Skip to main content

Mau UANG?? Kirim artikel yang berkaitan dengan niche Blog Daily Info DISINI. Artikel/tulisan yang disetujui akan dapat imbalan uang, atau dapat ditukar dengan pemberian Backlink Nofollow dari Kami.

×

Samsung A52: Review dan Spesifikasi Lengkap 2021

Samsung A52: Review dan Spesifikasi Lengkap 2021
Samsung Galaxy A52

Samsung A52: Review dan Spesifikasi Lengkap 2021

Satu lagi smartphone terbaru dari Samsung yang dijadwalkan akan hadir awal tahun 2021 mendatang. Smartphone tersebut adalah Samsung A52 yang akan hadir dengan 2 tipe jaringan, yaitu jaringan 4G dan 5G. Apakah Anda termasuk yang sedang menantikannya?

Bocoran soal spesifikasi dari smartphone ini memang sudah banyak beredar di internet. Namun semua itu masih simpang siur dan belum seratus persen akurat. Melansir dari situs GSM Arena, berikut adalah spesifikasi lengkap dari produk penerus Samsung A51 ini.

TOC / Daftar Isi

Review Lengkap Samsung A52

Hadir dengan dua varian 4G dan 5G, smartphone dengan seri A52 ini dibekali dengan beberapa komponen yang berbeda. Meski begitu sebagian besar komponen di dalamnya masih sama. Agar lebih jelas lagi, silakan Anda simak ulasan lengkapnya di bawah ini:

Back to Content ↑

1. Desain

Menurut catatan GSM Arena, Samsung A52 5G memiliki dimensi 159.9 x 75.1 x 8.4 mm dan berat 187 gram. Apakah ukuran tersebut sama dengan versi 4G masih belum bisa dipastikan, tetapi besar kemungkinan ukuran dan berat keduanya masih mirip.

Layar di smartphone ini sudah dilindungi dengan lapisan Corning Gorilla Glass sehingga Anda tidak perlu merasa khawatir jika terjadi goresan kecil pada layarnya. Biasanya, lapisan tersebut sudah relatif aman untuk melindungi layar dari benturan atau goresan dengan kunci, koin, jarum, dll.

Untuk material bagian belakangnya sepertinya Samsung masih akan menggunakan bahan plastik polycarbonat mengingat bahan tersebut kerap digunakan Samsung untuk melapisi bodi belakang smartphone kelas menengah mereka.

Back to Content ↑

2. Display/Layar

Di sektor layar, Samsung A52 mengusung layar berukuran 6,5 inch dengan resolusi FHD+ 1080 x 2400 pixels (~ 405 ppi density). Sementara panel yang digunakan untuk A52 5G adalah panel AMOLED dan A52 4G masih menggunakan IPS LCD.

Meski berbeda, tetapi kualitas tampilan dari Samsung sudah tidak perlu diragukan lagi karena baik IPS maupun AMOLED milik Samsung sama-sama memberikan kualitas yang bakal memanjakan mata Anda saat menatapnya.

Peletakkan kamera di smartphone ini menerapkan desain punch hole atau bulatan hitam di tengah layarnya. Letaknya berada di tengah bagian atas layar utama. Sedangkan untuk urusan bezel, smartphone ini memiliki bezel yang cukup tipis dan membuat layarnya terlihat luas saat dipandang.

Back to Content ↑

3. Spesifikasi

Hal yang menjadi perhatian banyak pembeli dari sebuah smartphone tidak lain adalah sektor hardwarenya. Kali ini Samsung ingin memanjakan konsumennya dengan pilihan chipset tangguh dari Snapdragon, yaitu Snapdragon 750G untuk Samsung A52 5G dan Snapdragon 720G untuk A52 4G.

Sementara di sektor RAM dan internal storage, smartphone ini menggunakan kombinasi 6/128GB - 8/128GB untuk versi 5G dan 6/64GB – 8/128GB untuk versi 4G. Meskipun berbeda, tetap saja keduanya memberikan pilihan memori yang cukup besar untuk kebutuhan smartphone saat ini.

Di sektor CPU, A52 5G menggunakan CPU Octa-core 2,2 GHz dan CPU Octa-core 2,3 GHz untuk versi 4G. Spesifikasi ini tentu membuat smartphone penerus A51 ini cukup tangguh untuk bermain game HD, seperti PUBG, COD Mobile, Mobile Legend, dll.

Back to Content ↑

4. Kamera

Di sektor ini, baik A52 5G maupun A52 4G akan menggunakan kamera yang sama. DI belakang ada kombinasi quad camera yang masing-masing terdiri dari lensa 48 MP (wide), 12 MP (ultra-wide), 5 MP (macro) dan 5 MP (depth).

