Skip to main content

Cara Membuka Kunci iPhone Tanpa Bantuan Komputer

Cara Membuka Kunci iPhone Tanpa Bantuan Komputer

Cara Membuka Kunci iPhone Tanpa Bantuan Komputer

Di internet ada banyak sekali cara untuk mengatasi iPhone terkunci karena lupa password. Namun sebagian besar tutorialnya harus menggunakan bantuan komputer atau PC. Untuk Anda yang tidak punya PC, ada pilihan cara membuka kunci iPhone tanpa bantuan komputer.

Lupa password merupakan mimpi buruk bagi pengguna iPhone. Apabila Anda dihadapkan pada situasi ini, jangan panik dulu karena masalah ini dapat diatasi dengan mudah. Simak penjelasan selengkapnya di artikel ini.

TOC / Daftar Isi

1. Cara Membuka Kunci iPhone Tanpa Bantuan Komputer

Ada beberapa metode untuk membuka kunci iPhone tanpa bantuan PC. Cara-cara yang akan dijelaskan di bawah ini juga terbilang sangat mudah dan dapat dilakukan oleh siapa saja. Asalkan Anda memahami dan mengikuti seluruh stepnya, maka akan dipastikan berhasil.

Back to Content ↑

1.1. Membuka Kunci iPhone dengan Touch ID atau Face ID

Untuk memudahkan pengguna saat membuka iPhone, Apple menyematkan teknologi bernama Touch ID (sensor sidik jari) di iPhone 5s hingga iPhone 8 series. Di seri setelahnya, yaitu iPhone X ke atas sudah menggunakan Face ID atau pemindaian wajah.

Berkat adanya Touch ID dan Face ID, pengguna iPhone tak perlu memasukkan passcode untuk bisa masuk ke home screen. Cara menggunakannya pun sangat mudah. Untuk pengguna TouchID, sentuh tombol home dengan jari yang sudah terdaftar di iPhone.

Sementara pengguna FaceID dapat menyalakan layar iPhone dengan menekan tombol power satu kali. Setelah itu, posisikan iPhone sejajar dengan wajah. iPhone pun akan terbuka. Sangat mudah, bukan?

Back to Content ↑

1.2. Fitur Forgot Password

Langkah-langkah yang dijelaskan pada cara pertama tadi memang berhasil membuka iPhone. Namun Anda tetap tidak mengetahui password atau menggantinya dengan yang baru.

Sementara di beberapa kondisi, Anda harus benar-benar memasukkan passcode dan tidak bisa digantikan dengan Face ID atau Touch ID. Sebagai solusinya, Anda dapat menggunakan fitur Forgot Password yang tersedia di iPhone. Berikut tutorial selengkapnya.

  1. Pertama, buka iPhone Anda terlebih dahulu menggunakan Touch ID atau Face ID.
  2. Kemudian buka aplikasi browser, contohnya adalah Safari.
  3. Klik pada address bar, kemudian masukkan alamat berikut ini https://iforgot.apple.com/password/verify/appleid. Tekan tombol enter untuk mengunjungi alamat tersebut.
  4. Masukkan username atau email Anda yang terdaftar di akun Apple ID.
  5. Klik tombol Continue.
  6. Ada dua pilihan untuk reset password. Pilihan yang pertama adalah konfirmasi email iCloud. Sementara pilihan yang kedua yaitu menjawab pertanyaan keamanan.
  7. Kalau Anda masih punya akses ke email tersebut, sebaiknya pilih opsi pertama saja.
  8. Buka email Anda kemudian buka pesan dari Apple. Dalam pesan tersebut berisi link untuk mereset password. Klik.
  9. Kalau memilih opsi kedua, Anda diharuskan untuk menjawab seluruh pertanyaan keamanan yang sudah diatur pada saat pembuatan Apple ID pertama kali. Anda harus menjawab pertanyaan dengan tepat agar bisa reset password.
  10. Anda akan diarahkan untuk membuat password baru.
  11. Gunakan password untuk membuka iPhone.

Back to Content ↑

1.3. Reset iPhone dengan Bantuan iCloud

Saat lupa password, biasanya pengguna akan mencoba memasukkan password berulang kali. Apabila Anda memasukkan password yang salah hingga 6 kali, iPhone akan terkunci. Bagaimana cara mengatasinya? Jangan khawatir karena Anda dapat menggunakan bantuan iCloud.

iCloud sendiri merupakan salah satu layanan Apple yang punya beragam manfaat. Salah satunya adalah membantu pengguna iPhone untuk membackup data perangkat dan melakukan reset.

Reset akan menghapus seluruh data yang ada di iPhone. Setelah data terhapus, Anda dipersilakan untuk melakukan pengaturan ulang seperti saat pertama kali menggunakan iPhone. Di sini Anda berkesempatan untuk membuat password baru yang lebih mudah.

Namun ada konsekuensi yang harus diambil yaitu hilangnya data-data penting. Agar hal ini tidak terjadi, sebaiknya Anda melakukan backup data terlebih dahulu. Simak artikel bertema Tutorial iOS / iPhone OS Lengkap untuk mengetahui caranya.

Untuk menjalankan tutorial ini, Anda dapat meminjam smartphone teman, baik itu Android atau iPhone. Faktanya, tutorial di bawah ini juga termasuk dalam cara mengatasi iPhone lock iCloud.

  1. Buka browser di smartphone. Kemudian kunjungi link berikut ini https://www.icloud.com/find.
  2. Kemudian login ke situs tersebut menggunakan username atau email serta password Apple ID yang terhubung dengan iPhone Anda.
  3. Jika Anda lupa password Apple ID, halaman tersebut juga menyediakan opsi Forgot Password.
  4. Jika sudah berhasil login, klik pada menu All Device.
  5. Klik pada nama iPhone yang saat ini sedang terkunci.
  6. Selanjutnya, klik pada menu Delete (nama perangkat).
  7. Sekarang masukkan password baru untuk membuka perangkat yang sedang terkunci tersebut.
  8. Tunggu sampai prosesnya selesai.
  9. Setelah itu, nyalakan iPhone yang tadi terkunci dan lakukan pengaturan seperti saat pertama kali membeli iPhone baru.

Back to Content ↑

Cara membuka kunci iPhone tanpa bantuan komputer terbilang lebih mudah untuk dipraktekkan dibandingkan cara membuka iCloud iPhone curian. Semua cara di atas akan lebih mudah apabila Anda masih ingat dengan baik dengan email dan password Apple ID. Terima Kasih dan Semoga Bermanfaat!