Skip to main content

Mau UANG?? Kirim artikel yang berkaitan dengan niche Blog Daily Info DISINI. Artikel/tulisan yang disetujui akan dapat imbalan uang, atau dapat ditukar dengan pemberian Backlink Nofollow dari Kami.

×

Perbedaan iPhone X dan XS (Lengkap + Reviewnya)

Perbedaan iPhone X dan XS (Lengkap + Reviewnya)
Perbedaan iPhone X dan XS (Lengkap + Reviewnya)

Perbedaan iPhone X dan XS (Lengkap + Reviewnya)

Meski memiliki tampilan yang hampir sama, iPhone X dan iPhone XS merupakan dua varian yang berbeda. Jika dilihat dari spesifikasinya, iPhone XS memang sedikit lebih unggul dibandingkan iPhone X. Lantas, apa sajakah perbedaan iPhone X dan XS secara lebih detail?

Secara khusus, artikel kali ini akan membahas perbedaan antara iPhone X dan iPhone XS dilihat dari spesifikasinya dan perkiraan harga jualnya saat ini. Jika Anda berminat untuk meminang salah satunya, sebaiknya Anda simak ulasan artikel berikut ini agar semakin yakin dalam memilih.

TOC / Daftar Isi

Review Perbedaan iPhone X dan XS

Tidak semua bagian dari iPhone X dan XS menggunakan komponen yang berbeda karena tujuan diluncurkannya iPhone XS untuk memberikan pilihan yang sedikit lebih tinggi dibandingkan iPhone X biasa. Agar lebih jelas, berikut adalah spesifikasi lengkap dari keduanya:

Back to Content ↑

1. Desain

Dari segi desain kedua smartphone ini bagaikan pinang dibelah dua - sama persis. Mulai dari ukuran layar 5,8 inch dan juga build quality yang diusungnya. Di bagian frame atau pinggiran bodinya, kedua smartphone ini sama-sama menggunakan material stainless steel yang kokoh.

Sementara di sisi belakang dan juga depannya, kedua smartphone ini juga telah dilapisi oleh kaca (Gorilla Glass) yang membuatnya semakin elegan. Tak ketinggalan, ada notch di bagian atas layar sebagai tempat kamera dan juga beberapa sensor untuk keperluan face ID dan sebagainya.

Di sinilah letak perbedaan iPhone X dan XS dari segi desainnya, yaitu ditambahkannya flood illuminator pada bagian notch di iPhone XS. Desain notch ini pada akhirnya menjadi tren baru adanya notch, water drop, punch hole, atau pola peletakkan kamera di layar depan smartphone lainnya.

Back to Content ↑

2. Spesifikasi Hardware

Beralih ke sektor hardware, kali ini kita akan langsung menemukan perbedaan Iphone X dan XS secara jelas. Untuk chipset yang digunakan, iPhone X masih menggunakan chipset Apple A11 Bionic (10 nm), sementara iPhone XS memiliki chipset yang lebih baru dengan Apple A12 (7 nm) di dalamnya.

Di sektor GPU, iPhone XS juga lebih unggul dengan adanya 4-core graphics dibanding 3-core graphics pada iPhone X. Untuk kebutuhan multitasking dan penyimpanan, iPhone X masih menggunakan varian Ram 3GB dengan internal storage 64GB dan 256GB.

Sementara untuk iPhone XS memiliki RAM 4GB dengan varian storage 64GB, 256GB dan 512GB. Dari sini bisa disimpulkan bahwa dapur pacu iPhone XS memang lebih unggul dibandingkan iPhone X biasa. Hal yang wajar mengingat harga iPhone XS memang dibanderol lebih tinggi.

Pengujian berikutnya adalah uji performa pada AnTuTu Benchmark, yang mana menghasilkan skor 346.379 untuk iPhone XS dan 233.100. Hasil ini tidak begitu mengejutkan karena dari segi hardware iPhone XS memang lebih baik dibandingkan iPhone X.

Back to Content ↑

3. Layar

Pembahasan berikutnya adalah pada sektor layar dari kedua smartphone tersebut. Seperti sudah disebutkan sebelumnya, layar kedua smartphone tersebut sama, yaitu 5,8 inch dengan resolusi 1125 x 2436 pixels. Untuk panelnya, kedua smartphone ini menggunakan teknologi panel OLED.

Pihak Apple menyebutnya dengan Super Retina Display. Di sisi lain, Anda tidak akan menemukan tombol home fisik lagi di kedua smartphone ini karena fungsinya kini sudah digantikan dengan gesture swipe dari sisi bawah ke atas atau bisa juga menggunakan fitur face ID.

