Skip to main content

Cara Mengaktifkan Find My iPhone

Cara Mengaktifkan Find My iPhone
Cara Mengaktifkan Find My iPhone

Cara Mengaktifkan Find My iPhone

Ketika berbicara tentang tutorial iOS / iPhone OS lengkap, kurang rasanya jika belum membahas Find My iPhone. Aplikasi tersebut merupakan salah satu fitur keamanan yang dimiliki oleh iPhone. Sangat penting bagi pengguna untuk memahami cara mengaktifkan Find My iPhone.

Fitur ini memang sebaiknya selalu dalam kondisi aktif. Tujuannya adalah untuk berjaga-jaga apabila iPhone tiba-tiba terjatuh atau hilang. Dengan fitur Find My iPhone, pencarian ponsel tersebut akan lebih mudah.

TOC / Daftar Isi

Mengenal Find My iPhone

Find My iPhone merupakan salah satu produk dari Apple yang dipakai untuk melacak keberadaan perangkat iOS dari jarak yang jauh. Proses pelacakan ini dilakukan melalui perangkat lain, misalnya dari iPhone, iPad, maupun PC.

Fitur ini tersedia di semua iOS, tak hanya di iPhone namun juga ada di iPad, iPod, dan Mac, Tentunya dengan nama yang berbeda, yaitu Find My iPad, Find My iPod, dan Find My Mac.

Cara kerja dari Find My iPhone ini memanfaatkan riwayat lokasi atau GPS serta jaringan dari perangkat yang mengaktifkannya. Posisi persis perangkat tersebut akan mudah terlacak berkat adanya fitur tersebut.

Selain melacak keberadaan iPhone, Find My iPhone juga dapat melakukan hal lain. Berikut ini penjelasannya.

  • Play sound dipakai untuk membunyikan ringtone iPhone dengan volume paling tinggi. Tujuannya adalah mempermudah pencarian ketika pengguna sudah berada di dekat lokasi iPhone.
  • Lost mode digunakan untuk iPhone yang hilang dicuri atau diduga telah ditemukan orang lain. Jika mode ini diaktifkan, iPhone akan terkunci dan tidak bisa direset tanpa memasukkan kode yang hanya diketahui oleh pemilik asli perangkat tersebut.
  • Erase iPhone digunakan untuk menghapus semua data yang ada di iPhone tersebut. Tujuannya adalah mengurangi kemungkinan penyalahgunaan data di dalam iPhone oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

Back to Content ↑

Cara Mengaktifkan Find My iPhone

Perlu diketahui bahwa fitur Find My iPhone tidak aktif secara default. Pengguna harus mengaktifkannya terlebih dahulu agar ponselnya bisa dilacak. Oleh karena itu, pengguna iPhone sangat dianjurkan untuk mengaktifkan fitur ini demi alasan keamanan.

Berikut ini tutorial lengkapnya untuk mengaktifkan fitur Find My iPhone.

  1. Pertama, buka menu Settings terlebih dahulu.
  2. Setelah halaman Settings terbuka, pastikan bahwa pengguna sudah login menggunakan ID Apple. Jika belum login, sebaiknya selesaikan proses login terlebih dahulu.
  3. Setelah itu kembali ke halaman Settings dan pilih Find My.
  4. Klik pada opsi Find My iPhone dan klik toggle atau slider untuk mengaktifkan fitur ini.
  5. Temukan juga opsi Send last location, kemudian lakukan hal yang sama yaitu mengklik slidernya sampai posisinya berubah menjadi ON.

Dengan melakukan langkah-langkah diatas, fitur Find My iPhone sudah aktif. Lokasi terakhir keberadaan iPhone akan selalu diupdate. Pengguna juga dapat memantau keberadaan iPhonenya dari perangkat lain.

Namun perlu dipahami bahwa Find My iPhone hanya bisa bekerja efektif apabila iPhone dalam kondisi hidup. iPhone juga harus terhubung dengan internet baik melalui Wi-Fi maupun data seluler. Jika tidak, maka update lokasi akan berhenti.

Pengguna hanya dapat mengetahui lokasi terakhir di mana iPhone tersebut masih aktif dan terhubung dengan jaringan seluler.

Back to Content ↑

Cara Pakai Find My iPhone

Setelah berhasil mengaktifkan fitur Find My iPhone, pengguna juga wajib memahami cara untuk memakainya. Untuk bisa menemukan atau melacak lokasi iPhone menggunakan fitur find my, pengguna membutuhkan perangkat lain.

Adapun perangkat yang bisa dipakai antara lain iPhone, iPad, Android, maupun PC atau notebook. Syaratnya adalah perangkat tersebut memiliki browser dan terhubung dengan internet. Berikut ini cara untuk menggunakan Find My iPhone.

  1. Pertama, buka browser dan kunjungi link berikut ini: icloud.com/find.
  2. Pengguna juga dapat menggunakan aplikasi Find My di iPhone lain.
  3. Login menggunakan ID Apple beserta password dari akun tersebut.
  4. Jika sudah berhasil masuk ke sistem, klik pada menu All Device.
  5. Klik pada perangkat iPhone yang sedang hilang.
  6. Layar kemudian akan menampilkan lokasi terakhir atau terkini dari perangkat tersebut.
  7. Pengguna dapat memilih salah satu dari tiga menu yang sudah dijelaskan sebelumnya.

Back to Content ↑

Apa yang Harus Dilakukan Jika iPhone Hilang?

Ketika sudah dicari menggunakan Find My iPhone, namun tidak ketemu, ada beberapa langkah yang harus dilakukan oleh pengguna iPhone. Berikut penjelasannya.

  1. Pertama, pengguna harus mengaktifkan menu Lost Mode pada Find My iPhone.
  2. Jika sudah, laporkan kepada pihak berwajib bahwa Anda kehilangan iPhone. Mintalah surat kehilangan dari kepolisian.
  3. Jika iPhone yang hilang dilindungi AppleCare+, ajukan klaim dengan membawa surat kehilangan tadi disertai syarat lainnya.
  4. Jangan hapus data iPhone dari jarak jauh apabila klaim di AppleCare+ belum disetujui.
  5. Hubungi provider seluler untuk menonaktifkan kartu SIM di iPhone yang hilang dan mintalah kartu baru dengan nomor sama.
  6. Hapus data perangkat dari jarak jauh menggunakan Find My iPhone.

Back to Content ↑

Cara mengaktifkan Find My iPhone memang wajib diketahui oleh pemilik iPhone untuk mengamankan perangkatnya. Setidaknya, perangkat lebih mudah ditemukan ketika hilang. Terima Kasih dan Semoga Bermanfaat!