Skip to main content

Mau UANG?? Kirim artikel yang berkaitan dengan niche Blog Daily Info DISINI. Artikel/tulisan yang disetujui akan dapat imbalan uang, atau dapat ditukar dengan pemberian Backlink Nofollow dari Kami.

×

Cara Mengatasi Youtube Error dan Penyebabnya

Cara Mengatasi Youtube Error dan Penyebabnya
Layar Youtube Menjadi Hitam

Cara Mengatasi Youtube Error dan Penyebabnya

Jika terjadi error pada saat mengakses Youtube, tentu kita tidak bisa menikmati layanan streaming ataupun mengupload video di dalamnya. Jika sudah begitu, mau tidak mau kita harus mencari cara mengatasi Youtube error tersebut. Lantas, bagaimanakah cara mengatasinya?

Error pada Youtube bisa terjadi karena banyak faktor sehingga tidak bisa menggunakan satu solusi saja untuk mengatasinya. Kita perlu mengetahui terlebih dahulu apa yang menyebabkan error tersebut bisa terjadi. Untuk mengetahui hal tersebut, sebaiknya Anda simak ulasannya di bawah ini.

TOC / Daftar Isi

9 Penyebab dan Cara Mengatasi Youtube Error

Seperti yang telah disebutkan di atas, ada banyak faktor yang menyebabkan Error saat kita mengakses Youtube. Adapun penyebab error pada Youtube bisa Anda lihat pada ulasan berikut ini:

Back to Content ↑

1. Aplikasi Youtube Tidak Diperbarui

Error ini biasanya terjadi pada aplikasi Youtube di Smartphone. Aplikasi Youtube yang sudah jauh tertinggal versinya dengan versi yang terbaru biasanya tidak lagi bisa menampilkan konten di dalamnya.

Hal itu lantaran fitur-fiturnya yang sudah tidak bisa ditampung menggunakan aplikasi Youtube versi lama. Oleh karena itu, lakukanlah update secara berkala di Google Play Store. Jika Anda menggunakan jaringan Wifi, seharusnya aplikasi akan langsung update secara otomatis.

Apabila Anda hanya terhubung menggunakan paket data, maka sempatkan beberapa waktu sekali untuk mengecek apakah ada update pada aplikasi Youtube. Jika ada, maka sebaiknya Anda mengupdatenya ke versi terbaru karena jika semakin tertinggal, bisa jadi Youtube tidak bisa dibuka.

Back to Content ↑

2. Data Aplikasi Youtube Penuh

Masih terjadi pada pengguna Youtube di smartphone, kali ini error bisa saja terjadi karena data di aplikasi Youtube yang terlalu penuh. Hal ini biasanya terjadi karena banyak video yang diunduh untuk ditonton secara offline. Bisa juga karena file cache yang sudah terlalu banyak menumpuk.

Memory yang terlalu penuh membuat aplikasi sulit dijalankan. Untuk membuka aplikasi Youtube saja mungkin kesulitan apalagi harus memutar video di dalamnya. Cara mengatasi Youtube error ini, Anda bisa coba untuk menghapus semua video Youtube offline dan juga membersihkan cache.

Jika masih juga error, silahkan uninstal terlebih dahulu aplikasi Youtube di smartphone Anda, kemudian instal kembali. Biasanya, aplikasi Youtube akan kembali ke pengaturan awal dan semua data akan terhapus jika Anda menguninstalnya.

Back to Content ↑

3. Terjadi Youtube Error 503

Penyebab error selanjutnya adalah karena terjadinya masalah pada server Web Youtube. Jika server Youtube mengalami gangguan dan membuat pengguna internet tidak dapat menjangkaunya, maka pesan error 503 akan muncul. Masalah seperti ini biasanya disebut dengan Server Youtube Down.

Jika ini terjadi, Anda tidak bisa melakukan apa-apa untuk mengatasinya dan hanya bisa ditangani oleh pihak Youtube sendiri. Biasanya mereka membutuhkan waktu beberapa jam untuk memulihkannya kembali. Jadi, Anda hanya perlu menunggu sampai masalah teratasi.

Masalah ini bisa ditemui pada aplikasi Youtube di smartphone maupun saat mengaksesnya menggunakan browser di PC. Jadi, Anda tetap akan menemukan masalah yang sama sekalipun Anda mengganti cara mengakses Youtube.

Back to Content ↑

4. Koneksi Internet Lambat

Penyebab Error berikutnya bisa jadi karena internet yang Anda gunakan terlalu lambat atau bahkan terputus. Saat mencoba mengakses Youtube, browser akan mencoba mengumpulkan semua data yang ada pada halaman Youtube.

