Skip to main content

Mau UANG?? Kirim artikel yang berkaitan dengan niche Blog Daily Info DISINI. Artikel/tulisan yang disetujui akan dapat imbalan uang, atau dapat ditukar dengan pemberian Backlink Nofollow dari Kami.

×

Apa itu Efikasi Vaksin dan Berapakah yang Aman?

Apa itu Efikasi Vaksin dan Berapakah yang Aman?
Efikasi Vaksin

Apa itu Efikasi Vaksin dan Berapakah yang Aman?

Wabah dari virus covid-19 masih menyelimuti bumi, terutama Indonesia. Semua orang berharap pandemi ini cepat berakhir dan dunia kembali bebas seperti sebelumnya. Bebas tanpa rasa takut akan tertular virus covid-19 ketika bertemu banyak orang. Vaksin merupakan sebuah solusi untuk mengurangi wabah ini. Namun, vaksin harus memiliki tingkat efikasi yang cukup. Apa itu efikasi vaksin?

Efikasi vaksin menurut Dr. Sepriani Timurtini Limbong adalah suatu persentase dari penurunan wabah penyakit dari sekelompok orang yang telah divaksinasi. Namun, persentase tersebut hanya berlaku dalam hal penelitian. Bukan hasil dalam dunia nyata. Oleh karena itu, hasil tersebut masih harus dibandingkan dengan orang-orang yang mendapatkan vaksin secara optimal.

TOC / Daftar Isi

BACA JUGA: Fakta Tentang Vaksin Merah Putih Indonesia

Tingkat Efikasi Vaksin

Jika suatu vaksin memiliki tingkat efikasi yang rendah, tidak berarti vaksin tersebut kualitasnya buruk atau tidak efektif. Menurut dokter Sepriani, yang menentukan vaksin efektif atau tidaknya adalah setelah menyelesaikan semua proses uji klinis dan diberikan kepada masyarakat.

Dari hasil reaksi tubuh orang yang telah mendapatkan vaksin, itulah yang menentukan vaksin tersebut efektif atau tidak. Apakah vaksin tersebut dapat membentuk antibodi yang memberikan efek proteksi terhadap virus atau tidak? Dan apakah mampu menurunkan jumlah kasus orang-orang yang terkena virus secara keseluruhan atau tidak?

Karena merupakan sebuah kesalahan ketika Anda mengatakan suatu vaksin memiliki efektivitas yang buruk, padahal proses uji klinisnya belum terselesaikan. Dan melakukan pengukuran efikasi vaksin hanya berdasarkan salah satu tahap pengujian juga tidak bijak. Oleh sebab itu, sangat penting untuk menunggu semua hasil dari seluruh uji klinis vaksin yang sedang dilakukan oleh para ilmuwan.

Karena hasil dari uji coba klinis dari suatu vaksin dapat berubah pada penelitian yang terakhir. Meskipun hasil awalnya bagus, belum tentu hasilnya akan tetap bagus. Namun, jika hasil dari nilai efikasi vaksin pada penelitian akhir telah ditentukan, dan hasilnya bagus. Maka vaksin akan segera diberikan kepada masyarakat.

Back to Content ↑

6 Vaksin Covid-19 yang Aman di Indonesia

Ada 6 vaksin covid-19 yang akan diberikan kepada masyarakat Indonesia pada tahun 2021. Berikut ini adalah penjelasan singkat dari masing-masing vaksin tersebut.

Back to Content ↑

1. Vaksin dari Bio Farma

Bio Farma merupakan sebuah perusahaan produsen vaksin virus covid-19 dalam negeri. Ada 2 cara untuk pengadaan vaksin yang akan dilakukan oleh pemerintah dan melibatkan perusahaan BUMN dalam negeri.

Cara pertama, perusahaan Bio Farma akan menjalin sebuah kerja sama dengan Sinovac Biotech, yaitu sebuah perusahaan vaksin dari negara China. Cara kedua, Lembaga Eijkman Institute dan Bio Farma akan membuat vaksin dalam negeri yang bernama vaksin Merah Putih.

Berdasarkan laman Kompas.com pada tanggal 28 November 2020, sebanyak 1.620 relawan telah disuntik vaksin Sinovac pada uji klinis tahap 3. Penny K Lukito, Kepala BPOM mengatakan bahwa mereka telah menerima 95% dari persyaratan mutu dari vaksin Sinovac. Namun, mereka masih menunggu hasil dari uji klinis vaksin pada tahap ketiga.

Menurut laman Kompas.com pada tanggal 18 November 2020, pemerintah menyampaikan harapan untuk vaksin Merah Putih. Dan mereka berharap vaksin tersebut dapat selesai pada saat akhir tahun 2021.

Back to Content ↑

2. Vaksin dari Moderna

Vaksin jenis ini memiliki tingkat efektivitas sebesar 94,5%. Sehingga, pada tanggal 31 November 2020, perusahaan Moderna mengajukan izin kepada regulator Eropa dan Amerika Serikat. Izin tersebut tentang penggunaan darurat vaksin yang mereka produksi sebagai vaksin covid-19.

