Skip to main content

Mau UANG?? Kirim artikel yang berkaitan dengan niche Blog Daily Info DISINI. Artikel/tulisan yang disetujui akan dapat imbalan uang, atau dapat ditukar dengan pemberian Backlink Nofollow dari Kami.

×

Cara Menyembunyikan Aplikasi dengan Baik dan Benar

Cara Menyembunyikan Aplikasi dengan Baik dan Benar
Cara Menyembunyikan Aplikasi dengan Baik dan Benar

Cara Menyembunyikan Aplikasi dengan Baik dan Benar

Karena privasi itu sangat penting, maka cara menyembunyikan aplikasi di smartphone juga menjadi hal paling penting. Jika Anda senang bersosialisasi dan bahkan hampir setiap hari berkumpul dengan orang-orang, Anda perlu memiliki privasi. Terutama dengan hal-hal yang berkaitan dengan smartphone.

Mungkin saja di dalam smartphone Anda, Anda menyimpan berkas-berkas rahasia yang hanya untuk Anda sendiri simpan. Dan tahukah Anda, berikut cara menyembunyikan aplikasi di smartphone Anda:

TOC / Daftar Isi

Cara Menyembunyikan Aplikasi di Smartphone Samsung

Kalau Anda pengguna smartphone Samsung yang memiliki fitur One UI Launcher, maka Anda bisa menggunakan fitur tersebut untuk menyembunyikan aplikasi.

Caranya tekan layar selama beberapa detik dan kemudian pilih pada pengaturan layar beranda. Atau sederhananya, Anda masuk ke pengaturan. Lalu pilih tulisan tampilan dan selanjutnya home screen. Tarik layar hingga muncul pilihan sembunyikan aplikasi.

Seketika itu juga akan muncul beberapa aplikasi yang ada di Smartphone Anda. Di samping aplikasi itu biasanya ada kotak kecil yang berguna untuk memberi tanda silang. Pilihlah aplikasi apa saja yang ingin Anda sembunyikan.

Kalau sudah begitu, otomatis ketika Anda mencari aplikasi tersebut, maka aplikasi yang sudah Anda pilih akan tersembunyikan dan hanya Anda yang tahu.

Back to Content ↑

Cara Menyembunyikan Aplikasi di Smartphone Xiaomi

Setiap merk smartphone memiliki sistem yang berbeda. Meskipun tidak sepenuhnya berbeda dan ada beberapa kesamaan, jika tidak tahu maka juga akan sangat kebingungan. Untuk itu tidak perlu merisaukan hal ini.

Bukan hanya samsung saja. Smartphone Xiaomi pun juga bisa. Malah untuk smartphone ini Anda tidak perlu terlalu repot. Hanya dengan membuka Security app di beberapa aplikasi yang ingin Anda sembunyikan.

Pilihlah sembunyikan aplikasi tersebut. Maka secara otomatis aplikasi tersebut akan tersembunyi dan Anda akan merasa nyaman.

Back to Content ↑

Cara Menyembunyikan Aplikasi Pengguna Iphone dan iPad

Bagi Anda pengguna setia Iphone. Anda juga bisa menyembunyikan aplikasi dari sistem tersebut. Meskipun sistem android dan Iphone berbeda namun untuk masalah menyembunyikan aplikasi. Mereka memiliki hal yang sama.

Caranya juga mudah. Anda tinggal masuk pengaturan. Lalu pilih tombol atau tulisan General. Kemudian bila ada tulisan Restrictions, Anda pilih tombol Enable Restrictions. Buatlah kata sandi yang Anda bisa ingat dan sulit diketahui oleh orang lain. Sehingga aplikasi Anda aman tersembunyi.

Bila menggunakan aplikasi ketiga, maka Anda tinggal memilih Allowed Content. Lihat ratingnya terlebih dulu sebelum memilih aplikasi. Sembunyikan aplikasi tersebut berdasarkan ratingnya. Di mana dapat melihat rating setiap aplikasi?

Anda bisa melihatnya melalui App Store. Di kotak deskripsi rating akan terpampang jelas dan biasanya menggunakan gambar bintang atau angka saja.

Back to Content ↑

Menyembunyikan Aplikasi ke dalam Folder Terkunci

Anda pasti sudah pernah menyembunyikan dokumen-dokumen dan file-file penting di dalam suatu folder yang terkunci. Lah jika pernah, hal ini juga bisa digunakan untuk menyembunyikan aplikasi. Aplikasi yang seperlunya penting dan merupakan privasi pribadi, Anda bisa menyembunyikannya.

Di folder tersebut aplikasi itu akan menjadi seperti dokumen-dokumen dan file-file. Tetapi untuk metode yang satu ini biasanya bisa digunakan pada smartphone tertentu. Untuk contoh yang satu ini dapat digunakan pada smartphone samsung.

Buka pengaturan dan masuk ke setting. Ketika muncul beberapa pilihan, pilihlah tulisan Biometrics and Security. Lalu pilih secure folder. Selebihnya Anda tinggal mengikuti petunjuk yang ada.