Sedangkan untuk kamera selfie, keduanya menggunakan lensa 32 MP (wide). Dengan kamera depan dan belakang yang sama baiknya, keduanya mampu menghasilkan mode perekaman 4K@30fps. Dengan begitu, video yang dihasilkan bisa untuk dokumentasi maupun untuk pembuatan konten.

Back to Content ↑

5. Baterai

Untuk mendukung penggunaan sehari-hari dirumorkan bahwa kapasitas baterai dari Samsung A52 berada di sekitar 5000 – 6000 mAh. Dengan kapasitas daya sebesar itu, tentu saja penggunaan smartphone ini bisa mencapai satu harian lebih.

Selain baterainya yang besar, mode pengisian daya yang ada di smartphone ini juga cukup cepat berkat adanya fitur fast charging. Kombinasi antara daya baterai yang besar dan fitur fast charging merupakan dua hal yang memang seharusnya ada pada smartphone keluaran terbaru.

Back to Content ↑

6. Fitur

Tak ketinggalan dengan sektor-sektor lainnya, sektor fitur tentu juga tidak kalah pentingnya untuk diperhatikan. Smartphone ini setidaknya memiliki fitur NFC untuk kedua varian 5G dan 4G. Selain itu ada juga fitur Fingerprint (disisi samping), proximity, compass, accelerometer, gyro dan ANT+.

Adanya fitur-fitur tersebut tentu saja membuat pengalaman menggunakan smartphone ini menjadi lebih nyaman dan bisa optimal. USB port untuk proses pengisian daya maupun transfer data juga sudah menggunakan port USB Type-C 2.0.

Peletakkan fingerprint di samping juga membuat Samsung sedikit merubah konsep awalnya yang cenderung menempatkan fingerprint di depan. Meski begitu, fingerprint dengan mode side mounted memang cukup fleksibel dan nyaman digunakan.

Back to Content ↑

7. Software dan OS

Smartphone ini dikabarkan akan menggunakan basis Android 11 dengan user interface khas Samsung, yaitu One UI 3.0. Kombinasi antara OS Android 11 dan One UI tentu akan menghadirkan pengalaman penggunaan yang nyaman serta kaya akan fitur-fitur menarik.

Beberapa fitur terbaru yang diusung oleh One UI 3.0 di antaranya:

  • Tampilan interface yang lebih simpel sehingga memudahkan pengguna dalam berpindah-pindah aplikasi. Seperti saat ingin berpindah dari video ke musik akan jauh lebih mudah dibandingkan versi sebelumnya.
  • Dynamic Lock Screen di One UI akan lebih luas lagi. Jika di versi sebelumnya hanya mencapai 5 kategori, di versi 3.0 Dynamic Lock Screen bisa mencapai 10 kategori.
  • Adanya topeng emoji AR saat video call membuat pengalaman berkomunikasi akan jauh lebih seru dan menyenangkan. Meski sekilas mirip dengan teknologi yang diusung iPhone, tetapi Samsung mempunyai cara pengemasan tersendiri.

Itulah sebagian fitur yang akan coba mereka tawarkan di One UI versi 3.0 mendatang. Pihak Samsung juga menjanjikan penambahan fitur yang lebih di update mendatang. Patut untuk ditunggu.

Back to Content ↑

Spesifikasi Lengkap Samsung 2021

  • OS: Android 11 – One UI 3.0
  • Ukuran Layar: 6,5 inch
  • Resolusi Layar: 2400 x 1080 pixels, 20:9 ratio (~405 ppi density)
  • Chipset: Snapdragon 750 (7 nm+)
  • CPU: Octa-core 2,2 GHz
  • GPU: Adreno 619
  • Kamera Belakang:
    • 48 MP (lensa wide) PDAF
    • 12 MP (lensa ultra-wide)
    • 5 MP (lensa macro)
    • 5 MP (lensa depth)
  • Kamera Depan: 32 MP (wide)
  • Type Screen: AMOLED untuk A52 5G
  • RAM/Storage: 6/128GB, 8/128GB
  • Kapasitas Baterai: Li-Poly 5.000 mAh, (charging 33W)
  • Tipe USB Type-C: Ya
  • Fingerprint: Ya
  • NFC: Ya
  • Harga Pasaran: Rp 8 - 10 juta

Back to Content ↑

Kesimpulan

Beberapa informasi terkait Samsung A52 di atas memang sudah keluar sebagian, tetapi ada beberapa aspek yang memang belum fix. Oleh karena itu, masih ada kemungkinan perubahan spesifikasi di hari perilisannya kelak. Jika Anda mengincar HP ini, harap bersabar ya. Terima Kasih dan Semoga Bermanfaat!

Back to Content ↑