Skip to main content

Cara Menghapus Dokumen dan Data di iPhone

Cara Menghapus Dokumen dan Data di iPhone

Cara Menghapus Dokumen dan Data di iPhone

Dokumen dan data aplikasi yang menumpuk di iPhone akan membuat memori semakin penuh jika terus dibiarkan. Oleh sebab itu, pengguna iPhone harus membersihkan ruang penyimpanan secara rutin dengan cara menghapus dokumen dan data di iPhone.

Penyimpanan yang penuh pada iPhone menyebabkan performanya menurun. Mungkin iPhone akan terasa lambat dalam merespons pengguna. Selain itu, notifikasi penyimpanan penuh juga sangat mengganggu.

TOC / Daftar Isi

1. Cara Menghapus Dokumen dan Data di iPhone

Setiap aplikasi yang ada di iPhone memiliki data yang turut mengurangi kapasitas penyimpanan internal. Data dari semua aplikasi bisa berukuran sangat besar dan mendominasi ruang penyimpanan. Ketika pertama kali didownload dan diinstall, aplikasi di iPhone hanya memakan sedikit ruang.

Seiring dengan semakin intensnya penggunaan aplikasi tersebut, akhirnya ada banyak dokumen dan data yang bertambah. Contohnya antara lain junk file sisa proses, log info, cookies, cache, foto, video, dokumen download dan masih banyak lagi.

Aplikasi yang awalnya hanya memerlukan sekitar 50 MB di ruang penyimpanan, lama kelamaan akan memenuhi memori sampai ratusan MB. Untuk membersihkannya, Anda dapat melakukan beberapa cara yang ada di bawah ini.

Back to Content ↑

1.1. Hapus History dan Data Safari

Safari adalah aplikasi browser default atau bawaan yang ada di iPhone. Safari ini cukup banyak menyimpan file cache yang membuat memori penyimpanan penuh. Sebaiknya hapus history dan data Safari untuk membebaskan ruang penyimpanan dengan cara berikut ini.

  1. Buka Settings terlebih dahulu melalui icon yang ada di home.
  2. Selanjutnya, klik pada opsi Safari.
  3. Gulir ke bawah kemudian klik pada opsi Clear History and Website Data.
  4. Di layar akan muncul pop up untuk memastikan bahwa Anda yakin dalam melakukan aksi tersebut. Pilih Clear History and Data.

Back to Content ↑

1.2. Hapus History dan Data Chrome

Selain Safari, iPhone user juga sering memakai browser berupa Chrome. Browser yang satu ini juga menyimpan cache dalam jumlah yang cukup besar. Agar tidak memenuhi ruang penyimpanan dan membuat iPhone lemot, sebaiknya bersihkan dengan mengikuti cara di bawah ini.

  1. Pertama, buka Chrome terlebih dahulu dengan cara klik icon aplikasinya di home.
  2. Di dalam aplikasi Chrome, klik pada titik tiga di kanan atas untuk menampilkan menu.
  3. Pilih opsi Settings.
  4. Berikutnya pilih Privacy dan klik pada menu Clear Browsing Data.
  5. Pilih data yang akan dihapus, antara lain browsing history, cookies, cached images and files, saved password, dan autofill data. Jika tidak ingin kehilangan password tersimpan dan data yang autofill, sebaiknya centang opsi pertama sampai ketiga saja.
  6. Klik lagi pada opsi Clear Browsing Data kemudian tunggu selama beberapa saat.

Back to Content ↑

1.3. Hapus Data Messages

Messages merupakan fitur di iPhone yang mengakomodasi pesan singkat berupa SMS tradisional dan iMessages buatan Apple. Tanpa disadari, semakin banyak pesan yang diterima dan menumpuk pada aplikasi ini juga turut membuat penyimpanan penuh. Ikuti panduan berikut untuk hapus data Messages.

  1. Buka aplikasi Messages dengan cara klik icon di Home.
  2. Pilih opsi Edit yang letaknya ada di bagian kiri atas halaman aplikasi tersebut.
  3. Seleksi pesan-pesan yang sudah tidak diperlukan lagi, misalnya dari operator.
  4. Klik delete jika sudah selesai memilih.

Back to Content ↑

1.4. Beri Ruang Kosong di iCloud

Secara default, perangkat iPhone yang Anda miliki akan tersinkronisasi dengan iCloud. Jadi, penyimpanan di iPhone terbagi menjadi dua jenis yaitu penyimpanan internal di iPhone itu sendiri dan di iCloud atau penyimpanan cloud.

iCloud juga berperan sebagai media untuk menyimpan backup data iPhone. Sehingga penyimpanan cloud ini dapat menjadi alternatif cara mengembalikan data iPhone yang hilang.

Sebagian dokumen dan data aplikasi juga tersimpan di iCloud. Mengingat kapasitas iCloud yang juga terbatas, Anda perlu sering-sering membersihkan iCloud dari tumpukan dokumen dan data setiap aplikasi. Ikuti panduan di bawah ini untuk memberi ruang kosong di iCloud.

  1. Buka Settings terlebih dahulu kemudian klik pada nama Anda atau Apple ID.
  2. Setelah itu, klik pada menu iCloud dan pilih Storage.
  3. Klik Manage Storage. Di halaman berikutnya, Anda akan melihat sisa kapasitas atau ruang kosong di penyimpanan.
  4. Klik Show All untuk menampilkan semua aplikasi.
  5. Pilih salah satu aplikasi yang akan dibersihkan.
  6. Klik Delete All.
  7. Di layar mungkin akan tampil menu pop up untuk mengonfirmasi penghapusan tersebut. Di sini pilih Delete All.

Cara ini sebenarnya cukup efektif untuk menambah ruang kosong di penyimpanan. Sayangnya, pengguna harus melakukan langkah manual untuk membersihkan data dan dokumen di semua aplikasi. Sebagian pengguna mungkin akan memandang ini sebagai cara yang merepotkan.

Back to Content ↑

Cara menghapus dokumen dan data di iPhone mampu meningkatkan ruang penyimpanan yang kosong. Dengan begitu, Anda bisa menyimpan file lain yang lebih penting. Jika masih bingung ketika menggunakan iPhone, simak artikel lain yang membahas Tutorial iOS / iPhone OS Lengkap di situs ini. Terima Kasih dan Semoga Bermanfaat!