Skip to main content

Mau UANG?? Kirim artikel yang berkaitan dengan niche Blog Daily Info DISINI. Artikel/tulisan yang disetujui akan dapat imbalan uang, atau dapat ditukar dengan pemberian Backlink Nofollow dari Kami.

×

Cara Menemukan iPhone yang Hilang

Cara Menemukan iPhone yang Hilang
Cara Menemukan iPhone yang Hilang

Cara Menemukan iPhone yang Hilang

Siapa yang tidak panik ketika kehilangan iPhone? Semua orang mungkin akan merasakan hal yang sama. Agar tidak panik, sebaiknya pengguna memahami cara menemukan iPhone yang hilang. Pengetahuan ini sama pentingnya dengan memahami Tutorial iOS / iPhone OS Lengkap.

Tidak ada seorangpun yang ingin ponselnya hilang. Namun mengetahui cara menemukan handphone jika suatu saat hilang adalah hal yang penting. Setidaknya, Anda bisa melakukan langkah-langkah yang benar seperti tutorial berikut ini.

TOC / Daftar Isi

Cara Menemukan iPhone yang Hilang

iPhone yang hilang bisa ditemukan dengan bantuan aplikasi Find My iPhone. Aplikasi ini merupakan salah satu fitur keamanan yang dimiliki oleh iPhone untuk melindungi perangkat yang hilang atau dicuri.

Apakah Anda sudah mengetahui cara mengaktifkan Find my iPhone? Jika belum, simak langkah-langkahnya di bawah ini.

  1. Buka menu Settings terlebih dahulu, caranya adalah dengan mengklik ikon menunya di halaman Home.
  2. Jika sudah terbuka, pilih nama Apple ID yang tertera di halaman Settings.
  3. Pilih menu Find my iPhone.
  4. Klik slider yang ada di samping opsi Find My iPhone untuk mengaktifkan fitur tersebut.
  5. Aktifkan juga opsi Send Last Location serta Enable Offline Finding dengan cara yang sama.

Apabila fitur Find My iPhone sudah diaktifkan, pengguna dapat melakukan pelacakan lokasi smartphone tersebut melalui perangkat lain. Berikut langkah-langkah menemukan iPhone yang hilang.

  1. Gunakan perangkat apa pun yang memiliki browser dan terhubung dengan internet.
  2. Kunjungi situs iCloud, lebih tepatnya ada di alamat icloud.com/find.
  3. Login menggunakan Apple ID dan Password.
  4. Di dalam aplikasi atau situs Find My iPhone akan tampil perangkat-perangkat yang terhubung dengan akun tersebut.
  5. Klik atau pilih perangkat yang hilang dan ingin dicari.
  6. Halaman selanjutnya akan menampilkan keterangan apakah iPhone tersebut dalam keadaan terhubung dengan internet atau tidak.
  7. Apabila iPhone dalam kondisi mati atau habis baterai, titik yang terlihat adalah lokasi terakhirnya ketika masih aktif.

Cara melacak iPhone yang hilang dalam keadaan mati masih tetap bisa dilakukan menggunakan Find My iPhone. Tapi tentu saja tidak akan semudah menemukan iPhone yang masih dalam keadaan online.

Back to Content ↑

Apa yang Harus Dilakukan Jika iPhone Hilang?

Apabila Anda mengalami hal buruk seperti kehilangan iPhone, ada 7 langkah yang sebaiknya dilakukan untuk melindungi data di dalam perangkat tersebut. Ini dia penjelasan lebih lengkapnya.

Back to Content ↑

1. Temukan iPhone

Langkah pertama yang wajib dilakukan adalah melakukan pelacakan menggunakan metode yang sudah dijelaskan sebelumnya. iPhone dan perangkat Apple lainnya bisa dilacak dengan fitur Find My Device. Alamatnya ada di icloud.com/find yang bisa diakses dari berbagai perangkat.

Apabila sudah dilakukan pelacakan seperti di atas namun hasilnya nihil, artinya fitur Find my iPhone dalam keadaan mati.

Back to Content ↑

2. Tandai Sebagai Perangkat yang Hilang

Masih berhubungan dengan langkah pertama, selanjutnya adalah menandai bahwa perangkat iPhone dalam kondisi hilang. Caranya adalah melalui fitur Find My iPhone, kemudian pilih opsi Lost Mode.

Dengan mengaktifkan mode tersebut, iPhone akan terkunci secara otomatis. Penemu iPhone pun tidak dapat melakukan reset. Kunci ini hanya bisa dibuka oleh pemilik iPhone dengan kode yang diberikan oleh sistem.

Back to Content ↑

3. Lapor ke Pihak Berwajib

Berikutnya, laporkan kehilangan iPhone tersebut kepada pihak yang berwajib, dalam hal ini kepolisian. Petugas mungkin akan meminta nomor seri atau pun IMEI dari perangkat iPhone yang hilang.

Nomor seri dan IMEI tersebut bisa ditemukan di kemasan iPhone. Itulah alasan mengapa sebaiknya Anda tidak membuang kemasan ponsel setelah melakukan unboxing. Pasalnya, ada beberapa informasi penting di dalam kemasan tersebut.

Jika sudah membuat laporan ke pihak berwajib, jangan lupa untuk meminta surat keterangan kehilangan. Surat ini mungkin akan berguna untuk mengurus beberapa hal setelah ini.

Back to Content ↑

4. Mengajukan Klaim Kehilangan

Apple memiliki layanan asuransi bernama AppleCare+. Asuransi ini memberikan layanan perlindungan untuk kasus kehilangan iPhone akibat dicuri atau hal-hal lainnya.

Jika perangkat iPhone terdaftar dalam layanan ini, sebaiknya segera lakukan klaim untuk mendapatkan unit pengganti. Ketika melakukan klaim, mungkin Anda akan diminta mengajukan beberapa persyaratan, salah satunya surat keterangan kehilangan dari kepolisian.

Back to Content ↑

5. Hapus Data Perangkat dari Jarak Jauh

Setelah klaim penggantian unit iPhone disetujui AppleCare+, Anda bisa langsung menghapus data di iPhone lama. Penghapusan data dilakukan melalui Find My iPhone, lebih tepatnya ada di menu Erase iPhone. Apabila data sudah dihapus, pengguna tidak bisa melakukan pelacakan kembali.

Back to Content ↑

6. Hubungi Provider Seluler

Jangan lupa membuat laporan ke provider seluler apabila iPhone Anda hilang bersama kartu SIM di dalamnya. Mintalah provider seluler untuk menonaktifkan kartu SIM tersebut untuk mencegah ada panggilan atau pesan yang masuk, termasuk mencegah penyalahgunaan.

Back to Content ↑

7. Hapus iPhone yang Hilang dari Akun

Langkah terakhir yang bisa dilakukan adalah menghapus data perangkat yang hilang dari akun Apple ID. Pastikan bahwa Anda sudah mendapatkan unit pengganti dari AppleCare+ sebelum melakukan langkah ini.

Back to Content ↑

Cara menemukan iPhone yang hilang paling mudah memang memakai Find My iPhone. Selain itu masih ada cara melacak iPhone dengan IMEI namun metode ini tidak bisa dilakukan oleh masyarakat umum. Terima Kasih dan Semoga Bermanfaat!