Skip to main content

Mau UANG?? Kirim artikel yang berkaitan dengan niche Blog Daily Info DISINI. Artikel/tulisan yang disetujui akan dapat imbalan uang, atau dapat ditukar dengan pemberian Backlink Nofollow dari Kami.

×

Gopro Hero 9: Review dan Spesifikasi Lengkap 2021

Gopro Hero 9: Review dan Spesifikasi Lengkap 2021
Gopro Hero 9 Black

Gopro Hero 9: Review dan Spesifikasi Lengkap 2021

Gopro pastinya sudah sangat terkenal di kalangan para Videografer, dimana kamera ini memang dibuat khusus untuk menangkap berbagai momen di luar ruangan. Baru-baru ini Gopro telah merilis seri terbarunya yakni Gopro Hero 9 Black.

Kabarnya kamera ini mempunyai kemampuan merekam video hingga 5K, bahkan ia juga dilengkapi dengan sistem stabilisasi terbaru. Sehingga ia bisa digunakan di berbagai medan, terutama medan yang mempunyai banyak goncangan sekalipun.

TOC / Daftar Isi

Spesifikasi Gopro Hero 9

Berdasarkan harga sebenarnya Hero 9 tidak terpaut jauh dengan seri sebelumnya, namun dengan harga tersebut ia sudah mempunyai peningkatan spesifikasi sangat signifikan. Berikut ini adalah spesifikasi yang dibawanya :

Spesifikasi Lengkap Gopro Hero 9 Black

  • Photo: 20 Mp + Super Photo with HDR2MP
  • Video: 5K30
  • 100Mbps Bit Rate: 5K/4K/2.7K
  • Video Stabilization: Hyper Smooth 3.0
  • Horizon Leveling: In-Camera
  • Digital Lenses (FOV): Super View, Wide, Linier
  • Front Screen: 1.4” Color with Live View
  • Frameless Mountain with Folding Fingers: Yes
  • Time Warp Video: Time Warp 3.0
  • Mods: Yes
  • Night Lapse Video: Yes
  • HindSight: Yes
  • Live Burst: Yes
  • Scheduled Capture: Yes
  • Setting & Custom Presets: Yes
  • Live Streaming: 1080P
  • Webcam Mode: Yes
  • RAW Photo Capture: Yes
  • HDMI: Yes

Back to Content ↑

Review Gopro Hero 9

1. Resolusi Hingga 5K

Dibekali dengan resolusi video hingga 5K, membuat Gopro Hero 9 sempat membuat heboh para penggemarnya. Mengingat belum banyak kamera lain yang memiliki resolusi setinggi itu, apalagi di kelas atau harga yang ditawarkannya.

Resolusi yang tinggi membuat beberapa hal baru bisa dilakukan dalam perekaman, seperti melakukan crop, super slow motion, video yang smooth, dan lain sebagainya. Tentu saja resolusi ini menjadi daya tarik utama pada kamera tersebut.

Back to Content ↑

2. Super Photo 20 MP

Bukan hanya dari segi videografi saja yang diperhatikan, namun seri Gopro terbaru ini juga sudah dilengkapi dengan kamera 20 MP. Sehingga dapat menghasilkan kualitas foto yang sangat baik.

Adanya teknologi Super Photo juga menjadi nilai lebih yang dimilikinya, dimana dengan fitur ini foto yang dihasilkan akan terlihat lebih profesional. Diharapkan walaupun Gopro terkenal dengan videografinya, namun ia juga tak mau kalah dari segi fotografi yang dimilikinya.

Back to Content ↑

3. Dual Screen

Gopro 9 hadir dengan fitur terbarunya yaitu dual screen, keduanya terletak di bagian depan dan belakang kamera. Adanya dual screen ini menjadikan mobilitas kamera tersebut sangat tinggi, terutama saat digunakan untuk kebutuhan vlogging.

Anda dapat merekam diri sendiri sembari melihat screen yang ada di samping lensa. Walaupun ukurannya tidak seluas screen utama, namun ia sudah sangatlah cukup untuk melihat hasil video vlog yang dilakukan.

Bila masih kurang puas, Anda juga bisa menambahkan screen mod diatas kamera ini. Sehingga view video akan semakin jelas, karena Gopro 9 juga telah menyediakan port tambahan yang bisa melakukan hal tersebut.

Back to Content ↑

4. Maksimal Lensa Mod

Perlu diketahui juga bahwa Gopro Hero 9 memiliki lensa mod terbaru, dimana ia dapat disesuaikan dengan kebutuhan dalam perekaman. Lensa tersebut dapat diputar saat ingin mengambil view gambar yang lebih berbeda.

Selain itu lensa ini dapat dilepas dan diganti dengan sangat mudah, sehingga bisa diganti-ganti sesuai momen yang ingin ditangkap.

