Skip to main content

Cara Silent Camera iPhone tanpa Root

Cara Silent Camera iPhone tanpa Root

Cara Silent Camera iPhone tanpa Root

Anda terganggu dengan suara jepretan kamera setiap kali memotret dengan iPhone? Jangan cemas, kini Anda bisa mempelajari cara silent camera iPhone dengan mudah. Dengan beberapa trik khusus, Anda bisa bebas memotret tanpa ketahuan oleh orang lain.

Demi alasan keamanan dan privasi, iPhone memang tidak menyediakan fitur khusus untuk mematikan suara kamera. Walaupun begitu, bukan berarti suara jepretan tidak bisa dimatikan. Simak pembahasan lengkap di bawah ini untuk mengetahui cara mematikan suara kamera iPhone!

5 Cara Mematikan Suara Kamera iPhone

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menghilangkan suara jepretan saat memotret menggunakan iPhone. Anda dapat memanfaatkan fitur assistive touch, menggunakan tombol silent, menggunakan aplikasi pihak ketiga, dan lain sebagainya.

1. Menggunakan Assistive Touch

Assistive touch merupakan salah satu fitur serbaguna yang dimiliki oleh iPhone. Fitur bantuan ini berfungsi menggantikan akses Home Button serta mode gesture sehingga pengguna bisa mendapatkan akses yang lebih mudah ke perangkat.

Untuk mematikan suara kamera menggunakan fitur assistive touch, lakukan langkah-langkah berikut:

  • Bukan menu Settings, lalu pilih General.
  • Pilih opsi Accessibility, kemudian ketuk Assistive Touch hingga berwarna hijau.
  • Ketuk pada menu Customize Top Level Menu.
  • Tambahkan menu baru pada assistive touch dengan mengetuk tombol +.
  • Dari daftar yang sudah tercantum, tambahkan perintah Mute.

Kini opsi Mute telah ditambahkan di assistive touch. Tekan opsi tersebut untuk mematikan suara pada kamera iPhone. Setelah mengetahui cara menghilangkan suara kamera, jangan lupa pelajari cara memindahkan foto ke iPhone.

2. Menggunakan Tombol Silent

Anda juga bisa memanfaatkan tombol silent untuk mematikan suara kamera. Ini merupakan cara paling mudah karena Anda tidak perlu mengubah pengaturan atau mengunduh apapun. Cukup gunakan tombol mute atau silent dari ponsel dan Anda tidak akan terganggu dengan suara jepretan kamera.

Berikut ini cara yang harus dilakukan:

  • Pada tombol pengaturan suara di sisi samping kiri iPhone, geser ke arah kiri untuk mengaktifkan mode silent.
  • Pastikan Anda melihat garis berwarna orange untuk memastikan ponsel sudah berada dalam mode silent.
  • Saat mengambil gambar menggunakan kamera, suara jepretan akan dimatikan secara otomatis.

Namun ini bukanlah cara permanen untuk mematikan suara kamera iPhone. Ketika Anda menggeser tombol tersebut ke arah berlawanan dan mematikan mode silent, suara kamera akan muncul kembali. Jadi sebelum mengambil gambar, pastikan Anda sudah menggeser tombol pengaturan suara.

3. Menggunakan Aplikasi Pemutar Musik

Cara silent camera iPhone yang satu ini memang terbilang unik tapi cukup efektif untuk menghilangkan suara kamera saat Anda mengambil gambar. Ketika aplikasi pemutar musik sedang berjalan, secara otomatis suara kamera akan hilang dengan sendirinya.

Ikuti petunjuk di bawah ini:

  • Buka aplikasi pemutar musik yang terpasang di iPhone, kemudian putar musik yang Anda inginkan.
  • Turunkan volume lagu sampai tidak terdengar sama sekali atau atur volume sesuai keinginan.
  • Ketika pemutar musik masih berjalan, buka fitur kamera kemudian ambil gambar. Suara kamera secara otomatis akan dimatikan ketika perangkat masih memutar lagu.

Sayangnya cara ini tidak berlaku untuk semua iPhone. Pastikan perangkat iPhone Anda menggunakan iOS 7 atau lebih tinggi.

Seperti halnya menggunakan tombol mute, cara ini juga tidak dapat menghilangkan suara kamera secara permanen. Jangan lupa untuk mematikan lagu atau mengatur ulang volume setelah mengambil gambar.

4. Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Selanjutnya, Anda bisa memanfaatkan aplikasi pihak ketiga untuk mematikan suara kamera. Ada beberapa aplikasi yang bisa digunakan, salah satunya adalah Silence Camera – Spy Camera. Aplikasi ini bisa menghilangkan suara kamera dengan cepat dan mudah.

Aplikasi lain yang dapat Anda gunakan adalah Observation Camera (silent). Aplikasi ini bisa membuat suara kamera menghilang saat mengambil gambar. Ikuti langkah berikut ini untuk menggunakan aplikasi Observation Camera (silent):

  • Download dan instal aplikasi di App Store.
  • Setelah terpasang, jalankan aplikasi. Tekan tombol Photographing Preparation.
  • Pada halaman selanjutnya, Anda akan melihat ikon kamera pada bagian tengah layar. Tekan icon kamera tersebut.
  • Anda dapat mengambil gambar melalui layar tersebut tanpa menimbulkan suara jepretan kamera.

Ketika menggunakan aplikasi ini, Anda dapat merekam video atau mengambil gambar melalui aplikasi. Namun jika Anda memutuskan untuk berpindah ke Android yang menawarkan fitur untuk mematikan suara kamera, jangan lupa pelajari cara pindahin contact iPhone ke Android.

5. Menggunakan Video

Cara terakhir untuk mengambil gambar tanpa suara di iPhone adalah dengan memanfaatkan fitur video. Tidak banyak yang mengetahui fitur ini sehingga belum banyak yang menggunakannya. Berikut ini langkah-langkah yang harus dilakukan:

  • Masuk ke aplikasi kamera, kemudian pilih video.
  • Mulai rekam video kemudian ambil gambar yang diinginkan dengan mengetuk tanda bulat di sudut kiri bawah layar.
  • Ketika mengambil gambar, Anda tidak akan terganggu dengan suara jepretan kamera.

Cara silent camera iPhone cukup beragam, jadi Anda bisa memilih cara yang paling mudah dan sesuai dengan type ponsel Anda. Selamat mencoba! Terima Kasih dan Semoga Bermanfaat!