Skip to main content

iPhone Mati Total dan Tidak Bisa di Charge? Ini Solusinya!

iPhone Mati Total dan Tidak Bisa di Charge? Ini Solusinya!
iPhone Mati Total dan Tidak Bisa Dicharge? Ini Solusinya!

iPhone Mati Total dan Tidak Bisa di Charge? Ini Solusinya!

Meskipun dibanderol dengan harga mahal, bukan berarti iPhone bebas masalah. Seperti halnya Android, iPhone juga bisa mengalami berbagai macam gangguan, salah satunya adalah iPhone mati total dan tidak bisa dicharge. Jika Anda mengalami hal ini, apa yang harus dilakukan?

Tidak perlu cemas berlebihan. Kondisi ini bisa disebabkan oleh berbagai hal, seperti kerusakan komponen, terkena air, hingga baterai bocor. Jangan lewatkan Tutorial iOS / iPhone OS Lengkap berikut ini yang akan mengulas secara detail mengenai permasalahan iPhone mati total dan tidak bisa menyala.

TOC / Daftar Isi

5 Penyebab iPhone Mati Total

Sebelum membahas lebih jauh mengenai cara mengatasi iPhone mati dan tidak mau menyala ketika dihubungkan ke charger, ada baiknya jika Anda mengetahui penyebab kondisi ini. Dengan demikian Anda bisa memberikan penanganan yang tepat sasaran.

Back to Content ↑

Sebenarnya ada banyak sekali faktor yang menyebabkan iPhone mati total, antara lain:

1. Terjatuh atau Terbanting

Menjatuhkan ponsel adalah kesalahan fatal. Dalam banyak kasus, benturan dengan benda keras seperti lantai atau aspal bisa menyebabkan kerusakan pada salah satu atau beberapa komponen. Jika ini terjadi, wajar jika ponsel mati total dan tidak bisa dinyalakan.

Back to Content ↑

2. Baterai Bocor

Baterai bocor menjadi salah satu penyebab iPhone mati sendiri. Baterai yang sudah rusak tidak lagi bisa menampung daya secara maksimal sehingga menyebabkan masalah, termasuk mati sendiri. Jika tidak segera diatasi, bukan tidak mungkin kerusakan akan merambat ke komponen lain.

Back to Content ↑

3. Terkena Air

Selain terjatuh, air juga bisa menyebabkan kerusakan fatal pada komponen iPhone terutama jika perangkat Anda tidak didukung oleh fitur tahan air. Komponen yang rusak akibat terkena air bisa menjadi pemicu masalah iPhone mati total dan tidak menyala saat dicharge.

Back to Content ↑

4. Charger Rusak

Tidak hanya faktor ponsel, charger juga bisa menjadi penyebab iPhone tidak menyala saat di charge. Saat pengisi daya mengalami kerusakan, otomatis tidak ada arus yang dialirkan ke ponsel. Ini berarti charger tidak bisa digunakan untuk mengisi daya sehingga iPhone tidak merespon atau menyala.

Back to Content ↑

5. LCD Rusak

Penyebab lain dari iPhone mati total dan tidak menyala saat dicharge adalah kerusakan LCD. Jika LCD sudah rusak, maka perangkat tidak bisa menampilkan apapun. Karena yang Anda lihat hanya permukaan berwarna hitam, maka dianggap ponsel mati total dan tidak menyala saat dicharge.

Setelah mengetahui penyebab ponsel mati, Anda bisa melakukan tindakan yang tepat untuk mengatasi masalah tersebut. Misalnya jika ponsel mengalami kerusakan hardware, silahkan datangi service center terdekat. Temukan alamat service iPhone di Indonesia untuk mengetahui lokasi terdekat.

Back to Content ↑

4 Cara Mengatasi iPhone Mati dan Tidak Bisa Dicharge

Anda mungkin panik dan cemas ketika menemukan iPhone dalam keadaan mati dan tidak bisa dicharge. Ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan sebagai tindakan pertama. Kendati tidak ada jaminan bahwa berbagai cara tersebut pasti berhasil, tidak ada salahnya untuk mencoba.

Back to Content ↑

Berikut ini cara mengatasi iPhone mati total dan tidak bisa dicharge:

1. Cek Charger

Pertama, Anda harus memastikan apakah charger mengalami kerusakan atau tidak. Caranya adalah dengan menggunakan pengisi daya pada perangkat iPhone lain yang masih normal. Jika berhasil mengisi daya, maka masalah bukan terletak pada charger melainkan perangkat iPhone.

Sebaliknya jika pengisi daya tidak bekerja, bisa dipastikan hal inilah yang menyebabkan iPhone tidak bisa dicharge ketika mati total. Coba ganti dengan charger lain dan lihat apakah ada perubahan.

Back to Content ↑

2. Charge Lebih Lama

iPhone mati total kemungkinan disebabkan oleh baterai yang kosong. iPhone mungkin tidak menyala setelah beberapa menit terhubung dengan charger. Tapi cobalah untuk menghubungkan ponsel dan charger lebih lama agar baterai terisi daya terlebih dahulu.

Back to Content ↑

3. Reset Pabrik

Meskipun ponsel dalam keadaan mati total, Anda tetap dapat melakukan reset pabrik melalui iTunes. Aplikasi ini bisa mendeteksi perangkat iPhone meskipun mati total, hang, atau crash. Cara ini cukup efektif untuk mengatasi berbagai masalah di ponsel, termasuk mati total.

Untuk mereset ke setelan pabrik, sambungkan perangkat ke komputer kemudian buka iTunes. Lakukan reset pabrik melalui iTunes kemudian masuk ke mode pemulihan. Update software iPhone dan periksa apakah ponsel masih tetap mati total.

Back to Content ↑

4. Hubungi Service Center

Opsi terakhir untuk mengatasi iPhone yang mati total adalah dengan menghubungi service center. Apalagi jika ponsel baru saja terbentur, terjatuh, atau terkena air, ada baiknya Anda segera mendatangi service center agar perangkat dapat segera ditangani.

Teknisi di service resmi Apple akan memberitahukan masalah pada iPhone Anda. Jika terjadi kerusakan hardware, maka teknisi akan melakukan penggantian hardware untuk mengatasi masalah tersebut. Biaya yang dikeluarkan bervariasi tergantung komponen yang mengalami kerusakan.

Back to Content ↑

iPhone mati total dan tidak bisa dicharge disebabkan oleh berbagai faktor. Solusi dari permasalahan ini bervariasi tergantung penyebab kondisi tersebut. Untuk mengatasi iPhone yang mati total, cari tahu terlebih dahulu penyebabnya sehingga Anda bisa mendapatkan solusi yang tepat. Terima Kasih dan Semoga Bermanfaat!