Untuk melindungi layar, baik iPhone X maupun iPhone XS sudah dilapisi Scratch-resistant glass di sisi depan dan lapisan oleophobic coating di sisi belakangnya sehingga relatif aman dari bekas sidik jari. Meski begitu, opsi menggunakan case pelindung tetap disarankan untuk kedua smartphone ini.

Back to Content ↑

4. Baterai

Perbedaan iPhone X dan XS juga ada di sektor baterai. Kali ini iPhone X memiliki kapasitas yang lebih tinggi dibanding iPhone XS. Kapasitas baterai di iPhone X adalah 2716 mAh, sedangkan di iPhone XS kapasitasnya sebesar 2658 mAh.

Meski berbeda, keduanya sudah support fast charging 15W dan juga Qi wireless charging atau mode pengisian tanpa kabel. Beberapa waktu lalu, Tom’s Guide melakukan pengujian terhadap kedua smartphone ini dan hasilnya iPhone X mampu bertahan lebih lama 1 jam 8 menit.

Back to Content ↑

5. Kamera

Berlanjut ke sektor kamera, keduanya memiliki spesifikasi yang sama. Di bagian belakang ada dual kamera dengan masing-masing lensanya adalah 12 MP (wide) dan 12 MP (telephoto). Sedangkan untuk kamera depannya memiliki lensa 7 MP (standard).

Kamera belakangnya sudah mendukung mode perekaman 4K hingga 60 fps. Dengan kamera tersebut tentu saja Anda bisa menghasilkan video yang jernih dan smooth. Sementara kamera depannya mampu menghasilkan video 1080p@30fps.

Sebenarnya ada satu perbedaan iPhone X dan XS di sektor kamera depan, yaitu adanya sensor Gyro-EIS di iPhone XS yang membuat video yang dihasilkan lebih stabil sekalipun mengalami guncangan saat melakukan perekaman.

Back to Content ↑

6. Fitur

Perbedaan iPhone X dan XS selanjutnya yang akan kita bahas adalah pada fitur-fitur yang disematkan. Mulai dari sensor, keduanya secara umum memiliki sensor yang sama, seperti sensor gyro, proximity, barometer, compass, hingga FaceID.

Satu yang cukup disayangkan adalah absennya headphone jack di kedua smartphone tersebut. Sehingga Anda membutuhkan adapter untuk bisa mendengarkan musik secara langsung ke iPhone X atau iPhone XS.

Back to Content ↑

Tabel Detail Perbedaan iPhone X dan XS

Spesifikasi iPhone X iPhone XS
OS iOS 11.1.1 upgrade ke iOS 14.2 iOS 12 upgrade ke iOS 14.2
Ukuran Layar 5,8 inch 5,8 inch
Resolusi Layar 1125 x 2436 pixels (~458 ppi density) 1125 x 2436 pixels (~458 ppi density)
Chipset Apple A11 Bionic (10 nm) Apple A12 Bionic (7 nm)
CPU Hexa-core 2.39 GHz (2x Monsoon + 4x Mistral) Hexa-core (2x2.5 GHz Vortex + 4x1.6 GHz Tempest)
GPU Apple GPU (three-core graphics) Apple GPU (4-core graphics)
Kamera Belakang 12 MP (wide) dual pixel, PDAF, OIS
12 MP (telephoto) PDAF, OIS, 2x optical zoom
12 MP (wide) dual pixel, PDAF, OIS
12 MP (telephoto) PDAF, OIS, 2x optical zoom
Kamera Depan 7 MP (standard) 7 MP (standard), Gyro-EIS
Type Screen Super Retina OLED Super Retina OLED
RAM/Storage 3/64GB, 3/256GB 4/64GB, 4/256GB, 4/512GB
Kapasitas Baterai Li-Ion 2716 mAh, (charging 15W) Li-Ion 2658 mAh, (charging 15W)
Sensor Face ID, accelerometer, gyro, proximity, compass, barometer Face ID, accelerometer, gyro, proximity, compass, barometer
AnTuTu Benchmark 233.100 346.379
Headphone Jack No No
Harga Pasaran Rp 7,8 juta – 8,5 juta Rp 12 juta – 15 juta

Back to Content ↑

Kesimpulan

Perbedaan iPhone X dan XS secara umum terletak disektor dapur pacunya. Beberapa juga ada disektor-sektor tertentu dan memang iPhone XS lebih unggul dibanding iPhone X. Jika Anda ingin memiliki iPhone dengan varian yang lebih banyak tentu iPhone XS bisa menjadi pilihan tepatnya. Terima Kasih dan Semoga Bermanfaat!

Back to Content ↑