Back to Content ↑

5. Smooth Stabilization

Kamera Gopro terkenal mempunyai stabilization sangat baik, mengingat penggunaannya memang diperuntukkan di luar ruangan. Gopro 9 sendiri dilengkapi stabilization yang jauh lebih baik lagi daripada seri sebelumnya.

Disini tersedia beberapa tingkatan stabilization, mulai dari smooth stabilization, super smooth stabilization, hingga hyper smooth stabilization. Kabarnya fitur ini mampu membuat goncangan super ekstrim akan terlihat tetap mulus di dalam kamera yang satu ini.

Back to Content ↑

6. Slow Motion Hingga 8x

Slow motion merupakan salah satu fitur yang sudah disematkan dalam kamera ini, walaupun tidak sebaik kamera profesional. Namun slow motion yang dibawa cukuplah tinggi mencapai 8x perlambatan waktu.

Hasil video slow motion ini terbilang sangat bagus, tidak patah atau mengalami frame drop. Sehingga video yang dihasilkan tetap mulus di segala kondisi. Selain itu ia sudah mendukung penggabungan slow motion dan time lapse dalam satu video.

Back to Content ↑

7. Akselerasi Tinggi

Membawa akselerasi yang lebih tinggi menjadi kelebihan berikutnya dari Gopro 9, dimana ia dapat digunakan di beragam medan. Mulai dari perkotaan, pegunungan, cuaca dingin, pantai, laut, dan lain sebagainya.

Terlebih lagi ia sudah dilengkapi dengan Time Warps, fitur ini memungkinkan aksi videografi menjadi lebih kreatif lagi. Anda bisa mengatur bagian mana yang akan fokuskan, baik dalam slow motion, timelapse, akurasi video, dan lain sebagainya.

Back to Content ↑

8. Live Burst Camera

Menangkap foto yang bergerak cepat memang sangatlah sulit, namun dengan adanya Live Burst pada Gopro 9 membuatnya bisa dilakukan dengan mudah. Dalam satu jepretan saja, maka ia dapat menangkap banyak foto sekaligus dalam kurun waktu beberapa detik.

Gopro mengklaim bahwa fitur ini mampu menangkap gambar hingga 5 foto dalam satu detik. Uniknya Anda bisa mengatur berapa detik yang diinginkan, hingga paling maksimal ialah 6 detik dalam sekali proses memotret.

Setelah itu Anda tinggal mencari foto terbaik dari hasil jepretan, lalu simpanlah di penyimpanan dan buang foto yang dirasa kurang bagus.Tentu saja hal ini sangat membantu untuk menangkap berbagai momen cepat yang ada di outdoor.

Back to Content ↑

9. Hindsight Camera

Selain itu ada juga fitur Hindsight Camera, fitur ini memungkinkan Anda bisa merekam 30 detik sebelum benar-benar menekan tombol rekam. Fungsinya adalah untuk menangkap momen tidak terduga yang bisa saja terjadi.

Mengingat penggunaannya dilakukan untuk menangkap berbagai momen, termasuk saat Anda belum siap untuk memulai proses perekaman itu sendiri. Tentu saja hindsight sangatlah membantu apabila terdapat momen tertentu yang tidak terduga sama sekali.

Back to Content ↑

10. Horizon Leveling

Horizon Leveling bukan menjadi hal baru dalam dunia videografi profesional, sehingga ia juga mulai diadopsi oleh kamera action Gopro 9 ini. Bagi Anda yang belum mengetahui seputar kemampuan ini, Horizon Leveling merupakan teknik merekam sesuai garis horizon.

Artinya walaupun saat merekam kamera mengalami miring atau tidak lurus, namun hasil videonya tetap lurus dan seimbang mengikuti garis horizon. Biasanya hal ini sering ditemui untuk perekaman udara atau di dalam laut.

Gopro Hero 9 memang menjadi kamera action terbaik saat ini, dimana semuanya sudah sangatlah lengkap. Apalagi harga yang ditawarkan tidak jauh beda dengan seri sebelumnya, yaitu di kisaran 6,5 jutaan untuk versi biasa dan 8 jutaan untuk versi lengkapnya.

Back to Content ↑

Harga Gopro Hero 9

Di pasaran sendiri seri Gopro Hero sangatlah diminati banyak orang, baik seri lama maupun seri terbarunya. Untuk lebih lengkapnya, berikut adalah tabel harga beberapa varian Gopro Hero yang dijual di Indonesia sampai saat ini:

Harga Gopro (2021)
No Gopro Harga
1. Gopro 9 Black Special Bundle Rp. 8.099.000,-
2. Gopro 9 Black Rp. 6.499.000,-
3. Gopro 8 Black Rp. 5.099.000,-
4. Gopro 7 Black Rp. 4.099.000,-

Back to Content ↑

Sekian, Terima Kasih dan Semoga Bermanfaat!