Skip to main content

iPhone Tidak Bisa Update Aplikasi: Bagaimana Solusinya?

iPhone Tidak Bisa Update Aplikasi: Bagaimana Solusinya?

iPhone Tidak Bisa Update Aplikasi: Bagaimana Solusinya?

Terlepas dari harga yang terbilang mahal dan berbagai fitur menarik yang ditawarkan, ada berbagai masalah yang kerap dikeluhkan oleh pengguna iPhone. Salah satunya adalah iPhone tidak bisa update aplikasi. Mengapa hal ini bisa terjadi?

Aplikasi tidak bisa diperbarui dapat disebabkan oleh beberapa hal, seperti Apple ID yang tidak benar, fitur pembatasan yang diaktifkan, dan beberapa penyebab lainnya. Temukan solusi dari masalah tersebut di tutorial iOS iPhone lengkap berikut ini.

Cara Mengatasi iPhone Tidak Bisa Update Aplikasi

Solusi untuk mengatasi aplikasi iPhone yang tidak bisa diperbarui harus disesuaikan dengan penyebabnya. Seperti yang disebutkan sebelumnya, ada beberapa hal yang menyebabkan aplikasi tidak dapat diupdate seperti Apple ID yang tidak benar dan masalah pengaturan.

Berikut ini beberapa solusi untuk iPhone yang tidak bisa update aplikasi.

1. Gunakan Apple ID yang Benar

Penggunaan Apple ID yang tidak sesuai bisa menyebabkan beberapa masalah, salah satunya adalah aplikasi iPhone tidak dapat diupdate. Pasalnya Apple ID harus sesuai dengan ID yang digunakan ketika Anda mendownload aplikasi tersebut.

Untuk memastikan apakah Apple ID yang Anda gunakan sudah benar, ikuti langkah-langkah berikut ini:

  • Masuk ke aplikasi App Store menggunakan Apple ID dan password.
  • Ketuk menu Updates, kemudian pilih Purchased.
  • Periksa apakah aplikasi yang tidak bisa diperbarui berada dalam daftar. Jika Anda tidak menemukannya, kemungkinan aplikasi tersebut didownload menggunakan Apple ID lain.

Selain mengecek melalui iPhone, Anda juga bisa memeriksa aplikasi App Store melalui iTunes. Jika aplikasi ada dalam daftar namun tetap tidak dapat diupdate, Anda bisa mencoba solusi selanjutnya.

2. Nonaktifkan Pembatasan

Penyebab lain dari aplikasi iPhone tidak dapat diupdate adalah karena pembatasan berada dalam mode aktif. Fitur Pembatasan berfungsi untuk membatasi pengguna dari fitur atau konten tertentu, biasanya digunakan oleh orang tua untuk menjaga anak agar tidak mengakses hal-hal yang tidak layak.

Untuk mengetahui apakah fitur pembatasan aktif atau tidak, ikuti petunjuk berikut ini:

  • Kunjungi menu Settings, kemudian pilih General.
  • Ketuk opsi Restrictions, lalu masukkan password jika dibutuhkan.
  • Cek pada menu Installing Apps, lihat posisi slider. Apabila berwarna putih (off), berarti update aplikasi telah dinonaktifkan. Ketuk slider untuk mengaktifkannya sehingga berwarna hijau.

Setelah pembatasan dinonaktifkan, aplikasi sudah dapat diperbarui. Anda juga dapat mempelajari cara kunci aplikasi di iPhone agar aplikasi tidak dapat diakses oleh sembarang orang. Namun jika cara ini tidak berhasil, Anda mungkin perlu beralih ke cara selanjutnya.

3. Sign Out lalu Sign In ke Apple ID

Cobalah untuk keluar kemudian masuk kembali ke akun Apple ID. Terkadang cara ini berhasil untuk mengatasi iPhone tidak bisa update aplikasi. Cara ini sangat mudah, namun cukup efektif untuk membuat aplikasi dapat diperbarui kembali.

Berikut ini langkah yang harus dilakukan:

  • Masuk ke menu Settings, lalu pilih iTunes & App Store.
  • Ketuk opsi Apple ID, kemudian tekan Sign Out pada menu pop-up.
  • Pilih lagi menu Apple ID, lalu Sign In menggunakan Apple ID dan password.

Setelah sign in ke Apple ID, Anda bisa mencoba untuk mengupdate kembali aplikasi. Apabila tetap tidak bisa diperbarui, ikuti solusi selanjutnya di bawah ini.

4. Cek Penyimpanan

Salah satu penyebab aplikasi tidak dapat diperbarui adalah ruang penyimpanan yang tidak mencukupi. Untuk mengetahui apakah masalah ini menjadi penyebab iPhone tidak dapat update aplikasi, Anda harus memastikan ruang penyimpanan yang tersedia.

Ikuti petunjuk di bawah ini untuk mengetahui ruang penyimpanan pada ponsel Anda:

  • Kunjungi menu Settings, lalu pilih General.
  • Ketuk opsi About, selanjutnya lihat baris Available.
  • Anda akan melihat jumlah ruang kosong yang dimiliki oleh penyimpanan iPhone Anda.

Jika jumlah ruang penyimpanan tidak mencukupi untuk update aplikasi, Anda bisa menghapus beberapa data seperti aplikasi, foto, atau video yang tidak diperlukan.

5. Atur Tanggal dan Waktu

Meskipun terkesan sepele, pengaturan tanggal dan waktu bisa menimbulkan masalah pada iPhone, salah satunya adalah tidak bisa update aplikasi. Jika tanggal dan waktu tidak sesuai, otomatis ponsel Anda tidak bisa berkomunikasi dengan baik dengan server Apple, termasuk untuk pembaruan aplikasi.

Jika Anda menemukan tanggal dan waktu pada perangkat iPhone tidak sesuai, lakukan hal berikut ini:

  • Kunjungi Settings, kemudian ketuk General.
  • Pilih Date & Time. Agar waktu dan tanggal di set secara otomatis, ketuk slider hingga berwarna hijau.
  • Tanggal dan waktu pada ponsel akan menyesuaikan secara otomatis melalui jaringan internet.

Dengan mengatur waktu dan tanggal agar menyesuaikan secara otomatis, diharapkan iPhone Anda bisa kembali memperbarui aplikasi. Apabila belum berhasil, Anda bisa merestart ponsel untuk menyetel ulang agar semua bisa berfungsi kembali.

Tidak perlu cemas ketika Anda mendapati iPhone tidak bisa update aplikasi. Ada berbagai cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi hal tersebut. Lakukan metode di atas dan temukan cara yang paling efektif untuk ponsel Anda. Terima Kasih dan Semoga Bermanfaat!