Skip to main content

Cara Memindahkan Data iPhone ke PC

Cara Memindahkan Data iPhone ke PC

Cara Memindahkan Data iPhone ke PC

Penyimpanan di smartphone umumnya lebih terbatas dibandingkan dengan PC atau laptop. Oleh sebab itu, banyak pengguna yang melakukan backup dengan cara memindahkan data iPhone ke PC. Tujuannya adalah memperbanyak ruang kosong di iPhone.

Sebagian pengguna memilih untuk memindahkan seluruh data ke PC. Namun sebagian pengguna lainnya memilih untuk mengosongkan penyimpanan dengan cara memindahkan foto dari iPhone ke PC. Cara ini terbukti efektif untuk membuat ruang penyimpanan atau storage di iPhone menjadi lebih lega.

TOC / Daftar Isi

1. Cara Memindahkan Data iPhone ke PC

Perlu dipahami bahwa untuk memindahkan data dari iPhone ke PC tidak bisa dilakukan layaknya memindah data ke flashdisk. Ada langkah dan prosedur yang harus diikuti oleh pengguna. Setidaknya ada 4 (empat) metode yang bisa dijajal oleh pengguna. Berikut penjelasan selengkapnya.

Back to Content ↑

1.1. Finder

Finder adalah aplikasi desktop yang ada di Mac Os. Fungsinya adalah membantu pengguna untuk mengelola isi dari iPhone. Aplikasi yang satu ini juga dapat dipakai sebagai media untuk memindahkan data iPhone ke PC. Tentunya Anda memerlukan laptop atau PC dari Apple untuk melakukan cara ini.

Tidak semua Mac OS mendukung Finder. Setidaknya Anda memerlukan versi Mac OS 10.15 atau yang lebih baru untuk mengikuti tutorial di bawah ini.

  1. Hal pertama yang harus dilakukan oleh pengguna adalah menghubungkan antara iPhone dengan Macbook maupun iMac. Untuk menghubungkan dua perangkat, pengguna bisa memakai USB atau sambungan Wi-Fi.
  2. Berikutnya, buka Finder dan iPhone akan terdeteksi secara langsung.
  3. Klik pada iPhone Anda untuk melanjutkan prosesnya.
  4. Perhatikan daftar aplikasi yang tersedia di dalam iPhone tersebut. Klik segitiga kecil untuk expand dan menampilkan detail file dari aplikasi.
  5. Drag and drop file yang akan dipindahkan ke jendela aplikasi Finder. Cara ini akan memindahkan file dari iPhone ke perangkat Mac.

Back to Content ↑

1.2. iTunes

Jika iPhone tidak bisa terhubung ke PC menggunakan Finder, alternatifnya adalah memakai iTunes. Biasanya, aplikasi desktop ini dipakai untuk memindahkan lagu dari dan ke iPhone. Ternyata fungsinya lebih kompleks dari itu. Berikut ini langkah-langkah memindahkan data iPhone ke PC dengan iTunes.

  1. Pastikan bahwa PC sudah memiliki aplikasi iTunes dan update ke versi paling baru.
  2. Jika sudah, hubungkan antara iPhone dengan laptop atau PC memakai kabel USB bawaan atau original.
  3. Buka aplikasi iTunes dan pastikan bahwa iPhone terdeteksi di dalam aplikasi tersebut.
  4. Klik pada logo iPhone yang ada di sidebar sebelah kiri.
  5. Pilih file-file yang akan dipindahkan ke PC.
  6. Klik kanan pada file yang sudah diseleksi tersebut lalu pilih opsi Save to.
  7. Pilih lokasi atau folder untuk menyimpan file tersebut dan klik Save.

Memindahkan file menggunakan iTunes ini lebih dikhususkan bagi pengguna laptop atau PC Windows. Pasalnya, Finder baru ada di MacOS.

Back to Content ↑

1.3. iCloud

iCloud sendiri merupakan cloud storage yang dimiliki oleh Apple. Perlu Anda pahami pula bahwa secara default, sebuah iPhone akan di sinkronisasi dengan iCloud. Nah, aplikasi ini juga bisa Anda gunakan untuk memindahkan data dari iPhone ke PC. Simak tutorial selengkapnya di bawah ini.

  1. Download dan install terlebih dahulu aplikasi iCloud di PC Anda.
  2. Jalankan aplikasi kemudian lakukan login menggunakan ID Apple dan passwordnya.
  3. Kembali ke iPhone, sekarang pilih menu Settings. Kemudian pilih iCloud dan klik pada opsi Photo on Your iPhone.
  4. Pilih Download and Keep Originals. Dengan memilih opsi ini, foto-foto Anda akan diunggah ke iCloud.
  5. Foto-foto yang sudah berhasil di upload tadi akan berada di dalam folder bernama iCloud Photo di Windows.
  6. Untuk memindahkan foto-foto tersebut, klik pada menu Download.

Untuk sementara ini, iCloud memang baru bisa digunakan untuk memindahkan foto-foto dari iPhone ke laptop atau PC. iCloud sendiri masih belum menyediakan opsi untuk memindahkan file selain foto ke PC.

Back to Content ↑

1.4. Dr. Fone

Dr. Fone merupakan aplikasi serba guna yang memang dibuat khusus untuk para pengguna iPhone. Aplikasi Windows ini memungkinkan pengguna untuk melakukan backup, hapus, dan memindahkan data dari iPhone ke PC. Langsung saja, berikut tutorialnya.

  1. Install Dr. Fone terlebih dahulu pada komputer Windows Anda.
  2. Jika sudah selesai diinstall, buka aplikasi tersebut.
  3. Di halaman utama, pilih menu Transfer.
  4. Hubungkan iPhone ke PC menggunakan kabel USB original.
  5. Setelah iPhone terdeteksi, pilih opsi Transfer Device Photos to PC.
  6. Pilih folder yang akan menjadi tujuan untuk memindahkan foto tersebut.
  7. Jika ingin memindahkan file selain foto, gunakan tab selain Home. Klik tab-tab yang ada di sampingnya untuk menemukan file Anda.
  8. Pilih file yang akan dipindah kemudian klik opsi Export to PC.

Back to Content ↑

Pembahasan Tutorial iOS / iPhone OS Lengkap khususnya cara memindahkan data iPhone ke PC kali ini telah selesai. Sekarang waktunya untuk Anda mempraktekkan semua tutorial yang telah dijelaskan di atas untuk memindahkan aneka file dari iPhone ke PC. Terima Kasih dan Semoga Bermanfaat!