Skip to main content

Mau UANG?? Kirim artikel yang berkaitan dengan niche Blog Daily Info DISINI. Artikel/tulisan yang disetujui akan dapat imbalan uang, atau dapat ditukar dengan pemberian Backlink Nofollow dari Kami.

×

Samsung A21: Review dan Spesifikasi Lengkap 2021

Samsung A21: Review dan Spesifikasi Lengkap 2021
Samsung A21

Samsung A21: Review dan Spesifikasi Lengkap 2021

Satu lagi smartphone milik Samsung yang dirilis pada tahun 2020 ini, yaitu Samsung A21. Produk ini seolah menjadi pembuktian bahwa Samsung tidak begitu saja membiarkan vendor smartphone lain berdiri dengan tenang di kelas mid-range. Benarkah produk ini cukup menjanjikan di kelasnya?

Di beberapa waktu lalu, Samsung memang cukup sukses dengan mengusung seri Galaxy A31. Kali ini produk dengan kelas yang sama mencoba untuk meneruskan kesuksesannya tersebut. Apakah memang Samsung Galaxy A21 cukup tangguh untuk diandalkan? Silahkan simak ulasannya berikut.

TOC / Daftar Isi

Review Lengkap Samsung A21

Produk ini pertama kali diperkenalkan pada bulan April dan dirilis pada bulan Juni 2020 lalu. Kini, smartphone ini menjadi favorit banyak orang karena spesifikasinya yang cukup memadai untuk digunakan di tahun 2020. Untuk lebih jelasnya bisa Anda lihat di pembahasan berikut:

Back to Content ↑

1. Build Quality dan Desain

Dari segi build quality, Samsung A21 memiliki pelapis body belakang berbahan plastik polycarbonat. Meski plastik, desain yang coba ditampilkan cukup baik. DI sana ada 4 modul kamera yang tersusun secara vertikal di sisi kiri body belakang.

Agak ke tengah terdapat pula sensor sidik jari sebagai sistem pengaman selain face recognition dan juga password. Peletakan tombol volume dan power masih seperti biasanya yang berada di sisi kanan body. Sementara di bagian depan ada kamera yang diletakkan dengan desain punch hole.

Dimensi dari smartphone ini adalah 167.8 x 76.7 x 8.1 mm dengan bobot 192 gram. Ukuran yang sangat lumrah untuk model smartphone saat ini. Meski lebih nyaman menggunakan 2 tangan, smartphone ini tetap memungkinkan untuk dioperasikan dengan satu tangan.

Back to Content ↑

2. Display

Di sektor display, Samsung A21 mengusung layar 6,5 inch dengan rasio screen to body mencapai 79,3%. Untuk resolusi layarnya sendiri masih HD+ 720 x 1600 pixels. Ditambah lagi panel yang digunakan IPS LCD dan bukan layar AMOLED yang menjadi ciri khas Samsung.

Untuk membuatnya nyaman saat digenggam, smartphone ini dibuat dengan desain curve 2.5D di bagian tepinya. Desain tersebut tidak saja membuatnya nyaman saat digenggam, tetapi juga menambah sisi elegan dari desainnya.

Tidak ada capacitive button di bagian bawah layar karena semua fungsi tombolnya sudah menggunakan virtual button yang disematkan di layar. Hal ini membuat bentang layarnya tampak luas dari ujung bawah hingga ke ujung atas.

Back to Content ↑

3. Spesifikasi Hardware

Beralih ke sektor hardware, spesifikasi dari Samsung A21 tidak begitu mencolok dan terkesan masih biasa saja. Pertama, Samsung mempercayakan chipset Mediatek Helio P35 Octa-core yang dipadukan dengan RAM 3GB dan internal storage sebesar 32GB.

Spesifikasi tersebut bisa dikatakan tidak begitu spesial dan hanya efektif untuk mendapatkan performa sedang saat bermain game seperti PUBG, Mobile Legend, atau Call of Duty Mobile. Meski begitu, Anda tetap bisa nyaman jika hanya menggunakannya untuk keseharian.

Jika kapasitas 32GB di atas terlalu kecil, Anda masih bisa menambahkan memory menggunakan eMMC eksternal yang dipasang secara hybrid bergantian dengan slot SIM card 2 sehingga Anda bisa menyimpan lebih besar data ke dalam smartphone tersebut.

Back to Content ↑

4. Kamera

Komponen selanjutnya yang akan dibahas adalah sektor kamera. Samsung A21 memiliki 4 kamera di bagian belakang, diantaranya lensa 16 MP (lensa wide), 8 MP (ultra-wide), 2 MP (macro), dan 2 MP (depth). Kombinasi keempatnya tentu saja bisa menghasilkan foto yang keren.

