Skip to main content

Mau UANG?? Kirim artikel yang berkaitan dengan niche Blog Daily Info DISINI. Artikel/tulisan yang disetujui akan dapat imbalan uang, atau dapat ditukar dengan pemberian Backlink Nofollow dari Kami.

×

Review Spesifikasi dan Harga Xiaomi Mi Watch Lite

Review Spesifikasi dan Harga Xiaomi Mi Watch Lite
Xiaomi Mi Watch Lite

Review Spesifikasi dan Harga Xiaomi Mi Watch Lite

Setelah merilis beragam smartband di Indonesia, akhirnya tahun 2020 lalu Xiaomi merilis smartwatch pertama, yang diberi nama Xiaomi Mi Watch Lite. Sasaran utama Xiaomi semenjak smartwatch ini rilis adalah untuk kalangan pemula dengan dana minim.

Tidak heran jika harga yang mereka tawarkan lumayan murah untuk sekelas smartwatch pada umumnya. Dimana untuk mendapatkannya, Anda cukup membayar Rp 899.000 saja. Meskipun begitu, beragam fitur disediakan di sini, sehingga pengguna tidak kecewa setelah membelinya.

TOC / Daftar Isi

BACA JUGA: 10 Smartwatch Xiaomi: Harga dan Kualitas Yang Recommended!

Review Xiaomi Mi Watch Lite

1. Dimensi

Ukuran Mi Watch Lite bisa dibilang lumayan mungil untuk pergelangan tangan. Bobotnya juga tidak terlalu berat karena hanya 35 gram saja, sehingga tidak memberatkan pengguna ketika menggunakan jam pintar ini. Kualitas bahan pada tali dan badan jam tidak memberi kesan yang premium.

Namun, tetap nyaman dan kuat selama digunakan. Jam juga tahan terhadap air karena memiliki rating 5 ATM, sehingga dapat digunakan untuk berenang. Bentuknya persegi panjang dengan bezel yang lumayan besar.

Tentu tidak heran jika smartwatch ini mirip seperti LG G Watch jika diperhatikan dengan seksama. Namun, Mi Watch Lite jauh lebih menarik karena ada lengkungan di sudut jam serta sisi layarnya. Di bagian sisinya, hanya ada satu tombol yang fungsinya untuk mengakses setiap menu yang dihadirkan.

Back to Content ↑

2. Body

Di bagian belakang, ada sensor detak jantung serta pin yang digunakan untuk mengecas jam tangan. Tali jam yang digunakan memakai tali jam khusus, sehingga tidak dapat di service dengan tali jam standar di pasaran.

Hal yang lumayan dikhawatirkan dari Xiaomi Mi Watch Lite adalah ketahanan terhadap benturan. Tidak memiliki bezel yang menjorok ke atas serta tidak ditanamkannya pelindung layar Gorilla Glass, membuat layar kaca jam lumayan rentan terbentur.

Mengingat bezel yang dimilikinya lumayan besar, tentunya layar dari Mi Watch Lite ini juga agak kecil. Ukuran layarnya hanya 1,4”, namun memiliki resolusi 320x320 piksel. Karena resolusi yang besar, tidak heran jika tampilan layar jam lumayan mulus ketika dipandang.

Back to Content ↑

3. Layar

Layarnya memakai teknologi TFT dengan hasil tampilan yang sangat baik di kelasnya. Saat siang hari, tampilan jam agak terlihat tapi jika dilihat agak miring akan sulit dilihat karena gelap. Secara bawaannya, jam ini hanya memiliki tampilan waktu singkat tapi dapat diperpanjang lewat menu setelah jam.

Satu hal yang banyak disayangkan dari jam ini adalah tidak adanya pilihan Always on Display, sehingga layar jam harus diaktifkan secara manual atau otomatis dengan gerakan tangan yang melihat ke jam.

Back to Content ↑

4. Performa

Dilihat dari performa yang dimilikinya, Mi Watch Lite memang kurang greget. Jamnya lumayan lamban ketika merespon sentuhan jari pengguna. Ada sedikit jeda antara sentuhan serta aksi yang dilakukan oleh jam. Contohnya saat menggulir layar ataupun memencet tombol menu di jam ini,

Belum lagi, animasi bergulir di jamnya juga lumayan tidak bagus alias kurang mulus. Meskipun performa yang jam ini miliki kurang bagus, tapi masih belum mengganggu ketika digunakan. Artinya masih tetap nyaman untuk menemani waktu Anda.

Back to Content ↑

5. Pemakaian

Agar dapat memakai Mi Watch Lite, Anda harus menginstall aplikasi pendukung Xiaomi Wear yang ada di iPhone ataupun Android. Aplikasi tersebut digunakan sebagai dashboard yang menampilkan data yang dapat diperoleh dari jam serta untuk menyetel dan menambah konten yang ada di jam.

Tampilan yang ada di aplikasi lumayan sederhana dan jelas, sehingga tidak menyulitkan pengguna Xiaomi Mi Watch Lite. Bahkan banyak yang suka dengan tampilan yang dihadirkan dari aplikasi ini.

