Skip to main content

Penting! Ini Nutrisi Wajib untuk Ibu Hamil

Penting! Ini Nutrisi Wajib untuk Ibu Hamil
Nutrisi Wajib untuk Ibu Hamil

Penting! Ini Nutrisi Wajib untuk Ibu Hamil

Di dalam masa kehamilan, pastinya akan ada perubahan yang terjadi. Baik itu mengenai fisik hingga pola makan. Meskipun begitu, Anda tetap harus menjaga asupan makanan. Karena perkembangan janin dalam kandungan juga dipengaruhi oleh asupan makanan dari sang ibu. Nah, apa saja asupan makanan yang dimaksud? Ini nutrisi wajib untuk ibu hamil yang tak boleh dilewatkan.

Mengkonsumsi asupan yang baik serta bernutrisi memang sangat penting bagi ibu yang sedang hamil. Meskipun memang kondisi kehamilan sering menghambat pola makan sang ibu. Terutama di fase trimester pertama. Dimana ibu hamil mengalami morning sick, yang ujung-ujungnya mengalami mual dan muntah. Namun tetap saja, Anda harus memperhatikan setiap nutrisi wajib untuk ibu hamil ini.

TOC / Daftar Isi
1. Daftar Nutrisi Wajib untuk Ibu Hamil!
1.1. Makanan yang Mengandung Nutrisi Makronutrien
    1.1.1. Karbohidrat
    1.1.2. Protein
    1.1.3. Lemak
1.2. Beberapa Jenis Makanan yang Terdiri dari Nutrisi Mikronutrien
    1.2.1. Kalsium
    1.2.2. Zat Besi
    1.2.3. Asam Folat
1.3. Vitamin

BACA JUGA: Begini Cara Menghitung Masa Subur Wanita

Daftar Nutrisi Wajib untuk Ibu Hamil!

Meskipun sekarang ini, Anda tak sulit untuk menemukan berbagai jenis makanan. Namun bukan berarti, semuanya baik untuk ibu hamil. Karena mungkin saja, ada beberapa jenis makanan yang seharusnya dihindari oleh ibu hamil.

Umumnya, asupan makanan pada ibu hamil ini berkaitan dengan nutrisi yang ada pada makanan tersebut. Selama makanan itu bernutrisi, maka ibu hamil tidak dilarang untuk mengkonsumsinya. Namun, terkadang memilih makanan bernutrisi tersebut ternyata tidak gampang.

Back to Content ↑

Nah, agar Anda tidak keliru dalam memilih daftar asupan makanan. Berikut ini akan dibahas mengenai nutrisi wajib untuk ibu hamil. Diantaranya:

1. Makanan yang Mengandung Nutrisi Makronutrien

Yang dimaksud dengan nutrisi makronutrien ini yaitu sumber makanan yang mengandung kalori serta energi. Dengan mengkonsumsi nutrisi makronutrien ini, diharapkan bisa menambah energi serta tenaga pada ibu hamil. Nutrisi wajib untuk ibu hamil jenis makronutrien ini, bisa Anda dapatkan dari sumber-sumber makanan seperti berikut ini. Diantaranya:

Back to Content ↑

  • 1.1. Karbohidrat

    Karbohidrat merupakan salah satu nutrisi wajib untuk ibu hamil yang penting untuk dikonsumsi. Karena karbohidrat ini merupakan sumber makanan yang bisa menghasilkan tenaga. Karbohidrat bisa Anda dapatkan dari nasi, jagung, sagu serta roti.

    Namun ada baiknya, Anda mengkonsumsi karbohidrat kompleks. Yaitu karbohidrat yang juga mengandung serat. Sehingga Anda terhindar dari sembelit. Salah satu contoh dari karbohidrat kompleks ini yaitu roti gandum, nasi merah, serta jagung.

  • Back to Content ↑

  • 1.2. Protein

    Nutrisi wajib untuk ibu hamil selanjutnya yaitu protein. Kandungan protein ini bisa ditemukan di hati serta daging sapi, ikan, daging domba dan juga ikan. Sementara protein nabati didapat dari tahu dan tempe. Sebagaimana diketahui, fungsi dari protein ini yaitu sebagai penyuplai darah pada tubuh. Sedangkan bagi ibu hamil, protein ini berguna untuk perkembangan dan pertumbuhan janin.

    Diantaranya pertumbuhan sel dan jaringan tubuh, serta sel otak pada janin. Bukan itu saja, fungsi lainnya dari protein ini yaitu membantu jaringan pada payudara. Sehingga nantinya bisa menjadi pemicu keluarnya air susu yang dibutuhkan oleh bayi. Maka dari itu, ibu hamil sangat disarankan untuk mengkonsumsi protein sekitar 75 hingga 100 gram dalam setiap harinya.

  • Back to Content ↑

  • 1.3. Lemak

    Salah satu nutrisi wajib untuk ibu hamil dari asupan makronutrien ini yaitu lemak. Kandungan lemak ini berguna untuk mencegah bayi lahir prematur serta mengurangi resiko baby blues pada ibu yang baru melahirkan. Selain yang telah disebutkan di atas. Lemak juga berperan penting dalam pertumbuhan sel otak serta indera penglihatan pada janin. Terutama dari lemak yang mengandung omega 3.

