Skip to main content

Cara Menggunakan TransferWise Layanan Pengiriman Mata Uang Asing

TransferWise

Cara Menggunakan TransferWise Layanan Pengiriman Mata Uang Asing

Istilah TransferWise dikenal sebagai layanan pengiriman uang dalam bentuk mata uang asing ke luar negeri dengan biaya transfer yang murah atau rendah. Asal jasa kirim uang ini berasal dari Inggris yang sudah membantu orang di 59 negara untuk melakukan transaksi dengan menggunakan 20 mata uang asing dengan nilai tukar yang bagus.

Ketahuilah bahwa membuat akun TransferWise sepenuhnya gratis, bahkan layanan tukar mata uang asing juga gratis tanpa dikenakan biaya tersembunyi. Biaya yang harus Anda keluarkan saat mengirim uang ke luar negeri menggunakan mata uang asing, jangan khawatir biayanya tidak lebih dari 1%.

Salah satu keuntungan menggunakan transferwise yaitu nilai tukar mata uangnya sangatlah bagus, karena ada jaminan nilai tukar tetap sama dalam jangka waktu 96 jam sehingga Anda tidak perlu merasa takut akan ada perubahan nilai tukar saat mengirimkan uang ke rekening tujuan.

1. Sejarah TransferWise

Sebelum kita mengetahui cara menggunakan TransferWise, ketahui dahulu sejarahnya agar lebih memahami layanan pengirim mata uang asing yang menguntungkan banyak orang ini.

Founder Transferwise yaitu Taavet Hinrikus dan Kristo Käärmann dari Estonia seorang karyawan Skype. Munculnya pemikiran untuk membuat layanan transfer yang mudah yaitu mereka berdua dibayar dalam jenis mata uang Euro, tetapi mereka tinggal di London sehingga membutuhkan Poundsterling untuk membayar tagihan.

Keduanya menyusun skema sederhana, setiap bulan mengecek Reuters untuk melihat nilai tukar yang bagus. Saat itu, Kristo mengirimkan Poundsterling ke bank Inggris. Dalam waktu berbulan-bulan, akhirnya mereka menemukan solusi sederhana yang dapat dijadikan sebagai bisnis bernilai miliaran dolar sehingga TransferWise pun terbentuk sebagai layanan mengirim uang ke luar negeri tanpa biaya mahal.

2. Cara Kerja TransferWise

Jika Anda ingin menggunakan jasa atau layanan kirim uang TransferWise maka harus mengetahui cara kerjanya terlebih dahulu, Yuk ketahui langkah-langkahnya di bawah ini.

  • 2.1. Mendaftarkan Akun

    Hal pertama yang harus dilakukan agar Anda bisa mengirim uang ke luar negeri tanpa biaya mahal yaitu memiliki daun TransferWise. Jangan khawatir membuat akun di platform jasa uang yang satu ini gratis loh. Anda bisa membuka alamat websitenya terlebih dahulu lalu klik tombol “Daftar Sekarang” atau “Kunjungi Perusahaan”.

    Saat akan membuat akun TransferWise maka Anda harus sudah menyiapkan email aktif dan kata sandi.

    Setelah menekan tombol klik maka Anda akan diarahkan untuk mendaftar online di situs TransferWise hanya dalam waktu beberapa menit saja. Kemudian, daftar online dengan memasukan alamat email dan kata sandi yang diinginkan agar Anda dapat menggunakan layanan tersebut sepenuhnya.

  • 2.2. Klik Send Money

    Langkah berikutnya untuk melakukan pengiriman uang asing yaitu klik send money lalu tambahkan jumlah uang. Nah, apabila Anda memilih send money maka cukup masukkan jumlah mata uang yang ingin Anda transfer. Masukan data Anda dan data penerima, setelah itu lakukanlah konfirmasi transfer.

    Nah, proses layanan transfer menggunakan TransferWise hanya memakan satu hari kerja saja. Tetapi, dalam aturannya semua proses transfer dilakukan dalam tiga hari kerja.

  • 2.3. Klik Add Money

    Jika Anda melakukan transfer uang ke mata uang asing menggunakan TransferWise lewat kartu debit maupun kartu kredit maka pilihlah menu add money lalu pilih rekening tujuan dengan mata uang asingnya, seperti Euro, USD, British, dan mata uang asing yang lainnya.

    Setelah itu, masukkan jumlah uang yang akan ditransferkan dalam jumlah mata uang asing karena melalui jasa kirim ini uang akan secara otomatis dikonversikan ke mata uang Euro.

