Skip to main content

Mau UANG?? Kirim artikel yang berkaitan dengan niche Blog Daily Info DISINI. Artikel/tulisan yang disetujui akan dapat imbalan uang, atau dapat ditukar dengan pemberian Backlink Nofollow dari Kami.

×

Macbook Air 2017: Review Spesifikasi dan Harga

Macbook Air 2017: Review Spesifikasi dan Harga
Macbook Air 2017: Review Spesifikasi dan Harga

Macbook Air 2017: Review Spesifikasi dan Harga

Macbook Air 2017 bisa menjadi pilihan yang tepat untuk Anda yang ingin memiliki ultrabook desain tipis namun memiliki performa yang handal. Macbook ini juga bisa menjadi pilihan yang terjangkau, karena hanya dibanderol sekitar 15 jutaan saja.

Ya, harga tersebut termasuk rasional untuk sebuah Macbook, produk laptop dari Apple yang menjanjikan desain indah dan performa optimal untuk segala kebutuhan. Jika Anda ingin membelinya, maka bisa membaca tabel spesifikasi dan review-nya di bawah ini.

TOC / Daftar Isi

Spesifikasi Macbook Air 2017

Berikut spesifikasi lengkap dari Apple Macbook Air 2017

  • Processor: Intel Core i5 1.8 GHz L3 cache 3MB (bisa dipercepat dengan Turbo Boost hingga 2.9 GHz
  • RAM: 8GB RAM 1.600 MHz LPDDR3
  • Storage: SSD berbasis PCie 128GB dan SSD berbasis Pcie 256GB
  • Display: 13.3 inch (resolusi 1.440 x 900 pixel)
  • Grafis: Intel HD Graphics 6000
  • Konektivitas:
    • 11ac Wi-Fi (cocok untuk IEEE 802.11a / b / g / n / ac)
    • Bluetooth 4.0
  • Port:
    • 2 x USB 3
    • 1 x Thunderbolt 2
    • 1 x slot kartu SDXC
    • 1 x jack headphone 3.5mm
  • Audio: Stereo Speakers dengan dua microphone
  • Webcam: HD Camera Face Time dengan kualitas 720p
  • Keyboard: Full size backlit keyboard dilengkapi dengan sensor cahaya ambient
  • Touchpad: Trackpad Multi-Touch
  • Baterai: 54-watt-hour battery, bisa digunakan selama 12 jam untuk browsing.
  • Ukuran:
    • Height: 0.3-0.7 cm (0.11-0.68 inch)
    • Width: 32.5 cm (12.8 inch)
    • Depth: 22.7 cm (8.94 inch)
  • Warna: Silver
  • Berat: 1.35 kg (2.96 lb)
  • Harga: Rp 12.500.000,00,-

Back to Content ↑

Review Macbook Air 2017

1. Desain

Salah satu yang menjadi ciri khas laptop Apple adalah desainnya yang indah, seolah dipahat sedemikian rupa oleh seniman masyhur. Desain yang memancarkan keindahan tersebut bisa Anda lihat pada Macbook Air 2017 ini.

Ya, laptop keluaran Apple ini didesain begitu solid dan sempurna, beratnya yang hanya 1.3Kg membuat laptop ini sangat ringan. Artinya, laptop ini cocok untuk aktivitas dengan mobilitas yang tinggi, biasanya kegiatan outdoor.

Ketebalannya yang hanya 1.7cm membuat laptop ini memiliki tingkat fleksibilitas yang tinggi dan lebih baik. Macbook Air 2017 hanya tersedia dalam warna silver (perak), yang membuat laptop ini terlihat mewah dan elegan, sesuai dengan citra Apple.

Back to Content ↑

2. Konektivitas

Laptop ini sudah dilengkapi dengan 2 port USB 3.0, yang memiliki kecepatan transfer data hingga 5Gbps. Jika masih kurang, ada port thunderbolt 2.0, yang bisa memberikan kecepatan transfer data maksimal, yaitu mencapai 20 Gbps.

Selain itu, ada MagSafe 2 Power Port, slot untuk kartu SDXC dan headphone jack ukuran 3.5mm yang juga bisa digunakan untuk earphone. Memang bukan yang terlengkap, namun tidak masalah karena sudah ada thunderbolt 2.0 untuk kebutuhan transfer data yang maksimal.

Laptop ini juga menjanjikan kecepatan internet yang lebih baik, berkat konektivitas Wi-Fi yang support internal 802.11a / b / g / n / ac. Internal ini cocok untuk AirPort, Broadcom BCM4360 berbasis 867Mbit / s. Pastinya, aktivitas browsing, streaming hingga online meeting bebas dari lemot.

Back to Content ↑

3. Display

Macbook Air 2017 hadir dengan layar widescreen LED-backlit glossy yang berukuran 13.3 inch dengan resolusi HD, yaitu 1.440 x 900 pixel. Layarnya memiliki pixel density (kerapatan piksel) mencapai 128 ppi, sudah cukup baik meski bukan yang terbaik.