Back to Content ↑

6. Dapat Mengunduh Watchface Tambahan

Watchface tambahan dapat diunduh lewat aplikasi Xiaomi Wear jika watch bawaan di jam terasa kurang menyenangkan. Namun, saat ini jumlah watchface yang diberikan belum terlalu banyak. Untuk watchface tertentu, tampilan dapat dikonfigurasi agar dapat menampilkan informasi berbeda.

Contohnya seperti detak jantung, jumlah langkah, hingga kapasitas baterai. Mi Watch Lite tidak ada dukungan penginstalan aplikasi dari pihak ketiga, sehingga fungsi jam yang diberikan lumayan terbatas di fitur bawaannya.

Back to Content ↑

7. Fitur

Sebenarnya ada banyak fitur-fitur yang diberikan di Xiaomi Mi Watch Lite. Hanya saja tidak semuanya akan dibahas di sini. Berikut rangkumannya:

Back to Content ↑

  • 7.1. Rancangan Notifikasi yang Mudah

    Mi Watch Lite bisa menampilkan notifikasi yang muncul di handphone yang telah dihubungkan sebelumnya.

    Notifikasi tersebut dapat disentuh untuk menampilkan isi notifikasi dengan detail, tapi notifikasinya tidak bisa ditindaklanjuti lewat smartwatch. Notifikasi yang telah muncul di Mi Watch Lite, tidak bisa disinkron dengan notifikasi handphone, jika salah satu notifikasi tersebut hilang

    Artinya Anda tidak perlu menghapus notifikasi yang sudah tidak dibutuhkan, baik di jam atau handphone yang telah tersambung. Meskipun lumayan membantu, ternyata ada juga kekurangan dari fitur ini.

    Misalnya, tombol hapus semua notifikasi kerap tenggelam ke bawah area daftar notifikasi saat notifikasi sudah menumpuk. Belum lagi pengguliran yang tidak terlalu halus. Anda membutuhkan waktu agar dapat menemukan tombol tersebut. Bahkan kadang malah terlewat.

  • Back to Content ↑

  • 7.2. Panggilan Masuk Sudah Disinkronkan

    Tak hanya itu, Xiaomi Mi Watch Lite juga bisa mendeteksi panggilan telepon yang masuk. Sayangnya, tombol untuk menerima telepon tidak ada. Hanya tombol untuk menolak telepon saja yang ada.

    Ada juga fitur kontrol musik yang dapat dimainkan di handphone. Aplikasi pemutar musik populer seperti Spotify hingga Poweramp bisa dengan mudah dikontrol lewat jam ini.

  • Back to Content ↑

  • 7.3. Aktivitas yang Tercatat Secara Mendetail

    Sebagai jam pintar, Mi Watch Lite juga memberi fitur pencatatan aktivitas secara detail. Ada 11 jenis aktivitas yang sudah didukung di dalam jam pintar ini.

    Meliputi aktivitas standar berlari, berjalan kaki, hingga bersepeda. Selama aktivitas tersebut dilakukan, jam pintar ini akan menampilkan informasi umum seperti detak jantung, jarak tempuh, kecepatan bergerak, durasi aktivitas, hingga informasi tambahan lainnya.

    Informasi tersebut dapat diakses dengan menggulirkan layar jam. Mi Watch Lite juga mempunyai sensor GPS yang di dalamnya tidak tergantung dengan sensor GPS dari handphone. Artinya, GPS di Mi Watch Lite berdiri sendiri. Proses untuk mengunci GPS juga lumayan cepat dengan data yang lebih akurat.

  • Back to Content ↑

8. Baterai

Berbicara soal baterai Mi Watch Lite, daya tahan baterainya bisa dibilang lumayan tahan lama. Dimana baterai dapat bertahan hingga 7 hari 6 jam, untuk baterai 100% ke 10%. Daya tahan baterai yang lumayan lama membuat Anda tidak perlu charger baterai setiap hari.

Untuk penchargeran bisa memakai dok khusus dari Mi Watch Lite yang bisa dikoneksikan dengan kepala charger lewat USB C. Anda hanya membutuhkan waktu 1 jam 20 menit untuk pengisian baterai dari 10% ke 100%.

Back to Content ↑

Harga dan Spesifikasi Mi Watch Lite

  • Dimensi: 41 x 35 x 10.99 mm, 35 gram
  • Warna: Navy Blue, Ivory, Black
  • Layar: TFT LCD 14” 320 x 320 piksel
  • GPS: GPS, A-GPS, GLONASS
  • Baterai: 230 mAh
  • Ketahanan Air: 5 ATM
  • Sensor:
    • Akselerometer
    • Giroskop
    • Sensor cahaya sekitar
    • Kompas
    • Detak jantung
    • Barometer
  • Harga: Rp 899.000

Back to Content ↑

Xiaomi Mi Watch Lite bisa menjadi pilihan terbaik bagi Anda yang sedang mencari jam pintar dengan dana minim. Meskipun murah, tapi kualitas fitur dan fasilitas yang diberikan tidak mengecewakan pengguna. Terima Kasih dan Semoga Bermanfaat!