  • 2.4. Hubungkan dengan Kartu Kredit

    Apabila Anda mempunyai kartu kredit sebaiknya hubungkan dengan akun TransferWIse untuk mengisi rekening Anda, sehingga saldonya sudah ada. Jika, akun Anda sudah memiliki jumlah saldo maka akan memudahkan Anda mengirimkan uang dalam jumlah mata uang asing dengan mudah dan cepat.

  • 2.5. Hubungkan dengan Kartu Debit

    Berikutnya, Anda juga dapat menggunakan kartu debit untuk mengirimkan uang asing lewat jasa TransferWise. Namun, tidak semua kartu debit dapat mengirimkan uang ke jasa pengirim mata uang asing tersebut, hanya kartu debit bank yang berlogo Visa dan Mastercard yang bisa digunakan.

    Jika, akun kartu kredit Anda tidak dapat digunakan maka bisa menggunakan kartu kredit. Sebenarnya keduanya, penggunaan kartu debit atau kredit sama-sama memudahkan kita untuk mengisi saldo TransferWise sehingga dapat melakukan pengiriman mata uang asing dengan cepat dan mudah.

  • 2.6. Verifikasi Identitas Diri

    Proses verifikasi identitas diri tidak selalu perlu dilakukan, pada dasarnya saat Anda mentransfer uang kurang dari EURO 15.000 menggunakan TransferWise maka tidak perlu melakukan verifikasi data diri.

    Tetapi, apabila Anda melakukan transfer dalam jumlah uang yang lebih besar maka melakukan verifikasi identitas diri sangatlah diperlukan.

    Kartu identitas yang dapat digunakan untuk melakukan transfer yaitu KTP, paspor, atau SIM. Biasanya, kartu identitas ini dibutuhkan dalam bentuk digital yang akan langsung di foto lewat webcam.

3. Fungsi Tambahan dan Kelebihan Layanan Transfer TransferWise

Setelah mengetahui cara menggunakan layanan transfer dengan TransferWise maka ketahui juga fungsi tambahan dan kelebihan yang dimiliki, Yuk ketahui di bawah ini.

  • 3.1. Akun Tanpa Batas untuk Freelancer dan Entrepreneur

    Salah satu kelebihan menggunakan jasa transferWise yaitu akunnya tanpa batas dapat digunakan seorang freelancer dan entrepreneur. Anda juga memiliki pilihan membuka tabungan secara gratis dengan akun akun TransferWise loh.

    Apabila Anda seorang pengusaha maka dapat mempunyai akun bisnis dengan Transferwise yang dapat membantu keuangan untuk memisahkan pengeluaran pribadi dan pengeluaran bisnis.

  • 3.2. Fleksibilitas Pengajuan

    Berikutnya, keuntungan menggunakan TransferWise yaitu pengajuannya fleksibilitas sehingga Anda dapat menyelesaikan semua transaksi dengan mudah lewat website dan aplikasi mobil, seperti menggunakan Android dan iOS.

    Selain itu, kemudahan untuk mengaksesnya Anda hanya perlu login ke akun dengan memasukan kode verifikasi yang dikirimkan lewat SMS. Tujuan meminta verifikasi ini untuk meningkatkan keamanan transfer yang Anda lakukan.

  • 3.3. Menabung

    Keuntungan menggunakan Transferwise berikutnya yaitu bisa dimanfaatkan untuk menyimpan uang di rekening. Jadi, tidak hanya berfungsi untuk mentransfer mata uang asing tetapi juga digunakan untuk menabung.

    Anda bisa melakukan proses menabung dengan kartu kredit maupun kartu debit. Hal yang perlu Anda lakukan hanya menghubungkan kartu kredit dan kartu debitnya di akun Anda seperti langkah-langkah yang sudah dijelaskan sebelumnya.

  • 3.4. Transfer Cepat dan Mudah

    Seperti yang sudah dijelaskan pada paragraf sebelumnya, menggunakan transferwise maka transfer mata uang asing ke luar negeri yang dilakukan menjadi lebih mudah dan cepat. Dalam hitungan waktu sehari saja uang akan langsung sampai ke nomor rekening tujuan.

  • 3.5. Biaya Rendah

    Berbeda dengan jasa transfer lainnya, menggunakan TransferWise maka Anda juga bisa menghemat pengeluaran karena tidak dikenakan biaya transfer. Oleh karena itu, tak heran banyak orang ingin menggunakan jasa transfer mata uang ini ke luar negri.

Demikianlah ulasan mengenai jasa transfer mata uang asing ke luar negeri melalui TransferWise yang mudah dan cepat. Selamat Mencoba!