Back to Content ↑

Cara Menyembunyikan Aplikasi Bawaan

Ketika Anda melihat ada beberapa aplikasi bawaan yang sudah ada sejak setelan baru dijalankan dan Anda bertanya-tanya apakah aplikasi tersebut dapat disembunyikan seperti aplikasi unduhan? Tentu jawabannya adalah bisa.

Anda tidak perlu bersusah payah mencari tahu cara menyembunyikannya. Sebab caranya teramat mudah dan sederhana. Berikut caranya:

  • Buka Pengaturan pada smartphone Anda
  • Pilih Aplikasi
  • Pilih Menu Perangkat terlebih dulu
  • Pilih Manajer Aplikasi dan sentuh tombol All
  • Pilih Aplikasi yang ingin Anda sembunyikan, lalu tekan Disable

Back to Content ↑

Aplikasi-Aplikasi Ketiga untuk Menyembunyikan Aplikasi

Untuk yang satu ini merupakan jalan lain atau alternatif bagi Anda yang sampai mencoba beberapa kali menggunakan pengaturan manual pada smartphone namun tetap gagal. Tentu jalan pintas yang terbesit di pikiran Anda adalah mencari aplikasi yang bisa membantu Anda menyembunyikannya.

Jalan pintas yang Anda pikirkan memanglah tepat. Karena beberapa aplikasi yang serupa dengan apa yang Anda pikiran sudah banyak dan bisa Anda unduh dalam satu waktu. Apa kegunaannya? Tak lain adalah untuk mempermudah Anda menyembunyikan aplikasi.

Dengan aplikasi yang ada Anda tidak perlu mengeroot smartphone Anda sehingga sistem smartphone Anda masih natural dan tidak berubah-ubah dalam bentuk lain. Keamanan dari sistem pun amat terjaga.

Maka untuk itu, informasi yang ada di bawah ini merupakan rekomendasi beberapa aplikasi yang bisa Anda gunakan untuk menyembunyikan aplikasi-aplikasi yang statusnya adalah privasi untuk diri sendiri. Berikut aplikasi-aplikasi tersebut:

Back to Content ↑

1. AppLock

Aplikasi yang satu ini sudah lama muncul di Play Store. Aplikasi yang sangat recomended ini perlu Anda coba untuk menyembunyikan aplikasi. Akan tetapi semua tergantung dengan pilihan dan nyamannya Anda.

Oh iya, aplikasi ini juga bisa berguna untuk menyembunyikan beberapa dokumen-dokumen dan file-file penting. Sistem kerjanya hampir sama dengan milik Samsung tadi.

Back to Content ↑

2. PrivateMate

Aplikasi ini mencegah Anda melakukan atraksi dengan mempunyai keinginan menge-root smartphone Anda. Karena aplikasi ini cukup compatible bagi Anda yang memiliki android yang masih pas-pasan atau jadul.

Aplikasi ini tidak mengenal minum sistem android. Sehingga Anda bisa menggunakannya tanpa perlu memikirkan apa sistem android milik smartphone Anda. Aplikasi ini juga bisa menjadi jalan keluar masalah Anda untuk menyembunyikan aplikasi.

Back to Content ↑

3. Apex Launcher

Untuk aplikasi ini cocok bagi Anda yang gemar sekali dengan hal-hal yang berbau kepraktisan, cepat dan tentu aman. Ini juga merupakan salah satu aplikasi penyembunyi app yang paling efektif.

Hanya dengan mengaktifkan pengaturan hidden apps setelah memasang. Anda sudah dapat menyembunyikan beberapa aplikasi yang ingin Anda sembunyikan.

Back to Content ↑

4. Aplikasi Hide App

Aplikasi tidak berbeda dengan aplikasi-aplikasi sebelumnya. Karena juga berguna untuk menyembunyikan aplikasi Anda. Namun ada yang berbeda dari aplikasi ini. Dengan aplikasi ini Anda bisa membuat pin agar aplikasi Anda lebih aman.

Dengan pin kunci tersebut aplikasi yang disembunyikan menggunakan aplikasi ini keamanannya akan lebih terjamin dengan baik.

Jadi buat Anda yang memiliki kekhawatiran yang tinggi akan sebuah keamanannya. Aplikasi ini sangat cocok karena caranya melindungi berlapis-lapis.

Back to Content ↑

Dampak Menggunakan Aplikasi yang Digunakan untuk Menyembunyikan

Dengan semua informasi di atas Anda akan lebih paham dalam menyembunyikan aplikasi. Bukan hanya paham tetapi juga sudah mahir. Jika Anda sudah terbiasa dengan semua ini maka Anda akan melakukannya diluar kepala tanpa harus membaca informasi-informasi lagi.

Dampak menggunakan aplikasi penyembunyi ini tidak terlalu riskan bagi smartphone Anda. Hanya saja jika Anda memiliki memori internal yang sedikit, hal ini sangat riskan karena aplikasi ini akan memakan sebagian memori internal Anda.

Besar kemungkinan smartphone Anda akan terasa sangat lambat karena memori internal Anda penuh. Maka untuk itu bijak-bijaklah menggunakan aplikasi tersebut. jangan sampai merusak smartphone Anda sendiri. Terima Kasih dan Semoga Bermanfaat!

Back to Content ↑