Skip to main content

6 Cara Dapat Uang dari TikTok

6 Cara Dapat Uang dari TikTok

6 Cara Dapat Uang dari TikTok

Media sosial dan aplikasi-aplikasi lain sekarang sering dimanfaatkan sebagai sumber penghasil uang. Salah satunya seperti TikTok yang menjadi salah satu aplikasi utama untuk berbisnis. Ada banyak sekali cara dapat uang dari TikTok yang bisa dilakukan.

Dengan model konten khusus untuk video, TikTok menawarkan pengalaman media sosial yang berbeda. Tidak heran jika jumlah penggunanya dari waktu ke waktu semakin banyak. Peluang bisnis di TikTok juga semakin terbuka lebih lebar lagi.

1. Cara Dapat Uang dari TikTok

TikTok sendiri sebenarnya hampir sampai dengan media sosial lain layaknya Instagram. Namun, basis kontennya berbentuk video. Hal yang menarik dari TikTok ini adalah tersedia banyak sekali filter, efek, dan backsound yang membuat video jadi sangat menarik dan menghibur.

Ada banyak sekali seleb TikTok yang muncul karena mampu memberikan konten video pendek yang menghibur. Selain dengan menjadi seleb TikTok, masih ada banyak sekali cara yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan uang dari TikTok. Berikut beberapa caranya:

  • 1.1. Kerjasama dengan Sponsor

    Masih dalam pembahasan yang sama dengan media sosial lain, cara dapat uang dari TikTok juga tidak berbeda jauh dengan Instagram. Salah satu cara yang paling terkenal dan mudah dilakukan adalah menjalin kerjasama dengan sponsor.

    Namun perlu Anda tahu, untuk bisa kerjasama dengan sponsor, maka harus membangun akun TikTok sampai memiliki jumlah pemirsa yang sampai angka ribuan. Kemudian followers dan like juga harus sangat banyak sekali.

    Kalau sudah memenuhi beberapa syarat itu, Anda bisa dengan mudah menjalin kerja sama bersama dengan sponsor. Para sponsor akan meminta bagaimana statistik akun TikTok Anda seperti jumlah penayang, jumlah like, follower, jangkauan video, dan lain-lain.

  • 1.2. Membangun Akun TikTok dan Menjualnya

    Akun TikTok menjadi bagian yang sangat penting dalam sebuah bisnis. Tanpa akun yang dibangun dengan baik, maka Anda akan sangat kesulitan untuk mencari uang dari TikTok.

    Tidak heran kalau banyak sekali orang yang rela membeli akun TikTok untuk kemudian dijadikan bisnis. Biasanya akun tersebut digunakan untuk mencari sponsor atau bahasa lainnya endorse.

    Dari bayaran endorse itu, para pembeli baru akan mendapatkan kembali modal yang digunakan untuk membeli akun TikTok. Melihat semua ini, ada satu cara dapat uang dari TikTok yaitu dengan mengembangkan sebuah akun dan kemudian menjualnya.

    Anda bisa membuat video pendek yang menarik, kemudian memancing pengguna lain untuk menjadi followers. Saat jumlah followers sudah banyak sampai ribuan bahkan lebih, Anda baru bisa menjualnya.

    Tidak tanggung-tanggung, harga akun TikTok dengan jumlah followers yang mencapai puluhan ribu bisa sampai jutaan. Sistemnya hampir sama dengan mengembangkan akun Instagram.

  • 1.3. Live Streaming

    Selain sebagai tempat mengunggah video pendek, aplikasi TikTok juga bisa digunakan untuk live streaming. Bahkan dari kegiatan live streaming ini Anda juga bisa mendapatkan uang yang cukup banyak.

    Cara ini hampir sama dengan aplikasi streaming Twitch yang sudah terkenal. Tentu syarat utama yang harus Anda lakukan adalah membangun dan mengembangkan akun TikTok terlebih dahulu.

    Sehingga kalau akun sudah besar, Anda akan memiliki banyak pemirsa saat melakukan live streaming. Sistematikanya saat Anda live streaming, para pengguna yang loyal yang mengirimkan hadiah berupa berbagai animasi.

    Para pengguna itu mendapatkan animasi dengan cara membeli lewat koin TikTok yang ditukar dengan uang asli. Jika Anda mendapatkan banyak hadiah animasi, maka bisa menukarkannya dengan uang asli lewat konversi.

    Namun, minimal uang yang bisa Anda dapatkan dalam sekali konversi adalah $100 dan maksimal sampai $1.000.

