Skip to main content

11 Tips Membeli Tiket Pesawat dengan Harga Murah

11 Tips Membeli Tiket Pesawat dengan Harga Murah
11 Tips Membeli Tiket Pesawat dengan Harga Murah

11 Tips Membeli Tiket Pesawat dengan Harga Murah

Setiap maskapai penerbangan memiliki batasan tarif untuk harga atas dan juga harga bawah. Tarif tersebut sudah sesuai dengan peraturan dari pemerintah pusat. Saat harga tiket pesawat sedang melambung tinggi seperti saat ini, karena cukup banyak orang yang sudah jenuh akibat pandemi ini. Sehingga, tingkat beli masyarakat terhadap tiket pesawat untuk liburan menanjak drastis. Namun, ada beberapa tips untuk membeli tiket pesawat dengan harga murah.

TOC / Daftar Isi

BACA JUGA: 5 Aplikasi Tiket Pesawat Terbaik Saat Ini

11 Tips Membeli Tiket Pesawat Harga Termurah

Punya budget terbatas untuk liburan? Tenang, ada 11 tips membeli tiket pesawat dengan harga termurah. Agar Anda tidak pusing kehabisan uang setelah pulang dari liburan. Yuk, simak tipsnya berikut ini.

Back to Content ↑

1. Perhatikan Waktu Pemesanan

Pada pukul 23.00 WIB atau 11 malam adalah waktu ketika sistem seat control maskapai sedang aktif. Sistem seat control merupakan proses pembatalan pesanan tiket customer yang sudah booking tiket pesawat, namun belum membayar. Nah, biasanya pada momen seperti ini, harga tiket pesawat akan lebih murah. Oleh karena itu, jika Anda ingin mendapatkan tiket dengan harga murah, cobalah memesannya pada pukul 23.00 WIB.

Back to Content ↑

2. Memesan Tiket Jauh dari High Season

Tips membeli tiket bepergian harga murah yang kedua, yaitu memesan tiket jauh dari masa liburan. Karena, masa liburan atau high season merupakan waktu dimana harga tiket pesawat sedang melambung tinggi. Jika Anda ingin pergi liburan pada musim liburan, sebaiknya membeli tiket pesawat jauh sebelum hari H. Agar mendapatkan harga tiket yang normal dan jauh lebih murah daripada membeli tiket saat hari keberangkatan.

Back to Content ↑

3. Menggunakan Incognito Window

Incognito window atau jendela pencarian rahasia merupakan sebuah sebuah teknik pencarian tiket. Yaitu dengan menggunakan mode penyamaran, history, dan cache yang telah Anda hapus. Anda dapat melakukan teknik ini melalui browser Chrome atau Opera. Biasanya dengan menggunakan teknik incognito window, Anda akan mendapatkan harga tiket pesawat yang lebih murah. Namun, Anda harus teliti saat mengkalkulasikan harga tiket pesawat yang ditawarkan.

Back to Content ↑

4. Menggunakan Aplikasi Pembanding Harga

Tips membeli tiket bepergian selanjutnya adalah menggunakan aplikasi pembanding harga untuk tiket pesawat. Cukup banyak situs website atau aplikasi yang mampu untuk membandingkan harga tiket pesawat yang terjual pada berbagai travel. Anda bisa menggunakan aplikasi tersebut untuk mendapatkan harga tiket pesawat termurah dari semua agen tiket pesawat.

Back to Content ↑

5. Hari Terbaik untuk Bepergian dan Memesan Tiket

Berdasarkan hasil penelitian di Eropa dan Amerika Serikat, hari Minggu merupakan waktu terbaik untuk Anda melakukan pemesanan tiket. Selisih harga yang bisa Anda dapatkan ketika memesan tiket pesawat pada hari Minggu adalah sekitar 10 sampai 30 persen. Jika Anda bandingkan dengan harga pemesanan tiken pada hari lainnya. Dan waktu terbaik untuk bepergian liburan adalah hari Rabu atau Selasa. Karena pada hari-hari tersebut harga tiket pesawat umumnya lebih murah dari hari lainnya.

Back to Content ↑

6. Menjadi Anggota Milis Maskapai

Untuk mendapatkan harga tiket pesawat yang murah, Anda bisa menggunakan tips membeli tiket bepergian yang satu ini. Tipsnya adalah dengan menjadi seorang anggota milis maskapai penerbangan. Karena dengan menjadi seorang anggota, Anda bisa menukarkan point dari keanggotan milis tersebut dengan sebuah tiket pesawat gratis. Selain itu, Anda juga akan sering mendapatkan informasi promo dan juga harga tiket pesawat murah.

