Skip to main content

Fitur Lacak Paket dan Cek Resi yang Memudahkan Customer

Fitur Lacak Paket dan Cek Resi yang Memudahkan Customer
Fitur Lacak Paket dan Cek Resi yang Memudahkan Customer

Fitur Lacak Paket dan Cek Resi yang Memudahkan Customer

Mungkin ada yang beranggapan, bahwa setelah barang/paket diserahkan kepada jasa pengiriman/logistik. Hal itu merupakan keputusan akhir, yang mana pengirim hanya akan menerima laporan bahwa paket tersebut telah dikirimkan, tanpa tahu berapa lama paket tersebut sampai ke tangan penerima, dan yang lainnya. Namun tidak seperti itu, Anda masih bisa berperan dalam proses pengiriman tersebut, dengan melakukan lacak paket. Biasanya dengan melakukan cek resi yang tertera pada pengiriman

Proses ini dimaksudkan agar Anda sebagai pengirim, bisa mengetahui mengenai posisi dari keberadaan paket tersebut. Hingga berapa lama, paket tersebut akhirnya bisa sampai ke alamat yang dituju.

Bukan itu saja, dengan proses lacak paket ini juga, secara tidak langsung memberikan sejumlah manfaat. Baik itu bagi Anda, sebagai pengirim. Maupun bagi jasa pengiriman itu sendiri. Ingin tahu apa saja manfaatnya? Anda bisa mengetahuinya, hanya jika Anda membaca artikel ini hingga selesai.

TOC / Daftar Isi

Apa Itu Lacak Paket dan Jenis-Jenisnya

Lacak paket merupakan proses pelacakan yang dilakukan terhadap sejumlah paket yang dikirimkan. Dimana paket bisa dimonitoring keberadaannya oleh pengirim, hingga akhirnya paket tersebut bisa diterima dengan baik oleh si penerima. Pelacakan ini biasanya dengan metode cek resi pada paket yang tertera

Proses ini memang sengaja disediakan oleh pihak jasa pengiriman dan logistik, untuk membangun kepercayaan antara 2 pihak. Secara garis besar, lacak paket terdiri dari 2 jenis, yaitu:

Back to Content ↑

1. Cek Resi Sistem Real Time

Pelacakan paket untuk jenis yang pertama yaitu yang dilakukan dengan sistem cek resi real time. Sistem ini memberikan informasi kepada pengirim mengenai keberadaan paket, kondisi paket, dan yang lainnya, yang dilihat dari proses loading barang/paket dari kendaraan yang membawanya. Baik itu yang dilakukan dengan kendaraan darat, udara, maupun laut.

Dengan informasi yang diberikan oleh proses lacak paket dengan sistem ini. Pengirim maupun penerima akan mengetahui apakah proses pengiriman tersebut berhasil, atau gagal, atau mungkin ditangguhkan (pending) untuk sementara, karena kejadian tak terduga. Misalnya cuaca buruk, banjir, dan semacamnya.

Back to Content ↑

2. Lacak Paket Dengan Sistem Live Tracking

Berbeda dengan pelacakan paket dengan sistem real time, dimana paket akan dilacak melalui proses loading yang dilakukan oleh kendaraan yang mengangkut/membawanya. Maka pelacakan paket dengan sistem live tracking ini, dilakukan dengan melacak posisi kurir yang mengantar paket tersebut.

Informasi mengenai pelacakan paket dengan sistem ini berupa peta yang yang menampilkan pergerakan dari kurir yang membawa paket tersebut, peta ini bisa didapatkan dengan pengecekan resi. Baik itu pergerakan kurir yang dimulai dari tempat logistik, dalam perjalanan, hingga posisi saat kurir tengah berada di tempat penerima, untuk memberikan paket yang dikirimkan tersebut.

Back to Content ↑

Manfaat Melakukan Lacak Paket

Bisa dibilang, proses lacak paket, secara tidak langsung bisa memberikan sejumlah manfaat. Baik itu kepada si pengirim paket, penerima paket, bahkan kepada pihak pengiriman/logistik itu sendiri. beberapa manfaat tersebut, diantaranya:

Back to Content ↑

1. Manfaat Yang Bisa Dirasakan Pengirim

Sebagai pengirim paket, mungkin Anda akan merasa cemas terhadap barang/paket yang dikirimkan. Khususnya mengenai kemungkinan paket tersebut tidak sampai ke tangan penerima, kekhawatiran paket akan terlambat ke tempat yang dituju, dan yang lainnya.

Maka dari itu, proses pelacakan paket dengan cek resi bisa menjadi solusi yang tepat untuk mengatasi hal itu. Bukan itu saja, proses ini juga secara tidak langsung bisa memberikan sejumlah manfaat, diantaranya:

  • Bisa mengetahui keberadaan dan posisi paket
  • Bisa mengetahui mengenai kondisi paket
  • Sebagai acuan dan prediksi mengenai berapa lama waktu yang dibutuhkan agar paket tersebut, bisa sampai ke tangan penerima
  • Membangun kepercayaan kepada jasa pengiriman. Terutama jika paket yang dikirimkan, bisa diterima di tangan konsumen, bisa lebih cepat dari tanggal estimasi yang telah ditetapkan sebelumnya.