Dari posisi belakang, mari kita menuju ke sisi depan smartphone ini. Di sana ada kamera yang diletakkan membentuk punch hole beresolusi 13 MP (wide) yang bisa Anda gunakan untuk selfie maupun video call.

Jika Anda ingin melakukan perekaman, baik menggunakan kamera depan maupun belakang keduanya sudah mendukung mode perekaman 1080p@30fps. Adanya kemampuan tersebut tentu bisa menghasilkan dokumentasi yang bagus atau untuk postingan di media sosial.

Back to Content ↑

5. Baterai

Untuk mendukung aktivitas Anda seharian, ada baterai berkapasitas 4000 mAh yang bisa digunakan. Baterai ini juga sudah mendukung mode fast charging 15W sehingga tidak butuh waktu lama untuk mengisi baterai ini sampai penuh. Jadi, Anda tidak perlu khawatir saat membawanya keluar rumah.

Dengan kapasitas tersebut, Anda juga bisa bermain game dengan durasi yang cukup lama. Tentu Anda tidak ingin momen bermain game Anda harus terganggu dengan proses charging lantaran baterai yang kehabisan daya.

Baterai smartphone saat ini memang sering mencapai 5000 atau 6000 mAh. Meski smartphone ini tidak sebesar itu, setidaknya body yang ada di Samsung A21 tidak terlalu bongsor dan masih nyaman untuk dipegang satu tangan.

Back to Content ↑

6. Fitur

Samsung A21 yang diluncurkan oleh Samsung beberapa waktu lalu ini tidak pelit akan fitur. Beberapa fitur yang cukup berguna masih bisa Anda temukan di sini, seperti adanya sensor fingerprint di bagian belakang, sensor-sensor yang cukup lengkap, USB port yang sudah Type-C.

Selain itu, ada juga FM Radio yang bisa Anda nikmati di dalamnya saat sedang suntuk atau bosan, untuk keperluan transaksi pembayaran tanpa uang kas ada fitur NFC yang bisa Anda maksimalkan menggunakan smartphone satu ini.

Back to Content ↑

7. OS dan Software

Sektor terakhir yang akan dibahas tentang HP ini adalah bagian OS atau softwarenya. Samsung A21 berjalan menggunakan basis Android 10 dengan user interface milik Samsung, yaitu One UI 2.0. Berkat kombinasi keduanya, pengalaman menggunakan ponsel ini akan semakin maksimal tentunya.

Adanya informasi tentang update Android 11 sepertinya perangkat ini juga akan memperoleh update tersebut. UI dari Samsung One UI juga akan di update hingga ke versi 3.0 sehingga pengalaman penggunaannya akan lebih optimal lagi dari sebelumnya.

Penggunaan mode bagi layar di HP ini menjadi lebih maksimal berkat beberapa penyesuaian yang dilakukan di One UI. Pada akhirnya hal itu membuat tampilannya lebih sederhana dan bisa dinikmati oleh berbagai kalangan, baik anak kecil, dewasa maupun orang tua.

Agar Anda lebih mudah dalam mempelajari spesifikasi lengkap dari Samsung A21, maka tabel / list di bawah ini bisa membantu Anda:

Back to Content ↑

Spesifikasi Lengkap Samsung A21

Berikut spesifikasi lengkap dari smartphone Samsung A21

  • OS: Android 10 – One UI 2.0
  • Ukuran Layar: 6,5 inch
  • Resolusi Layar: 720 x 1600 pixels (~270 ppi density)
  • Chipset: MediaTek Helio P35
  • CPU: Octa-core 2,3 GHz
  • Kamera Belakang:
    • 16 MP (lensa wide) PDAF
    • 8 MP (lensa ultra-wide)
    • 2 MP (lensa macro)
    • 2 MP (lensa depth)
  • Kamera Depan: 13 MP (wide)
  • Type Screen: IPS LCD
  • RAM/Storage: 3/32GB
  • Kapasitas Baterai: Li-Poly 4.000 mAh, (charging 15W)
  • Tipe USB Type-C: Ya
  • Fingerprint: Ya
  • NFC: Ya
  • Harga Pasaran: Rp 2,8 juta

Back to Content ↑

Kesimpulan

Meski tidak terlalu spesial dari sisi spesifikasinya, Samsung A21 masih tetap layak untuk Anda beli berkat fitur-fiturnya yang cukup lengkap, seperti fingerprint dan juga NFC. Anda juga bisa menggunakan smartphone ini seharian berkat kapasitas baterainya yang cukup besar. Sekian, Terima Kasih dan Semoga Bermanfaat!

Back to Content ↑