihat pada nomor modelnya.

Nomor iPhone dapat dilihat dengan mudah pada menu Settings. Berikut ini salah satu dari tutorial aplikasi iPhone lengkap, khususnya cara untuk melihat nomor model.

  1. Pertama, buka menu Settings terlebih dahulu dengan menekan ikonnya di home.
  2. Jika sudah masuk ke halaman Settings, klik pada menu General.
  3. Temukan menu About, kemudian klik pada menu tersebut untuk melanjutkan prosesnya.
  4. Halaman selanjutnya akan menampilkan informasi lengkap terkait iPhone termasuk nama dan nomor model.

Back to Content ↑

2.2. Kemasan

Ciri kedua yang dimiliki oleh iPhone refurbish adalah kemasan yang sedikit berbeda jika dibandingkan unit baru. Box yang digunakan untuk mengemas iPhone refurbish resmi sangat polos, tidak ada gambar apa pun di sana.

Kemasan tersebut hanya berisi keterangan model atau tipe iPhone. Sementara di bagian bawah ada sebuah keterangan tambahan Apple Certified Pre-Owned (CPO). Keterangan tersebut membuat iPhone refurbish juga sering disebut sebagai iPhone CPO.

Back to Content ↑

3. Ketahui Hal-Hal Ini Sebelum Beli iPhone Refurbish Agar Tidak Tertipu!

Hingga saat ini, Apple hanya menjual iPhone refurbish dengan jumlah yang sangat terbatas. Untuk pembeliannya juga hanya bisa dilakukan melalui situs resmi Apple Online Store di menu Refurbished Shop. Pembelian pun hanya bisa dilakukan di negara yang mendukung.

Sayangnya, Indonesia belum termasuk ke dalam daftar negara yang dapat membeli iPhone refurbished. Jadi, sebaiknya waspada ketika ada yang menawarkan iPhone dengan label refurbished kepada Anda. Bisa jadi iPhone tersebut bukan produk resmi dari Apple.

Kalau memang Anda tertarik dengan produk tersebut, sebaiknya pastikan dengan cara cek tanggal pembelian iPhone melalui situs resmi iPhone. Cara ini dapat dilakukan untuk memastikan status iPhone tersebut.

Back to Content ↑

Kini Anda sudah memahami ciri-ciri iPhone refurbish resmi dari Apple. Perkaya pengetahuan Anda mengenai smartphone dari Apple ini dengan membaca Tutorial iOS / iPhone OS Lengkap di situs ini. Terima Kasih dan Semoga Bermanfaat!