Skip to main content

Penyebab dan Cara Mengatasi Flash Kamera Belakang Tidak Menyala

Penyebab dan Cara Mengatasi Flash Kamera Belakang Tidak Menyala

Penyebab dan Cara Mengatasi Flash Kamera Belakang Tidak Menyala

Flash kamera belakang tidak menyala adalah masalah yang sering dialami oleh pengguna smartphone, baik IOS maupun Android. Kamera flash yang tidak menyala tidak bisa memfoto objek dengan baik di kondisi yang minim cahaya.

Namun jangan khawatir, jika tidak ada kerusakan dari hardware, masalah tersebut bisa diatasi. Beda jika hardware yang rusak, maka harus menggantinya atau membeli smartphone yang baru. Berikut bisa Anda simak ulasan penyebab flash kamera belakang tidak menyala dan solusi mengatasinya.

TOC / Daftar Isi

1. Penyebab Flash Kamera Belakang Tidak Menyala

Kamera adalah salah satu unsur penting yang ada di smartphone, kualitasnya bahkan dijadikan dasar pertimbangan ketika seseorang ingin membeli smartphone baru. Meski tidak bisa menyamai kualitas kamera DSLR atau mirrorless, sudah banyak smartphone yang dibekali dengan spesifikasi kamera mumpuni.

Masalahnya adalah ketika flash kamera smartphone tersebut tidak menyala, mati atau tidak berfungsi. Imbasnya, Anda tidak bisa menangkap objek di ruangan indoor yang minim cahaya dengan baik. Anda juga tidak bisa hunting foto malam hari menggunakan smartphone.

Pokoknya, dengan flash kamera belakang yang tidak berfungsi, foto yang dihasilkan akan buruk. Bagi Anda yang mencintai fotografi, flash kamera belakang yang tidak berfungsi tersebut bisa menjadi masalah yang besar.

Back to Content ↑

Namun sebenarnya apa sih yang membuat flash kamera belakang smartphone mati atau tidak berfungsi dengan normal? Ada tiga penyebab, yaitu:

1.1. Lupa Mengaktifkannya

Flash kamera belakang smartphone tidak menyala bisa karena Anda lupa menyalakannya. Meskipun alasannya remeh, banyak orang yang sering melupakannya. Karena itu, cek setelan kamera Anda, apakah flash kamera sudah diaktifkan.

Jika ternyata dalam keadaan off atau tidak aktif, maka bisa menyalakannya. Namun jika setelah dinyalakan dan flash masih tidak berfungsi, maka kerusakan bisa disebabkan oleh hal lainnya, biasanya ada pada hardware.

Back to Content ↑

1.2. Lampu Flash Mati

Penyebab flash kamera belakang tidak menyala berikutnya adalah lampu flash dalam keadaan mati. Cahaya atau blitz tidak akan muncul jika lampu flash mati, meski Anda sudah mengaktifkannya di setelan kamera.

Karena itu, Anda harus mengeceknya terlebih dahulu, bisa dengan menyalakan fitur senter yang ada di smartphone. Jika tidak ada fitur senter, maka bisa download aplikasi senter yang banyak tersedia di Google Play.

Seharusnya, jika flash menyala melalui fitur/aplikasi senter, maka flash tersebut masih dalam keadaan normal. Jika tidak, maka lampu flash memang benar-benar mati dan harus dibawa ke teknisi profesional.

Setelah diservis dan flash kamera masih tidak menyala atau berfungsi, maka mau tidak mau Anda harus menggantinya dengan lampu flash yang baru. Berdoa saja semoga lampu flash kamera belakang yang sesuai dengan tipe smartphone Anda masih tersedia.

Back to Content ↑

1.3. Tegangan Flash Tidak Ada

Penyebab berikutnya kenapa flash kamera tidak menyala atau berfungsi berikutnya adalah karena sudah tidak ada tegangan pada flash kamera. Jika hal ini terjadi, maka bisa menggunakan tegangan dengan daya yang sama untuk flash kamera.

Back to Content ↑

2. 4 Cara Mengatasi Flash Kamera Belakang Tidak Menyala

2.1. Setel Flash Kamera Menjadi Otomatis

Cara pertama yang bisa Anda lakukan agar kamera flash kembali menyala atau berfungsi adalah dengan mengatur flash dalam mode otomatis. Ada beberapa pengaturan mode flash dalam smartphone, yaitu:

  • Aktif / On, flash kamera belakang akan menyala ketika kamera digunakan.
  • Mati / Off, flash kamera belakang tidak menyala ketika digunakan.
  • Isi Cahaya/Fill Light, flash akan terus menyala saat Anda mengambil foto.
  • Otomatis, flash akan menyala secara otomatis ketika digunakan untuk memfoto objek dalam kondisi minim cahaya.

