Skip to main content

Cara Mengatasi Baterai iPhone Cepat Habis

Cara Mengatasi Baterai iPhone Cepat Habis
Cara Mengatasi Baterai iPhone Cepat Habis

Cara Mengatasi Baterai iPhone Cepat Habis

Baterai iPhone cepat habis memang menjengkelkan. Baru beberapa menit Anda mencabut ponsel dari charger, indikator baterai sudah banyak berkurang. Sayangnya masalah ini cukup banyak dialami oleh pengguna iPhone. Lantas, bagaimana cara mengatasi baterai iPhone cepat habis?

Jika sebagian orang mengatasi masalah ini dengan mengganti iPhone, ternyata ada cara lain yang jauh lebih praktis tanpa harus mengeluarkan biaya. Dalam Tutorial iOS / iPhone OS Lengkap akan dibahas mengenai cara mengatasi baterai iPhone yang boros. Jangan sampai kelewatan!

TOC / Daftar Isi

8 Tips Mengatasi Baterai iPhone Boros

Baterai iPhone yang boros bisa disebabkan oleh berbagai faktor, seperti aktivitas yang terlalu tinggi hingga jumlah aplikasi yang terlalu banyak. Jika Anda mempunyai masalah dengan baterai iPhone cepat habis, lakukan hal-hal berikut ini untuk mengatasinya.

Back to Content ↑

1. Kurangi Widget pada Lock Screen

Salah satu faktor yang bisa menyebabkan baterai iPhone lebih cepat terkuras adalah banyaknya jumlah widget di layar kunci. Widget dapat diartikan sebagai jalan pintas untuk mengakses aplikasi tertentu, seperti cuaca, tanggal, dan lain sebagainya.

Apabila Anda menduga widget sebagai sebagai penyebab borosnya baterai iPhone, kurangi widget pada lock screen dan lihat apakah ada perubahan terhadap daya tahan baterai. Untuk menghilangkan widget, cukup ketuk dan tahan lalu tap lingkaran merah di samping widget.

Back to Content ↑

2. Mematikan Aplikasi Background

Anda mungkin tidak sadar sudah membuka belasan bahkan puluhan aplikasi dan membiarkannya berjalan di belakang layar. Faktanya, aplikasi yang ada di background akan menguras daya sehingga membuat baterai boros dan lebih cepat habis.

Mematikan aplikasi background yang tidak Anda gunakan. Dengan cara ini, ponsel tidak dipaksa untuk bekerja lebih keras sehingga daya yang digunakan juga tidak terlalu besar. Namun pastikan Anda tidak mematikan aplikasi yang sering diakses karena hal ini justru akan membuat baterai lebih boros.

Back to Content ↑

3. Menyalakan Low Power Mode

Cara menghemat baterai iPhone yang cukup sering dilakukan adalah dengan menyalakan mode Low Power. Fitur yang satu ini berfungsi untuk menekan performa ponsel sehingga konsumsi baterai akan berkurang. Dengan begitu, iPhone bisa bertahan lebih sama sampai Anda bisa kembali mengisi daya.

Untuk mengaktifkan fitur Low Power Mode, Anda bisa masuk ke menu Settings kemudian pilih Battery. Pada slider Low Power Mode, geser tombol ke arah kanan. Dalam mode ini, beberapa perubahan akan terjadi seperti tingkat kecerahan yang berkurang.

Back to Content ↑

4. Pindah Jaringan

Semakin cepat jaringan yang Anda gunakan, semakin boros pula baterai iPhone. Apalagi jika ponsel kesulitan untuk menemukan sinyal. Jika Anda merasa baterai iPhone cepat habis, tidak ada salahnya berpindah dari jaringan 4G LTE ke 3G atau bahkan 2G.

Cara mengatasi baterai iPhone cepat habis ini memang belum diketahui oleh banyak orang. Namun, metode ini cukup efektif untuk mengurangi konsumsi baterai. Untuk mengganti jaringan, buka menu Settings, lalu pilih Cellular. Ketuk Cellular Data Options kemudian pilih 3G atau 2G.

Back to Content ↑

5. Aktifkan Reduce Motion

iPhone dilengkapi dengan fitur animasi yang sangat menarik. Dengan fitur ini, Anda bisa menikmati efek animasi ketika menggunakan aplikasi tertentu. Sayangnya fitur ini cukup menguras banyak daya sehingga membuat iPhone boros baterai.

Karena alasan ini, menonaktifkan fitur Reduce Motion bisa jadi langkah tepat untuk mengatasi baterai cepat habis. Caranya cukup mudah, akses menu Settings kemudian pilih General. Ketuk Accessibility lalu geser ke kanan pada opsi Reduce Motion.

Back to Content ↑

6. Meletakkan Layar di Sisi Bawah

Fitur deteksi facedown merupakan salah satu fitur menarik yang membuat tampilan tidak menyala ketika layar berada di sisi bawah. Jika Anda tidak ingin menonaktifkan notifikasi aplikasi, memanfaatkan fitur facedown bisa jadi pilihan tepat.

Dengan meletakkan ponsel secara terbalik, layar tidak akan menyala meskipun notifikasi bermunculan. Cara ini terbukti efektif untuk mengurangi konsumsi baterai karena layar tidak mati – nyala secara berulang-ulang. Selain itu, Anda juga tidak akan tergoda untuk membuka notifikasi yang muncul.

Back to Content ↑

7. Menonaktifkan Auto Brightness

Menonaktifkan fitur Auto Brightness bisa jadi salah satu cara menghemat baterai iPhone 5s yang layak dicoba. Karena fitur ini membuat layar menyesuaikan kecerahan secara otomatis, hal ini membuat daya yang digunakan oleh ponsel semakin besar.

Cara menonaktifkan fitur Auto Brightness cukup sederhana. Melalui menu Settings, pilih General kemudian ketuk Accessibility. Pilih Display Accommodation kemudian geser ke kiri pada opsi Auto-Brightness. Fitur ini akan dimatikan sehingga kecerahan layar tidak akan berubah secara otomatis.

Back to Content ↑

8. Hapus Aplikasi Boros Baterai

iPhone boros baterai bisa jadi disebabkan oleh aplikasi. Untuk mengetahui aplikasi yang boros baterai, kunjungi Settings lalu pilih Battery. Semakin besar daya yang digunakan, maka aplikasi tersebut akan berada di urutan atas. Hapus aplikasi jika jarang digunakan.

Back to Content ↑

Dengan mengetahui cara mengatasi baterai iPhone cepat habis, Anda tidak perlu risau dengan masalah yang satu ini. Dijamin baterai akan lebih awet setelah melakukan beberapa tips di atas. Terima Kasih dan Semoga Bermanfaat!