Skip to main content

Cara Menyembunyikan Aplikasi di iPhone: Wajib Tahu!

Cara Menyembunyikan Aplikasi di iPhone: Wajib Tahu!

Cara Menyembunyikan Aplikasi di iPhone: Wajib Tahu!

Anda memiliki aplikasi yang bersifat rahasia di iPhone? Salah satu cara terbaik untuk melindungi aplikasi privasi tersebut dari tangan jahil adalah dengan menyembunyikannya. Beruntung, cara menyembunyikan aplikasi di iPhone terbilang cukup mudah.

Ketika Anda menyembunyikan sebuah aplikasi, aplikasi tersebut tidak akan muncul di home screen sehingga orang lain tidak akan mengetahui keberadaannya. Ada banyak sekali aplikasi pihak ketiga yang menawarkan fitur tersebut, namun Anda juga bisa melakukannya melalui fitur bawaan iPhone.

1. Dua Cara Menyembunyikan Aplikasi di Phone

Bagi Anda yang tidak ingin mengunduh aplikasi pihak ketiga, iPhone menawarkan dua cara mudah untuk menyembunyikan aplikasi. Cara tersebut antara lain dengan menggunakan fitur restrictions dan menggunakan passcode screen time. Temukan caranya di tutorial iOS iPhone lengkap ini.

1.1. Menggunakan Fitur Restrictions

Fitur restrictions adalah fitur bawaan iOS yang memungkinkan pengguna untuk membatasi aplikasi tertentu. Dengan kata lain, aplikasi hanya bisa diakses oleh pengguna menggunakan kata sandi yang telah dibuat sebelumnya.

Untuk memanfaatkan fitur restrictions dari iPhone, caranya sangat mudah. Ikuti langkah-langkah di bawah ini:

  • Kunjungi menu Settings, lalu pilih General.
  • Ketuk opsi Restrictions, kemudian pilih Enable Restrictions. Perangkat akan meminta Anda untuk memasukkan sebuah password.
  • Selanjutnya, pilih aplikasi yang ingin disembunyikan. Apabila aplikasi tersebut merupakan aplikasi pihak ketiga, scroll ke bawah kemudian pilih Allowed Content.
  • Pilih Apps, Anda akan menemukan daftar aplikasi berdasarkan rating atau usia, seperti 4+, 9+, hingga 17+. Pilih salah satu rating.
  • Jika Anda memilih 4+, maka seluruh aplikasi dengan rating tersebut akan disembunyikan.

Bagaimana cara mengetahui rating aplikasi pada iPhone? Anda hanya perlu membuka App Store kemudian temukan aplikasi yang ingin disembunyikan. Lihat informasi rating di bagian kanan atas, lalu pilih yang sesuai pada pengaturan restrictions.

Meskipun tidak bisa menyembunyikan aplikasi pihak ketiga secara spesifik, cara ini cukup efektif untuk menghindarkan aplikasi rahasia dari orang yang tidak Anda inginkan. Selanjutnya Anda juga bisa mempelajari cara untuk mengatasi iPhone tidak bisa update aplikasi.

1.2. Menggunakan Passcode Screen Time

Passcode Screen Time merupakan sebuah fitur yang hanya bisa ditemukan di iOS 13. Dengan kata lain, cara ini tidak berlaku untuk semua iOS melainkan iOS 13 saja. Dengan fitur ini, Anda bisa menyembunyikan aplikasi, termasuk durasi penggunaan aplikasi tertentu.

Cara menyembunyikan aplikasi di iPhone yang satu ini memang tidak semudah menggunakan fitur Restrictions. Meskipun demikian, Anda bisa merasakan manfaatnya yang begitu besar.

Sebelum menggunakan fitur ini, terlebih dahulu buat passcode screen time. Ikuti langkah berikut ini:

  • Buka menu Settings, pilih menu Screen Time.
  • Pada halaman Screen Time, ketuk menu Use Screen Time Passcode.
  • Selanjutnya, masukkan passcode Screen Time yang Anda inginkan. Pastikan passcode tersebut mudah diingat.
  • Masukkan password Apple ID Anda, lalu pilih OK.

Setelah berhasil membuat passcode, kini saatnya untuk menyembunyikan aplikasi yang diinginkan. Cara menyembunyikannya sangat mudah, Anda bisa menyimak langkah selengkapnya di bawah ini:

  • Kunjungi menu Settings, kemudian pilih Screen Time.
  • Ketuk pada menu Content & Privacy Restrictions.
  • Selanjutnya, masuk ke menu Content Restrictions, lalu pilih Apps.
  • Atur pembatasan aplikasi berdasarkan rating.

Untuk mengetahui rating aplikasi, Anda bisa mengecek terlebih dahulu di App Store. Seperti cara sebelumnya, cara ini membuat Anda kurang leluasa dalam menyembunyikan aplikasi karena berdasarkan rating.

Dengan kata lain, Anda tidak bisa menyembunyikan aplikasi satu per satu, melainkan seluruh aplikasi dengan tanda rating yang sama. Jika aplikasi yang ingin Anda sembunyikan tidak memiliki tanda rating serupa, maka sulit untuk menyembunyikan aplikasi tersebut.

2. Cara Menyembunyikan Pembelian Aplikasi dari App Store

Jika Anda gemar membeli aplikasi dari App Store namun tidak ingin ketahuan oleh keluarga atau pasangan, ada cara mudah untuk menyembunyikan pembelian aplikasi tersebut. Dengan cara ini, maka aplikasi tidak akan ditampilkan dalam daftar pembelian.

Meskipun disembunyikan, aplikasi tidak akan terhapus dari perangkat. Ikuti langkah-langkah berikut ini untuk menyembunyikan pembelian aplikasi.

  • Buka aplikasi App Store pada iPhone Anda.
  • Ketuk tombol akun dengan logo berbentuk manusia atau foto Anda pada bagian atas layar.
  • Pilih Dibeli. Apabila Anda menggunakan Keluarga Berbagi, pilih Pembelian Saya.
  • Cari aplikasi yang ingin disembunyikan dari daftar pembelian. Selanjutnya, geser aplikasi ke kiri kemudian pilih Sembunyikan.
  • Pilih Selesai.

Aplikasi berhasil disembunyikan dari daftar pembelian. Dengan demikian, pasangan atau keluarga tidak akan mengetahui jika Anda baru saja membeli aplikasi baru di App Store.

Perlu diingat bahwa aplikasi yang disembunyikan tidak akan ditampilkan di pembelian anggota keluarga. Aplikasi tersebut juga tidak dapat didownload ulang oleh anggota keluarga yang lain.

Lindungi privasi Anda dengan menyembunyikan aplikasi rahasia. Cara menyembunyikan aplikasi di iPhone sangat mudah, baik melalui menu Restrictions atau Passcode Screen Time. Untuk keamanan tambahan, Anda juga bisa mengunci aplikasi agar tidak mudah diakses oleh orang lain. Terima Kasih dan Semoga Bermanfaat!