Cara mengatur flash kamera belakang adalah sebagai berikut:

  • Buka kamera smartphone lalu klik Settings (ikon gear). Anda juga bisa langsung klik ikon flash, biasanya berada di pojok kiri atas, bisa berbeda-beda setiap smartphone.
  • Selanjutnya pilih mode flash kamera yang Anda inginkan, bisa aktif, mati, isi cahaya atau otomatis.
  • Disarankan untuk memilih mode otomatis, agar flash bisa muncul sendiri ketika dibutuhkan, yaitu saat objek bidikan tidak terlalu diterangi cahaya.

Intinya, jika kamera flash tidak menyala, maka cek terlebih dahulu pengaturan yang diterapkan pada kamera Anda. Pastikan flash berada dalam keadaan aktif, isi cahaya atau otomatis agar flash muncul ketika digunakan untuk memfoto.

Nah, jika flash telah aktif namun tetap tidak muncul ketika dibutuhkan, maka kerusakan bisa disebabkan oleh faktor lain. Penyebab dan solusinya bisa Anda temukan di sub judul di bawah ini.

Back to Content ↑

2.2. Clear Data dan Force Stop Aplikasi Kamera

Flash kamera utama yang tidak menyala bisa karena flash tersebut bermasalah atau error, untuk itu Anda perlu memberlakukan clear data dan force stop atau penghentian paksa terlebih dahulu. Force stop ini diharapkan mampu me-reset kamera sehingga flash bisa menyala kembali.

Cara ini bisa diterapkan di hampir semua merk smartphone, yaitu sebagai berikut:

  • Buka Settings smartphone lalu scroll ke bawah dan pilih aplikasi atau manajer aplikasi.
  • Selanjutnya cari aplikasi yang sedang berjalan lalu klik Camera.
  • Setelah terbuka, pertama klik Clear Data lalu klik Force Stop untuk menghentikan paksa aplikasi kamera.
  • Jika sudah, sekarang buka kembali aplikasi kamera dan cek apakah flash kamera belakang sudah berfungsi atau belum.

Back to Content ↑

2.3. Hapus Aplikasi yang Menggunakan Flash Kamera Utama

Jika Anda pengguna HP Sony Xperia M, maka bisa mencopot pemasangan aplikasi yang memiliki akses ke flash kamera utama terlebih dahulu, biasanya aplikasi senter. Berikut langkah-langkah selengkapnya:

  • Hapus pemasangan aplikasi yang menggunakan LED flash kecuali kamera bawaan smartphone.
  • Jika sudah, sekarang matikan smartphone hingga mati sempurna lalu buka casing dan baterainya.
  • Setelahnya diamkan dan istirahatkan selama sekitar 20 hingga 30 menit, kemudian pasang baterai dan casing smartphone seperti biasa.
  • Setelah smartphone hidup kembali, buka aplikasi kamera dan cek apakah flash kamera utama berfungsi atau tidak.

Selain HP Sony Xperia M, cara di atas mungkin bisa Anda coba ke smartphone yang baterainya bisa dicopot. Biasanya smartphone lama masih bisa dicopot baterainya, berbeda dengan smartphone keluaran terbaru yang sudah menggunakan non-removable baterai.

Back to Content ↑

2.4. Bawa Smartphone ke Service

Jika Anda telah mencoba semua cara di atas namun flash kamera utama smartphone masih tidak menyala juga, maka kerusakan pasti berada pada hardware kamera tersebut. Karena itu, Anda butuh membawanya ke tukang servis berpengalaman dan terpercaya di dekat Anda.

Usahakan ke gerai resmi smartphone tersebut agar jaminan kualitas terjamin, lebih-lebih jika masih berada dalam masa garansi. Namun sebelumnya, pastikan sudah melakukan back up data untuk jaga-jaga agar tidak ada data penting yang hilang.

Setelahnya, baru Anda telah melakukan hard reset smartphone tersebut dan membawanya ke teknisi profesional.

Back to Content ↑

Flash kamera belakang tidak menyala bisa disebabkan berbagai hal, seperti lampu flash yang memang mati, lampu flash tidak memiliki tegangan dan lain sebagainya. Anda bisa mencoba cara di atas untuk mengatasi masalah tersebut, sebelum membawanya ke tukang servis. Terima Kasih dan Semoga Bermanfaat!