Skip to main content

Penyebab iPhone Mati Sendiri dan Sering Restart

Penyebab iPhone Mati Sendiri dan Sering Restart
Penyebab iPhone Mati Sendiri dan Sering Restart

Penyebab iPhone Mati Sendiri dan Sering Restart

Pasti menyebalkan jika Anda sedang asyik bermain iPhone namun tiba-tiba perangkat tersebut mati atau restart sendiri. Bahkan terkadang ponsel mati secara total dan tidak bisa dihidupkan kembali hingga beberapa saat. Apa sebenarnya penyebab iPhone mati sendiri?

Bukan melulu soal kerusakan hardware, ternyata ada beberapa hal yang bisa menyebabkan iPhone sering restart atau mati sendiri. Simak Tutorial iOS / iPhone OS Lengkap berikut untuk mengungkap alasan mengapa smartphone keluaran Apple sering mengalami masalah ini.

TOC / Daftar Isi

5 Alasan iPhone Mati Sendiri

Dalam banyak kasus, iPhone yang sering mati sendiri atau restart merupakan ponsel keluaran lawas. Kendati demikian, tidak menutup kemungkinan hal ini juga dialami oleh iPhone seri terbaru.

Back to Content ↑

Berikut ini beberapa alasan mengapa iPhone mati sendiri secara mendadak dan cara mudah mengatasinya.

1. Kerusakan Hardware

Alasan paling umum mengapa iPhone mati sendiri adalah karena adanya kerusakan pada perangkat keras atau hardware. Penyebab yang satu ini biasa terjadi pada iPhone seri lama. Karena penggunaan yang cukup lama, perangkat keras mungkin usang dan mengalami kerusakan.

Untuk memastikan bahwa penyebab ponsel mati mendadak adalah karena kerusakan hardware, ada baiknya jika Anda membawanya ke service center. Cari tahu alamat service iPhone di Indonesia yang paling mudah dijangkau sehingga masalah Anda bisa diatasi dengan segera.

Jika diketahui ponsel sering mati atau restart sendiri karena adanya kerusakan hardware, maka service center akan mengganti perangkat yang rusak tersebut. Dengan begitu ponsel bisa kembali seperti semula. Biaya penggantian cukup bervariasi tergantung kerusakan yang dialami oleh perangkat.

Agar data tidak hilang selama proses service, ada baiknya Anda mencadangkan data dan file penting dari iPhone. Pasalnya teknisi tidak bertanggung jawab jika ada kehilangan data setelah perbaikan.

Back to Content ↑

2. Konflik pada Aplikasi

iPhone mendadak mati atau restart sendiri juga bisa disebabkan oleh konflik pada aplikasi. Tidak semua aplikasi bisa berjalan dengan baik ketika dipasang di iPhone. Sayangnya ada beberapa aplikasi yang justru menimbulkan crash atau konflik sehingga menyebabkan masalah pada perangkat.

Jika iPhone Anda tergolong keluaran baru namun sering mengalami mati mendadak, bisa jadi hal ini disebabkan oleh adanya konflik pada aplikasi. Untuk mengetahuinya secara pasti, Anda bisa menghapus beberapa aplikasi yang diduga menyebabkan masalah tersebut.

Namun jika Anda sama sekali tidak bisa menentukan aplikasi pemicu konflik, disarankan untuk menghapus semua aplikasi pihak ketiga sehingga iPhone kembali seperti baru. Pasang kembali aplikasi satu per satu dan lihat efek yang muncul setelah pemasangan masing-masing aplikasi.

Back to Content ↑

3. Masalah iOS

Penyebab iPhone mati sendiri yang berikutnya adalah masalah iOS. Sistem operasi iOS terkadang bisa membuat perangkat restart atau mati sendiri secara mendadak. Masalah pada sistem operasi cukup beragam, seperti bung crash loop atau eror karena hal lainnya.

Apabila Anda menduga masalah pada iOS menjadi penyebab utama ponsel mati sendiri, ada beberapa hal yang bisa dilakukan. Cobalah untuk memperbarui iOS dengan versi terbaru. Anda juga bisa melakukan factory reset untuk mengembalikan perangkat seperti baru.

Namun pada beberapa kasus, masalah iOS tidak bisa diselesaikan sendiri. Jika demikian, ada baiknya Anda menghubungi service center Apple terdekat. Pihak service center akan membantu Anda mengatasi permasalahan sistem operasi sehingga iPhone bisa kembali seperti semula.

Back to Content ↑

4. Jailbreak

Anda mungkin tergoda untuk mengeksplorasi iPhone lebih jauh sehingga memutuskan untuk melakukan jailbreak. Meskipun terasa menyenangkan, tindakan ini sangat rawan memicu masalah pada perangkat. Pasalnya jailbreak membuka seluruh proteksi yang secara default dibawa oleh iPhone.

Jika Anda menggunakan iPhone jailbreak dan ponsel sering mati sendiri, ada kemungkinan masalah tersebut disebabkan oleh jailbreak itu sendiri. Ingat bahwa ponsel yang telah di jailbreak menjadi lebih mudah disusupi oleh virus sehingga menyebabkan banyak masalah.

Solusi untuk mengatasinya, hapus jailbreak pada ponsel. Lakukan jailbreak iPhone untuk mengembalikan perangkat seperti semula. Jika iPhone masih mati sendiri setelah Anda melakukan jailbreak, masalah mungkin disebabkan oleh faktor lain.

Back to Content ↑

5. Kerusakan Baterai

Terakhir, kerusakan baterai juga bisa menjadi penyebab iPhone restart atau mati sendiri secara mendadak. Baterai bocor sering memicu ponsel yang mati mendadak bahkan di saat indikator baterai masih menunjukkan persentase yang cukup tinggi.

Jika Anda menduga baterai sebagai sumber masalah, ada baiknya untuk mengunjungi service center dan meminta penggantian baterai. Ketika iPhone sudah menggunakan baterai baru, maka masalah restart atau mati mendadak dapat teratasi dengan sendirinya.

Anda khawatir ponsel hilang sebelum mengganti baterai dengan yang baru? Jangan lupa untuk mempelajari cara melacak iPhone yang hilang dalam keadaan mati. Dengan begitu Anda tidak perlu terlalu panik jika perangkat hilang meskipun dalam keadaan tidak menyala.

Back to Content ↑

Jelas bahwa penyebab iPhone mati sendiri cukup beragam, mulai dari kerusakan hardware hingga masalah pada baterai. Jika Anda ragu untuk menentukan penyebab masalah, ada baiknya untuk segera menghubungi teknisi berpengalaman agar kondisi iPhone tidak semakin memburuk. Terima Kasih dan Semoga Bermanfaat!