    Ada 2 jenis lemak yang ada pada setiap asupan makanan. Yaitu lemak jenuh dan lemak yang tak jenuh. Lemak yang sehat terdiri dari lemak yang tak jenuh. Sementara lemak jenuh yang berlebihan bisa mengakibatkan berbagai penyakit, seperti kolesterol, jantung, dan sebagainya.

    Nah, bagi ibu hamil ini, memang disarankan untuk mengkonsumsi lemak yang tak jenuh. Beberapa makanan yang termasuk kedalam lemak tak jenuh ini diantaranya alpukat, minyak zaitun, ikan salmon serta kacang-kacangan.

  • Back to Content ↑

2. Beberapa Jenis Makanan yang Terdiri dari Nutrisi Mikronutrien

Bukan hanya sumber makanan makronutrien saja. Nutrisi wajib untuk ibu hamil yang harus dipenuhi juga, salah satunya didapat dari beberapa jenis makanan yang bersifat mikronutrien. Dimana yang termasuk kedalam nutrisi mikronutrien ini bisa didapatkan dari makanan yang mengandung mineral. Diantaranya:

Back to Content ↑

  • 2.1. Kalsium

    Kalsium bagi ibu hamil berguna untuk merangsang pertumbuhan tulang dan gigi pada janin. Bukan itu saja, kalsium juga berperan dalam mengatur cairan di dalam tubuh. Manfaat lainnya yaitu membantu kerja fungsi saraf dan kontraksi otot.

    Jumlah kalsium yang seharusnya dipenuhi oleh ibu hamil yaitu sekitar 1000 miligram. Pertanyaannya sekarang, yaitu makanan apa saja yang mengandung kalsium ? Anda bisa mendapatkan kalsium dari jenis makanan dan minuman berupa susu, yogurt , keju, ikan sarden, bayam hingga ikan salmon.

  • Back to Content ↑

  • 2.2. Zat Besi

    Zat besi berguna untuk mencegah anemia. Pada ibu hamil, asupan zat besi yang disarankan yaitu sekitar 27 miligram per hari. Selain didapat dari sejumlah makanan, biasanya ibu hamil akan diberikan zat besi tambahan oleh dokter yang berupa suplemen.

    Sementara nutrisi wajib untuk ibu hamil yang mengandung zat besi ini yaitu bayam, lobak, kol serta sayuran yang berdaun hijau. Sedangkan asupan makanan yang mengandung zat besi lainnya bisa Anda dapatkan dari sereal, oatmeal, biji-bijian, daging sapi serta berbagai ikan laut (Seafood).

  • Back to Content ↑

  • 2.3. Asam Folat

    Nutrisi wajib untuk ibu hamil lainnya yaitu asam folat. Kandungan asam folat pada ibu hamil berguna untuk mencegah cacat tabung saraf pada janin serta kelainan tulang belakang. Kebutuhan asam folat bisa Anda dapatkan dari berbagai sumber makanan.

    Seperti kacang-kacangan, telur, daging sapi serta sayuran yang berwarna hijau. Sementara dari buah-buahan yaitu tomat, jeruk, strawberry, lemon serta mangga. Sebagai informasi, kebutuhan asam folat pada ibu hamil yang disarankan, yaitu sekitar 600 hingga 800 mikrogram, dalam setiap harinya.

  • Back to Content ↑

3. Vitamin

Selain makanan yang mengandung makronutrien dan juga mikronutrien. Nutrisi wajib untuk ibu hamil lainnya yaitu vitamin. Ada beberapa vitamin yang dianjurkan untuk dikonsumsi selama kehamilan. Diantaranya:

  • Vitamin A, untuk kesehatan mata. Bisa didapat dari sumber makanan seperti wortel, sayuran yang berwarna hijau, serta umbi-umbian.
  • Vitamin B6. Gunanya untuk efektivitas penyerapan protein. Bukan itu saja, manfaat lain dari vitamin B6 ini juga yaitu untuk pembentukan sel darah merah. Untuk mendapatkan vitamin B6 ini, Anda bisa mengkonsumsi gandum, sereal, biji-bijian serta buah pisang.
  • Vitamin B12. Berguna untuk menjaga sistem saraf serta pembentukan sel darah merah. Vitamin B12 banyak ditemukan pada daging, susu serta berbagai jenis ikan.
  • Vitamin C untuk kesehatan gusi, gigi serta tulang. Fungsi lainnya dari vitamin C ini yaitu membantu dalam penyerapan zat besi. Anda bisa mendapatkan manfaat dari vitamin C ini hanya dengan mengkonsumsi buah jeruk, tomat, buah jambu biji hingga brokoli.
  • Vitamin D, yang berguna untuk pembentukan tulang dan gigi serta membantu dalam penyerapan kalsium dalam tubuh. Beberapa sumber makanan yang termasuk ke dalam vitamin D ini yaitu susu, roti serta sereal.

Back to Content ↑

Itu dia beberapa nutrisi wajib untuk ibu hamil yang tidak boleh Anda lewatkan. Karena nutrisi-nutrisi tersebut sangat berperan penting bagi pertumbuhan dan perkembangan janin yang ada di kandungan Anda. Maka dari itu, mulai dari sekarang, penuhi kebutuhan nutrisi Anda dari berbagai jenis makanan yang telah disebutkan di atas. Agar bayi Anda sehat, saat dilahirkan nanti. Dan Anda pun siap untuk menghadapi persalinan. Sekian, Terima Kasih dan Semoga Bermanfaat!