Pihak Moderna mengatakan bahwa catatan keamanan dan efektivitas suntikan dari vaksin yang mereka buat cukup baik. Oleh karena itu, mereka yakin vaksin tersebut akan memenuhi semua persyaratan dari BPOM AS (FDA) dan lolos izin penggunaan darurat.

Back to Content ↑

3. Vaksin dari Pfizer and BioNTech

Vaksin produksi dari perusahaan Pfizer and BioNtech memiliki tingkat efektivitas sebesar 95%. Dan vaksin tersebut juga tidak menimbulkan berbagai risiko untuk masalah keamanan. Sehingga Pfizer and BioNTech mengajukan izin untuk penggunaan darurat vaksin produksi mereka kepada BPOM Eropa dan AS.

Jika European Medicines Agency (EMA) telah menyetujui pengajuan untuk penggunaan darurat vaksin untuk Uni Eropa. Maka vaksin tersebut akan segera didistribusikan dan juga akan segera digunakan.

Back to Content ↑

4. Vaksin dari AstraZeneca

Berdasarkan hasil uji coba yang dilakukan oleh Universitas Oxford dan AstraZeneca, vaksin yang mereka produksi memiliki tingkat efektivitas sebesar 70%. Menurut laman BBC, pada tanggal 02 Desember 2020, vaksin produksi AstraZeneca memberikan respons imun tubuh yang cukup kuat kepada lansia.

Sebanyak 20.000 relawan telah mengikuti uji coba untuk vaksin covid-19 ini. AstraZeneca mengatakan bahwa vaksin yang mereka produksi sangat mudah untuk proses pendistribusian. Karena vaksin tersebut tidak perlu tempat penyimpanan dengan suhu yang sangat dingin.

Back to Content ↑

5. Vaksin dari Sinopharm

Berdasarkan laman The Guardian pada tanggal 20 November 2020, di negara China sekitar 1 juta orang disuntik vaksin dari Sinopharm. Dengan menggunakan izin penggunaan darurat. Meskipun pada saat itu, vaksin belum sepenuhnya selesai dari tahap pengujian.

Sebelumnya, vaksin ini sudah digunakan oleh pejabat China, pekerja, dan juga pelajar yang bepergian ke 150 negara. Hasilnya cukup baik dan belum ada ditemukan kasus infeksi terbaru. Vaksin jenis ini masuk ke dalam 5 jajaran vaksin China yang telah melakukan uji klinis ke luar negeri.

Back to Content ↑

6. Vaksin dari Sinovac

Nama vaksin covid-19 yang diproduksi oleh perusahaan Sinovac adalah CoronaVac. Versi yang dipakai oleh vaksin ini adalah jenis non-infeksi terhadap virus corona yang bertugas memicu respon imun tubuh. Berdasarkan laman The Lancet pada tanggal 17 November 2020, hasil dari uji coba awal vaksin ini cukup aman.

Namun, vaksin menghasilkan respon imun tubuh yang moderat. Tetapi, tingkat antibodinya tidak melebihi tingkat antibody dari pasien yang baru sembuh dari covid-19. Vaksin ini telah melakukan uji coba di negara Indonesia, Bangladesh, hingga Brazil dan sudah memasuki fase ketiga.

Back to Content ↑

Itulah 6 jenis vaksin yang cukup aman dan memiliki efikasi vaksin yang cukup baik untuk melawan virus covid-19. Semoga segala upaya pemerintah untuk mengurangi wabah virus covid-19 dapat berbuah manis. Dan semoga Indonesia kembali pulih baik dari segi kesehatan dan juga perekonomian masyarakat.

Karena dengan tubuh yang sehat, masyarakat pasti akan memiliki energy yang lebih untuk saling bekerjasama membangun negeri ini. Bisa lebih kreatif, inovatif, dan juga aktif dalam melakukan berbagai hal positif.

Apapun usaha positif dari pemerintah untuk memutus mata rantai penyebaran virus covid-19, sebaiknya kita dukung secara penuh. Karena hal tersebut untuk kepentingan bersama, agar Indonesia dapat kembali seperti sedia kala.

Dapat terbebas dari virus, bebas bepergian, bebas berkumpul dengan orang-orang tersayang, dan bebas melakukan segala hal. Tanpa rasa takut dan khawatir terkena virus covid-19. Terima Kasih dan Semoga Bermanfaat!

Sumber :

  • https://www.kompas.com/tren/read/2020/12/06/210200765/mengenal-6-vaksin-covid-19-yang-ditetapkan-untuk-vaksinasi-di-indonesia?page=all
  • https://www.klikdokter.com/info-sehat/read/3646208/efikasi-dan-efektivitas-vaksin-covid-19-ini-bedanya