Ya, memang tidak bisa dibandingkan dengan Macbook Pro, yang kerapatan pikselnya mencapai 227 ppi, tentunya dengan harga yang lebih mahal. Kelebihannya, dengan resolusi tersebut, baterai laptop ini tidak akan terlalu terkuras, jadi bisa tahan lebih lama.

Back to Content ↑

4. Mesin

Satu hal yang paling ditingkatkan dari laptop ini adalah spesifikasi mesinnya, yang jauh lebih baik jika dibandingkan dengan Macbook Air 2015. Walaupun tetap menggunakan processor dengan arsitektur yang sama (Broadwell), namun seri ini telah dibenami dengan processor Intel Core i5 5350U.

Processor dual core ini memiliki clock speed 1.8 GHz, yang masih bisa Anda tingkatkan menjadi 2.9 GHz. Jadi, processor tersebut mampu membuat laptop ini memiliki performa yang handal, entah untuk browsing, streaming dan aktivitas sederhana lainnya.

Apakah Macbook Air 2017 bagus untuk gaming? Iya, jika game yang Anda mainkan adalah game casual yang tidak terlalu membutuhkan processor yang handal. Laptop ini memang tidak didesain untuk gaming, jadi bisa mencari laptop yang lebih sesuai dengan kebutuhan.

Bagaimana soal editing? Macbook ini cukup mumpuni untuk kegiatan editing yang tidak terlalu signifikan. Processor di dalamnya masih bisa mengatasi kegiatan editing yang sederhana dan tidak terlalu kompleks.

Back to Content ↑

5. RAM

Selain processor yang mumpuni tersebut, laptop ini juga sudah dilengkapi dengan RAM yang sangat baik. Macbook Air versi 2017 ini memiliki RAM 8GB 1600Mhz LPDDR3. Kapasitas RAM 8GB menjanjikan kemulusan bebas lag untuk semua aktivitas.

Ya, kapasitas RAM yang besar memang bisa mempermudah pekerjaan sekaligus meningkatkan produktivitas. RAM 8GB membebaskan Anda dari emosi sesaat, imbas dari laptop lemot dan tidak optimal digunakan untuk multitasking.

Jadi, sekarang Anda bebas membuka program tanpa harus menutup program lain tanpa khawatir membuat laptop loading lama. Entah itu working, browsing dan streaming, semua bisa dilakukan dengan smooth dan bebas dari lag.

Back to Content ↑

6. Grafis

Macbook Air 2017 dibenami dengan kartu grafis Intel HD Graphic 6000, yang pasti lebih unggul dibandingkan dengan Macbook generasi sebelumnya. Kartu grafis yang oke ini bisa membuat aktivitas editing dan casual gaming lebih bisa ditoleransi.

Ini merupakan sebuah prestasi besar, karena laptop ini memang tidak didesain untuk editing yang kompleks maupun gaming high-end. Namun berkat kartu grafis tersebut, dua hal ini masih bisa Anda lakukan di Macbook Air versi 2017.

Back to Content ↑

7. Storage

Laptop ini memiliki kapasitas storage tipe SSD yang besar, yang mana ada dua pilihan, yaitu 128GB dan 256GB. Jika Anda merasa tidak cukup dengan kapasitas yang kecil, maka bisa memilih kapasitas yang lebih besar, yang ideal untuk menyimpan berbagai file, aplikasi dan program.

Jika masih tidak cukup dengan storage 256GB, maka bisa memanfaatkan cloud storage. Penyimpanan awan juga dirasa lebih aman, selama tidak diretas oleh oknum yang tidak bertanggung jawab.

Back to Content ↑

8. Keyboard & Touchpad

Kualitas keyboard dan touchpad yang ada pada Macbook Air 2017 sudah tidak perlu diragukan kualitasnya. Keyboard sudah dilengkapi dengan ambient light sensor, sedangkan touchpad sudah dilengkapi dengan Multi-Touch trackpad yang memudahkan pengguna dan membuat mereka nyaman.

Back to Content ↑

9. Baterai dan Webcam

Laptop ini memiliki kapasitas baterai yang tahan lama, yang mana bisa bertahan hingga 30 jam di mode standby dan 12 jam saat digunakan untuk browsing. Sedangkan webcam-nya sudah memiliki resolusi yang bagus, yaitu 720p, sangat jernih untuk video teleconference.

Back to Content ↑

10. Pilihan Software dan Aplikasi

Macbook Air 2017 sudah menggunakan OS Sierra, yang memungkinkan Anda bisa menikmati banyak aplikasi Apple, yaitu:

  • iMovie
  • Keynote
  • Safari
  • FaceTime
  • Mail dan lain sebagainya.

Back to Content ↑

Macbook Air 2017 sangat cocok untuk Anda yang ingin memiliki ultrabook dengan mobilitas yang tinggi. Lebih-lebih laptop ini sudah dibekali dengan prosesor, RAM, kartu grafis serta storage yang berkualitas, jadi harga 13 jutaan menjadi sangat worth it. Terima Kasih dan Semoga Bermanfaat!