  • 1.4. Menjadi Agen Kampanye

    Cara dapat uang dari TikTok yang lainnya adalah dengan menjadi penyedia jasa kampanye atau agen kampanye. Memang saat ini pekerjaan agen kampanye sedang sangat marak sekali. Karena dengan cara kampanye digital, maka tujuan akan lebih mudah tercapai.

    Media sosial membuat aktivitas kampanye lebih efektif dan memberikan hasil yang maksimal. Jadi, Anda bisa membuka jasa penyedia kampanye bagi para brand yang membutuhkan iklan atau kampanye.

    Setelahnya, Anda bekerja sama dengan pembuat konten TikTok untuk membuat iklan tersebut. Dengan cara ini, Anda bisa mendapatkan komisi dari layanan perantara yang dilakukan.

    Anda harus bisa membangun sebuah koneksi dengan para pembuat konten TikTok yang baik. Dengan demikian, bisa membuat video kampanye atau iklan yang memuaskan.

  • 1.5. TikTok untuk Mengenalkan Produk

    Pengguna TikTok memang sangat banyak sekali dan mampu menjangkau banyak kalangan. Dengan kelebihan tersebut, Anda bisa memanfaatkan aplikasi TikTok untuk perantara pengenalan produk yang dijual.

    Cara ini sebenarnya sama seperti saat Anda menggunakan platform media sosial lain seperti Facebook dan Instagram untuk menjual produk. Perbedaannya Anda harus lebih kreatif untuk bisa membuat konten TikTok yang bisa menarik minat para pengguna agar melihatnya.

    Dengan begitu, saat pengguna melihat video TikTok Anda, mereka akan kenal dan bisa saja tertarik membeli produk yang diiklankan tersebut.

  • 1.6. TikTok Specialist

    Cara dapat uang dari TikTok berikutnya ini lebih diprioritaskan bagi Anda yang sangat aktif dan kenal dengan seluk beluk aplikasi TikTok. Anda bisa menjadi TikTok Specialist yang menawarkan jasa pengelolaan dan juga konsultasi akun TikTok.

    Jika Anda masih belum terbiasa dengan TikTok, cara ini akan sangat sulit sekali dilakukan. Selain itu, para klien yang membutuhkan jasa tersebut pastinya juga ingin melihat apa saja yang bisa Anda lakukan, sehingga perlu membuat sebuah portofolio agar klien yakin.

    Hal-hal yang akan Anda lakukan jika menjadi TikTok Specialist adalah membuat sebuah strategi agar akun TikTok terus terkenal. Bisa dalam bentuk saran konten yang akan diupload, memberikan masukan agar jumlah penonton banyak dan lain-lain.

    Semuanya berhubungan dengan bagaimana cara mengembangkan akun TikTok dan membuat konten yang bagus. Sehingga mendatangkan endorse yang lebih banyak dan menguntungkan.

2. Tips Mengembangkan Akun TikTok

Dari beberapa penjelasan sebelumnya, agar bisa dapat uang dari TikTok, maka Anda harus memiliki akun yang sudah besar. Kalau belum, Anda harus melakukan pengembangan akun dengan beberapa cara. Berikut ini cara-cara tersebut:

  • 2.1. Rutin Upload Video

    Kunci agar akun Anda bisa menjadi besar adalah rutin mengupload video. Anda bisa mengupload berbagai video pendek agar pengguna lain melihatnya dan mulai menjadi followers. Buat video yang bermanfaat seperti tips, trik, informatif, dan lain-lain.

  • 2.2. Menggunakan Lagu yang Cocok

    Saat Anda rutin upload video, jangan lupa memperhatikan lagu yang jadi backsoundnya. Usahakan lagunya cocok dan senada dengan apa yang Anda lakukan di dalam video tersebut.

  • 2.3. Memperhatikan Caption dan Hashtag Video

    Caption dan hashtag juga menjadi hal penting dalam upaya pengembangan akun TikTok. Hashtag akan membantu video Anda menjangkau kalangan yang lebih luas lagi. Anda bisa menggunakan hashtag yang viral.

  • 2.4. Mengikuti Video yang Viral

    Kalau bingung mencari inspirasi video, Anda bisa membuat video yang sedang viral saja. Walaupun terkesan kurang kreatif, tapi jika video Anda bagus maka akan membuat penayang jadi banyak.

Ada banyak sekali cara dapat uang dari TikTok. Anda bisa memilih beberapa cara di atas sesuai dengan kemampuan yang dimiliki. Jika memang sudah sangat paham dengan aplikasi TikTok, Anda bisa menjadi TikTok Specialist. Terima Kasih dan Semoga Bermanfaat!