Dalam proses tersebut, browser harus mengunduh data-data yang diperlukan sehingga satu halaman Youtube akan tampil. Jika proses download tersebut tidak selesai dalam waktu yang lama maka bisa terjadi request time out. Jika itu terjadi, pesan error akan muncul di halaman browser Anda.

Untuk mengatasinya, silahkan ganti koneksi internet Anda dengan koneksi yang lebih stabil dan kencang. Hal itu lantaran Youtube merupakan situs streaming video sehingga membutuhkan data yang lebih banyak untuk diunduh dibandingkan menampilkan halaman website biasa.

Back to Content ↑

5. Situs Youtube Diblokir

Saat situs Youtube diblokir, tentu saja kita tidak dapat mengaksesnya dengan bebas. Akibatnya pesan yang menyatakan bahwa situs yang bersangkutan tidak dapat diakses akan muncul. Hal ini biasanya terjadi karena suatu alasan, seperti beredarnya video terlarang di Youtube.

Otoritas yang bisa melakukan pemblokiran ini biasanya adalah pihak pemerintah lewat Kemenkominfo. Untuk mengatasinya tentu tergantung kebijakan pemerintah. Namun, jika ingin sedikit tricky, Anda bisa menggunakan VPN dan kembali mengaksesnya dengan bebas.

Back to Content ↑

6. Youtube Tidak Berfungsi di Browser

Jika Anda mengalami hal ini, cobalah memulainya dengan restart Chrome Anda atau sekaligus merestart PC. Setelah itu, cobalah untuk menghapus file cache di browser. Perhatikan juga ekstensi yang Anda gunakan di Chrome, hilangkan ekstensi yang mencurigakan.

Bisa jadi ekstensi tersebutlah yang menjadi masalah utama yang menyebabkan Youtube error dan tidak bisa diakses. Cara mengatasi Youtube error ini seharusnya sudah bisa mengembalikannya ke kondisi semula.

Akan tetapi, jika Anda masih menemui kendala yang sama, maka pastikan browser yang Anda gunakan adalah versi yang terbaru. Silahkan update terlebih dahulu jika masih menggunakan versi lama. Aktifkan juga Java Script agar Youtube bisa berjalan dengan normal.

Back to Content ↑

7. Layar Youtube Menjadi Hitam

Layar Youtube berwarna Hitam bisa karena kesalahan pada perangkat Anda. Jika hal itu yang terjadi, silahkan keluar dari akun Youtube Anda, lalu masuk kembali. Lakukan juga metode pembersihan cache agar Youtube bisa kembali normal.

Jika layar hitam disebabkan karena kesalahan dari pihak Youtube, tentu saja Anda tidak bisa mengatasinya dan menunggu proses maintenance selesai dilakukan dan akses ke Youtube bisa kembali dilakukan. Silakan menunggu 30 menit hingga 2 jam sebelum mengakses Youtube kembali.

Back to Content ↑

8. Bermasalahnya Fungsi Flash Player di Browser

Flash player adalah salah satu tools bagi sebuah browser untuk bisa memutar video. Jika Flash Player terjadi kendala atau crash, maka video-video yang diputar di dalam browser tidak dapat diputar, termasuk Youtube.

Jika hal itu terjadi, cobalah untuk mengupdate Flash Player Anda, re-enable Flash Player di browser, atau menggunakan browser lain yang memiliki fungsi Flash Player yang masih normal. Jika Flash Player sudah terinstal dengan baik, seharusnya video apapun yang diputar bisa berjalan dengan baik.

Back to Content ↑

9. Layar Youtube Menjadi Hijau

Selain bisa menjadi hitam karena suatu alasan, layar Youtube juga bisa menampilkan layar hijau karena alasan yang lain. Hal yang sering terjadi biasanya karena video Youtube tidak dapat dimuat di halaman tersebut dan hanya menampilkan warna hijau saja.

Cara mengatasi Youtube error karena masalah ini adalah dengan mematikan akselerasi hardware dan memperbarui driver GPU di perangkat yang Anda gunakan. Anda bisa mencari driver tersebut di forum-forum tertentu atau website resmi dari perangkat yang Anda gunakan.

Back to Content ↑

Kesimpulan

Seperti sudah disinggung sebelumnya bahwa cara mengatasi Youtube error tidak bisa menggunakan satu solusi, tetapi harus diselesaikan berdasarkan penyebab error tersebut bisa terjadi. Beberapa kasus di atas bisa Anda pelajari jika suatu hari mendapati kejadian yang sama. Sekian, Terima Kasih dan Semoga Bermanfaat!

Back to Content ↑