Skip to main content

Cara Upgrade iOS iPhone 5 yang Wajib Diketahui

Cara Upgrade iOS iPhone 5 yang Wajib Diketahui

Cara Upgrade iOS iPhone 5 yang Wajib Diketahui

Di penghujung tahun 2019, perusahaan Apple mewajibkan seluruh pengguna iPhone 5 untuk melakukan pembaruan iOS nya agar tetap dapat menikmati layanan seperti email dan iCloud. Lantas, Bagaimana cara upgrade iOS iPhone 5 dengan benar?

Terdapat dua pilihan cara yang bisa ditempuh untuk melakukan pembaruan iOS pada iPhone 5, yaitu secara nirkabel dan secara manual. Simak pembahasan lengkap berikut ini.

1. Mengapa Harus Upgrade iOS iPhone 5?

Menurut situs resmi Apple, iPhone 5 melakukan pembaruan sistem operasi mulai tanggal 3 November 2019. Pembaruan tersebut bertujuan untuk memastikan keakuratan lokasi serta fungsi layanan yang berkaitan dengan tanggal dan waktu, seperti email, App Store, dan iCloud.

Masalah rollover menjadi alasan mengapa Apple menghimbau pengguna iPhone 5 untuk melakukan pembaruan. Jika tidak diperbarui, maka pengguna tidak bisa menggunakan layanan yang berkaitan dengan waktu dan tanggal.

Dengan kata lain, iCloud dan layanan berbasis internet lainnya tidak dapat berfungsi. Apabila Anda ingin melakukan backup atau transfer data seperti foto dan video, maka cara memindahkan foto ke iPhone tidak bisa dilakukan melalui iCloud.

2. Dua Cara Mudah Upgrade iOS untuk iPhone 5

Sistem operasi pada perangkat iPhone 5 dapat diperbarui melalui 2 metode, yakni secara nirkabel dan secara manual menggunakan komputer. Agar proses pembaruan berhasil, pastikan perangkat terhubung dengan jaringan internet.

2.1. Pembaruan Secara Nirkabel

Pembaruan ini dapat dilakukan secara langsung pada perangkat iPhone sehingga sambungan dengan komputer tidak diperlukan. Pembaruan secara nirkabel dapat dilakukan dengan dua cara.

Cara pertama, apabila muncul pesan pembaruan, pilih opsi Instal Sekarang. Perangkat akan memperbarui secara otomatis. Namun jika pesan tersebut tidak muncul, ikuti langkah-langkah berikut:

  • Pastikan iPhone tersambung dengan charger agar tidak mati di tengah proses pembaruan.
  • Sambungkan perangkat ke jaringan Wi-Fi.
  • Buka menu Pengaturan, kemudian pilih Umum.
  • Ketuk opsi Pembaruan Perangkat Lunak, lalu pilih Unduh dan Instal. Anda mungkin menerima notifikasi untuk menyediakan ruang untuk pembaruan. Pilih Lanjutkan atau Batal.
  • Apabila memilih lanjutkan, hapus aplikasi atau konten secara manual.
  • Untuk pembaruan saat itu juga, pilih Instal. Anda juga bisa menunda pembaruan dan memilih waktu yang lebih sesuai, seperti Nanti atau Instal Malam Ini.
  • Jika memilih Instal Malam Ini, pastikan perangkat tetap tersambung dengan charger karena proses pembaruan akan dilakukan secara otomatis pada malam hari.
  • Perangkat berhasil diperbarui.

Selama proses pembaruan, Anda mungkin diminta untuk memasukkan kode sandi. Jika kode sandi yang dimasukkan salah berulang kali, maka perangkat akan dinonaktifkan secara otomatis. Hapus iPhone untuk menghapus data serta pengaturan kode sandi tersebut.

2.2. Pembaruan Secara Manual

Cara upgrade iOS iPhone 5 yang selanjutnya adalah secara manual. Cara ini dapat digunakan jika perangkat tidak dapat diperbarui secara nirkabel. Metode yang satu ini membutuhkan sambungan dengan komputer serta jaringan internet.

Berikut ini langkah-langkah yang harus dilakukan:

  • Buka aplikasi iTunes pada Mac. Jika menggunakan Mac OS Catalina, jalankan Finder.
  • Sambungkan iPhone 5 ke komputer, lalu temukan perangkat.
  • Klik tab Umum atau Pengaturan, kemudian pilih Periksa Pembaruan.
  • Pilih Unduh dan Perbarui

Anda mungkin diminta untuk memasukkan kode sandi. Jika tidak mengetahui kode sandi, Anda bisa menghapus data dan pengaturan. Namun, cara ini akan menghapus seluruh data yang tersimpan pada perangkat.

3. Cara Memastikan Perangkat Berhasil Diperbarui

Setelah melakukan pembaruan, penting untuk memastikan apakah perangkat berhasil diperbarui. Berikut ini cara untuk memeriksa apakah iOS iPhone 5 benar-benar telah diperbarui:

  • Buka Pengaturan atau Settings.
  • Ketuk opsi Umum, kemudian pilih Mengenai.
  • Lihat versi perangkat lunak yang tertera.
  • Pastikan versi yang tercantum setidaknya versi 10.3.4.

Perangkat yang berhasil diperbarui dapat digunakan untuk mengakses berbagai layanan berbasis internet seperti GPS, email, iCloud, dan App Store.

4. Cara Menyesuaikan Pembaruan Otomatis

Apabila iPhone 5 telah diperbarui dan menggunakan iOS 12, maka Anda dapat memanfaatkan fitur pembaruan secara otomatis. Pembaruan akan dilakukan di malam hari, jadi jangan lupa untuk menyambungkan perangkat dengan pengisi daya.

Berikut ini cara mengaktifkan fitur pembaruan otomatis pada iOS 12:

  • Buka Pengaturan, ketuk opsi Umum.
  • Pilih Pembaruan Perangkat Lunak, kemudian ketuk Sesuaikan Pembaruan Otomatis.
  • Nyalakan Instal Pembaruan iOS.
  • Perangkat akan diperbarui secara otomatis ke versi terbaru.

iPhone yang tidak diperbarui, bisa saja membuat beberapa fungsi terjadi error atau bugs, misalnya saja ketika kamera iPhone tidak bisa di silent. Setelah upgrade iOS, cara silent camera iPhone bisa berfungsi dengan baik

Dengan mengaktifkan fitur pembaruan otomatis, maka Anda tidak perlu khawatir ketinggalan versi iOS terbaru. Pasalnya perangkat akan melakukan update untuk mengidentifikasi versi iOS terbaru. Apabila ditemukan, maka iPhone 5 akan memperbarui secara otomatis.

Meskipun tergolong lama, perangkat iPhone 5 bisa mendapatkan dukungan hingga iOS 13 yang diluncurkan pada tahun 2019.

Singkatnya, cara upgrade iOS iPhone 5 terbagi menjadi dua cara, yaitu nirkabel dan manual. Setelah diperbarui, Anda dapat memanfaatkan fitur pembaruan otomatis agar tidak melewatkan versi iOS terbaru. Terima Kasih dan Semoga Bermanfaat!