Skip to main content

Cara Melewati Kunci Aktivasi iPhone

Cara Melewati Kunci Aktivasi iPhone

Cara Melewati Kunci Aktivasi iPhone

Sistem keamanan iOS dikenal strict. Bahkan saat iPhone hilang, iCloud Activation Lock dapat melindungi dari pencurian. Namun kunci aktivasi iPhone bisa dilewati dengan beberapa metode khusus. Oleh karena itu, di bawah ini akan dijelaskan tentang cara melewati kunci aktivasi iPhone.

Saat pertama kali digunakan, iPhone juga akan meminta untuk aktivasi menggunakan SIM card. Kalau belum memiliki kartu SIM yang aktif, Anda juga dapat melakukan metode yang sama untuk melewati proses aktivasi.

TOC / Daftar Isi

1. Tiga Cara Melewati Kunci Aktivasi iPhone

Ada 3 (tiga) alternatif metode yang dapat Anda lakukan untuk melewati kunci aktivasi iPhone. Ketiganya akan dijelaskan secara lengkap di bawah ini.

Back to Content ↑

1.1. Menggunakan Bypass DNS

Cara pertama ini membutuhkan jaringan Wi-Fi. Jadi, pastikan Anda berada di lokasi yang memiliki Wi-Fi. Untuk alasan keamanan, sebaiknya Anda tidak menggunakan Wi-Fi publik yang tidak memiliki sistem keamanan (password). Berikut ini cara melewati kunci aktivasi iPhone menggunakan DNS.

  1. Pertama, matikan iPhone terlebih dahulu dengan cara menekan dan menahan tombol power. Setelah itu, di layar akan muncul slider untuk mematikan iPhone. Geser slider tersebut.
  2. Setelah iPhone benar-benar mati, tekan dan tahan tombol power bersamaan dengan salah satu tombol volume. Kombinasi tombol ini akan membawa Anda ke setting awal iPhone seperti saat pertama kali diaktifkan.
  3. Anda akan diminta untuk memilih wilayah negara.
  4. Selanjutnya, Anda akan diminta untuk memilih bahasa yang akan dipakai.
  5. Di halaman berikutnya, Anda akan diarahkan ke pengaturan Wi-Fi. Di sini, jangan sambungkan ke Wi-Fi terlebih dahulu. Klik tombol (i) di samping jaringan Wi-Fi yang akan Anda sambungkan dengan iPhone.
  6. Halaman pengaturan ini menampilkan beberapa kolom data yang harus diisi. Namun Anda hanya perlu mengisi DNS. Klik bagian tersebut, kemudian isi sesuai dengan wilayah berikut:
    • Asia: 155.220.58
    • Eropa: 155.28.90
    • Amerika Utara: 154.51.7
    • Kawasan lainnya di seluruh dunia: 109.17.60
  7. Ketika DNS sudah terisi dengan data yang benar, klik tombol back atau kembali yang ada di bagian kiri atas.
  8. Sekarang waktunya untuk menghubungkan iPhone dengan jaringan Wi-Fi tadi. Masukkan password dengan benar, kemudian klik Join.
  9. Klik lagi tombol Back. Apabila Anda melihat tulisan iCloudDNSBypass.net, artinya proses bypass berhasil dilakukan.
  10. Klik pada menu iCloudDNSBypass untuk masuk ke menu iPhone.

Bypass DNS ini tidak bersifat permanen. Artinya, Anda masih perlu melakukan konfirmasi ulang perangkat dengan benar untuk bisa menggunakan iPhone seperti semula.

Back to Content ↑

1.2. Dial Phone

iPhone memiliki fitur panggilan darurat atau emergency call yang memungkinkan pengguna melakukan panggilan dalam keadaan iPhone masih terkunci. Ternyata fitur ini juga dapat dimanfaatkan untuk melewati kunci aktivasi iPhone.

Anda mungkin tidak akan mengetahui ini jika tidak membaca salah satu artikel dari kumpulan Tutorial iOS / iPhone OS Lengkap ini. Tanpa berlama-lama, berikut ini cara melewati kunci aktivasi iPhone menggunakan dial phone.

  1. Dalam keadaan mati, tekan dan tahan tombol power iPhone sampai mulai booting.
  2. Di tengah proses booting tersebut, iPhone akan mengalami stuck selama beberapa saat. Hal ini disebabkan oleh tidak terdeteksinya SIM card di iPhone.
  3. Tekan tombol home untuk masuk ke halaman dial phone. Karena Anda harus menekan tombol home, artinya cara ini hanya bisa dilakukan di iPhone 8 series atau yang lebih lama dari itu.
  4. Setelah Anda berhasil masuk ke Emergency Call, masukkan salah satu nomor darurat seperti 911, 119, 123, atau 110.
  5. Untuk memulai panggilan, klik pada tombol yang berwarna hijau.
  6. Jangan tunggu terlalu lama, segera matikan panggilan tersebut.

Kalau langkah-langkah di atas dilakukan dengan benar, maka Anda dapat masuk ke home screen tanpa SIM card. Proses aktivasi pun dapat dilewati dengan sukses.

Cara ini termasuk yang paling mudah dan tak membutuhkan banyak syarat. Sayangnya, Anda tak bisa mengaplikasikannya di iPhone X series dan seri-seri lainnya yang lebih baru.

Back to Content ↑

1.3. Apple ID dan Passcode

Cara yang terakhir ini dapat Anda memiliki akses ke Apple ID. Anda juga membutuhkan jaringan internet. Jadi, hubungkan iPhone dengan Wi-Fi atau gunakan kartu SIM. Berikut tutorial cara membuka kunci iPhone tanpa bantuan komputer selengkapnya.

  1. Pertama, Anda perlu menyiapkan iPhone dalam keadaan nonaktif.
  2. Kemudian tekan dan tahan tombol power dan salah satu tombol volume untuk masuk ke pengaturan awal.
  3. Lakukan langkah-langkah yang ada di layar, sampai ke bagian Sign in to iCloud.
  4. Masukkan password Apple ID dan tekan OK.
  5. Klik Unlock with Passcode. Masukkan passcode yang biasa dipakai untuk membuka kunci iPhone. Sampai di tahap ini, Anda sudah berhasil melewati proses aktivasi.

Back to Content ↑

Cara melewati kunci aktivasi iPhone ternyata tidak sesulit yang dibayangkan, bukan? Nah, sekarang Anda bisa mempraktekkannya langsung di perangkat yang bermasalah. Jika tertarik, Anda juga bisa mempelajari cara menyadap iPhone tanpa menyentuh HP korban. Terima Kasih dan Semoga Bermanfaat!