Back to Content ↑

7. Pilih Penerbangan Transit

Penerbangan transit memang memakan banyak waktu. Tetapi, kalau Anda tidak sedang buru-buru dan mempunyai cukup banyak waktu, bisa mencobanya untuk mendapatkan harga tiket yang lebih murah. Karena jenis penerbangan ini biasanya akan mencari penumpang untuk mengisi bangku pesawat yang kosong. Dan biasanya juga harga yang ditawarkan akan lebih murah dari harga normal. Anda bisa memanfaatkan kesempatan tersebut untuk membeli tiket pesawat yang murah.

Back to Content ↑

8. Menggunakan Lebih dari Satu Alat Transportasi

Tips membeli tiket bepergian yang satu ini lumayan merepotkan dan membuang banyak waktu Anda. Namun, cukup efektif untuk mendapatkan harga tiket pesawat yang lebih murah. Karena biasanya, harga tiket dari kota A menuju kota C lebih mahal. Jika dibandingkan harga tiket pesawat dari kota B ke kota C. Oleh karena itu, lebih baik Anda menggunakan transportasi lain seperti kereta api atau bus untuk menuju kota B terlebih dahulu. Setelah itu, Anda ke bandara untuk menuju kota C menggunakan pesawat.

Back to Content ↑

9. Membeli Tiket pada Agen Perjalanan Konvensional

Hingga saat ini, beberapa agen perjalanan konvensional masih banyak yang beroperasi. Biasanya mereka menawarkan harga khusus atau promo tiket pesawat murah. Harga tersebut merupakan hasil perjanjian kerja sama dengan beberapa perusahaan maskapai penerbangan. Anda bisa mencoba untuk mengunjungi kantor agen perjalanan konvensional terdekat untuk menanyakan harga tiket pesawat yang tersedia. Jika Anda sedang beruntung, maka akan mendapatkan promo tiket pesawat dengan harga spesial khususnya pada momen tertentu seperti promo ramadhan dan hari besar lainnya.

Back to Content ↑

10. Mencari Promo Bank

Beberapa bank di Indonesia sering melakukan perjanjian kerja sama dengan beberapa maskapai penerbangan. Anda bisa menggunakan tips ini untuk membeli tiket bepergian, yaitu dengan mencari promo-promo pada bank khusus tiket pesawat. Biasanya bank memberikan promo harga menarik untuk harga tiket pesawat, jika Anda menggunakan kartu kredit dari bank tersebut saat transaksi. Mungkin Anda bisa membuat kartu kredit terlebih dahulu, agar mendapatkan banyak promo harga tiket pesawat.

Back to Content ↑

11. Menggunakan Promo Agen Tiket Online

Tips yang satu ini pasti sangat sering Anda gunakan, biasanya pada hari-hari besar keagamaan khususnya pada momen Ramadhan. Sebagian agen tiket pesawat online akan menawarkan banyak sekali promo tiket pesawat murah. Terutama Traveloka, setiap tahunnya akan selalu ada promo-promo menarik. Mulai dari harga tiket pesawat murah, diskon untuk biaya penginapan, hingga diskon makanan.

Cara mendapatkan promonya pun sangat mudah. Anda hanya perlu untuk mengunjungi Website Traveloka atau menginstall Aplikasinya pada smartphone Anda. Temukan berbagai promo ramadhan menarik untuk menikmati momen liburan saat Ramadhan dan Lebaran Idul Fitri 2021. Metode pembayarannya juga cukup flexible, karena Traveloka menyediakan berbagai pilihan metode pembayaran. Mulai dari transfer bank, kartu kredit, e-money dan lain-lain.

Back to Content ↑

Baik, itulah tadi 11 tips membeli tiket pesawat dengan harga yang lebih murah. Karena harga tiket yang murah merupakan suatu keuntungan bagi setiap pengguna jasa transportasi. Apalagi saat harga tiket pesawat sedang naik seperti saat ini. Namun, kebutuhan akan waktu liburan membuat sebagian besar orang menjadi dilema.

Oleh karena itu, Anda harus mempraktekan beberapa tips di atas, agar mendapatkan harga tiket yang murah. Anda dan orang-orang terdekat masih bisa liburan dengan harga tiket yang terjangkau dan tidak membuat kantong bolong. Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat membantu Anda. Selamat liburan untuk menikmati keindahan alam Indonesia. Sekian, Terima Kasih dan Semoga Bermanfaat!