Back to Content ↑

2. Manfaat Untuk Penerima

Sebagai penerima, Anda juga bisa melakukan lacak paket. Hal ini dimaksudkan, agar Anda, sebagai penerima merasa yakin, bahwa paket tersebut memang telah dikirimkan pada Anda. Dalam arti, pengirim benar-benar mengirimkan paket yang Anda inginkan.

Beberapa manfaat pelacakan paket yang bisa dirasakan oleh penerima, diantaranya:

  • Bisa mengetahui bahwa pengirim benar-benar telah mengirimkan paket yang Anda inginkan
  • Bisa mencari tahu, kapan sebenarnya paket Anda tersebut dikirimkan
  • Mengetahui keberadaan paket
  • Mengetahui kapan Anda bisa menerima paket yang dikirimkan oleh si pengirim tersebut

Back to Content ↑

3. Manfaat Untuk Jasa Pengirim/Logistik

Selain memberikan manfaat bagi pengirim dan penerima, adanya layanan sistem lacak paket juga, secara tidak langsung bisa memberikan manfaat bagi jasa pengiriman/logistik itu sendiri. Beberapa manfaat tersebut, diantaranya:

  • Jasa pengiriman bisa menetapkan estimasi waktu pengiriman hingga kapan paket bisa diterima oleh pelanggan
  • Bisa mengetahui setiap pergerakan kurir, hingga keberadaan paket
  • Bisa mengetahui kondisi paket di lapangan, dan faktor apa saja yang mungkin bisa mempengaruhi keterlambatan pengiriman paket
  • Sebagai acuan untuk menentukan strategi perusahaan. bilamana paket yang diacak tersebut, ternyata menemui kendala di lapangan
  • Bisa meningkatkan reputasi perusahaan, sebagai jasa pengiriman/logistik terbaik

Back to Content ↑

Syarat-Syarat Untuk Melakukan Lacak Paket

Sebagai pengirim, pastinya Anda sudah bisa melakukan pelacakan paket. Namun ternyata tidak seperti itu. Mengapa demikian? Karena untuk melakukan proses pelacakan paket ini, Anda terlebih dahulu harus melengkapi sejumlah persyaratan, seperti:

Back to Content ↑

1. Memiliki Nomor untuk Cek Resi

Pelacakan paket tidak bisa berjalan, jika memang Anda tidak memiliki resi, sekaligus nomor resi. Meskipun ada beberapa jasa pengiriman yang menerima layanan lacak paket tanpa menggunakan nomor resi. Namun hal ini akan memakan waktu yang lumayan lama, dibandingkan dengan melakukan pelacakan dengan nomor resi.

Karena alasan itu pula, mengapa nomor resi dijadikan syarat utama untuk melakukan pelacakan terhadap sejumlah paket yang dikirimkan. Begitu pentingnya, cek resi dan nomor resi ini, sehingga Anda bisa mengajukan klaim/keluhan, bilamana jasa pengiriman yang Anda pilih untuk mengirimkan paket Anda, terbukti tidak menerbitkan/memberikan resi pada Anda.

Back to Content ↑

2. Mengetahui Kemana Anda Harus Melakukan Pelacakan Paket

Untuk melakukan pelacakan paket secara tradisional/konvensional, Anda memang bisa melakukannya dengan mengunjungi kantor jasa pengiriman itu sendiri. namun karena sekarang ini, hampir semua transaksi dilakukan secara online. Termasuk dalam transaksi pengiriman dan juga pelacakan paket ini.

Maka cara terbaik untuk melakukan pelacakan paket ini dengan menggunakan aplikasi ataupun situs resmi dari jasa logistik tersebut dengan metode cek resi. Maka dari itu, syarat yang harus Anda penuhi untuk melakukan pelacakan paket ini yaitu dengan mengetahui kemana Anda harus melakukan pelacakan paket. Baik itu mengenai kantor jasa pengiriman, hingga aplikasi dan laman situs dari jasa pengiriman tersebut.

Misalnya untuk situs resmi dari Shipper.id, Anda bisa mengunjungi laman https://shipper.id/tracking, untuk melakukan pelacakan paket hingga transaksi pengiriman lainnya. Dan uniknya, dengan melakukan pelacakan paket dengan Shipper.id, Anda bisa melakukan pelacakan paket dengan 10 nomor resi sekaligus. Cukup efisien, bukan?

Back to Content ↑

3. Mengetahui Nama Dan Alamat Penerima

Syarat ini memang tidak begitu diutamakan. Hanya saja, jika Anda ingin melakukan pelacakan paket tanpa disertai resi. Salah satu caranya yaitu dengan menyebutkan informasi secara detail. Misalnya tentang isi paket, kapasitas/volume, hingga nama penerima dan juga pengirim. Maka dari itu, mengetahui nama dan alamat penerima ini bisa dijadikan sebagai syarat untuk melakukan pelacakan paket.

Back to Content ↑

Nah, itu dia penjelasan mengenai lacak paket yang perlu Anda ketahui. Jadi, siapa bilang, pelacakan paket ini hanya menguntungkan pihak pengirim saja. Karena sebagai pihak penerima, maupun sebagai jasa pengiriman/logistik yang bertanggung jawab dalam proses pengiriman pun, Anda dituntut untuk selalu melakukan pelacakan terhadap sejumlah paket yang dikirimkan tersebut. Terima Kasih dan Semoga Bermanfaat!