Skip to main content

Wajib Tahu! Ini Dia Kelebihan dan Kekurangan Aplikasi DANA

Wajib Tahu! Ini Dia Kelebihan dan Kekurangan Aplikasi DANA
Aplikasi Dana

Wajib Tahu! Ini Dia Kelebihan dan Kekurangan Aplikasi DANA

Kemajuan teknologi nyatanya memberikan impact besar bagi kemudahan aktivitas manusia. Bagaimana tidak? Dengan mengandalkan kecanggihannya, manusia dapat merampungkan beberapa aktivitas sekaligus. Tentu saja tanpa menguras energi, waktu, dan tenaga berlebih. Pada aspek finansial misalnya.

Jika dulu Anda mengenal ATM, atau e-banking, maka sekarang anda dapat mengaplikasikan tawaran sejenis. Bahkan dengan nilai plus dan akses yang lebih praktis dibanding dua opsi tersebut. Ya, aplikasi ini kerap disebut sebagai dompet digital.

Melalui aplikasi ini, Anda cukup menyimpan saldo uang melalui smartphone. Dengan sistem isi ulang atau top up, anda dapat menggunakannya untuk membayar tagihan, kebutuhan liburan, berbelanja, hingga mengcover sejumlah asuransi.

Aplikasi DANA salah satunya. E-wallet ini ramai diperbincangkan oleh masyarakat indonesia sejak beberapa tahun belakang. Menawarkan beragam pilihan, mulai dari pembayaran merchant, tagihan, dan transaksi lainnya.

DANA menyuguhkan terobosan baru bagi masyarakat di era digital dengan mobilitas tinggi. Selain transaksi ke nomor rekening, DANA juga bisa digunakan untuk melakukan pembayaran di marketplace. Sebut saja shopee, bukalapak, tokopedia, dan lazada.

Untuk memperoleh kelebihan aplikasi DANA, Anda tidak perlu repot. Caranya pun sangat mudah. Anda dapat menginstall aplikasi ini melalui google play store atau app store. Kemudian, anda akan diarahkan untuk melakukan pendaftaran. Isilah form yang disediakan dengan benar.

Apabila registrasi sudah komplit, anda dapat membaca panduan pengisian saldo. Selanjutnya, pastikan saldo yang anda punya ditransaksikan sesuai dengan layanan yang Anda perlukan.

TOC / Daftar Isi

Fungsi DANA

Dompet elektronik DANA melangsungkan pembayaran berbasis online. Dengan mengandalkan DANA, Anda sudah bisa melunasi serangkaian tagihan baik yang bersifat primer maupun sebaliknya. Bahkan Anda tidak perlu lagi meluangkan waktu untuk membeli kuota internet, pulsa, dan sebagainya dengan datang langsung ke counter. DANA sudah bisa memenuhi target harian Anda dengan baik.

Aplikasi DANA berfungsi untuk memperjelas pengeluaran Anda. Dengan melihat bukti mutasi, anda dapat memperkirakan budget yang anda habiskan. Setiap transaksi akan dilaporkan dengan rinci. Selain lebih efektif dan efisien, DANA juga mencegah Anda untuk mengeluarkan effort berlebih.

Back to Content ↑

Kelebihan DANA

E-wallet ini nampaknya enggan kalah dari rivalnya. DANA memanjakan konsumennya dengan promo menarik. Melalui mitra yang bekerja sama dengannya, DANA kerap menampilkan diskon bahkan cashback besar-besaran. Misalnya ketika Anda berbelanja di Ramayana atau Robinson, Anda bisa menikmati promo hingga 50% dan pulsa untuk akun premium.

Tidak cukup sampai disitu saja, voucher ini juga bisa anda tukarkan untuk membayar paket makanan di KFC, Hokben. Untuk kebutuhan listrik dan pulsa, tidak perlu khawatir. Lagi-lagi, DANA menjanjikan voucher setengah harga untuk pembelian kuota internet, pembayaran asuransi, BPJS, TV, telepon pasca bayar, hingga transaksi listrik dan air.

Kelebihan selanjutnya yang wajib menjadi bahan pertimbangan ialah merchant DANA. Ya, Aplikasi DANA telah membangun kerjasama dengan sejumlah perusahaan ternama. Banggalah Anda para Shopaholic dan Movie Lovers. Pembayaran melalui TIX ID dan Bukalapak dapat dengan mudah dijalankan berkat DANA.

Sejumlah mitra DANA antara lain Cinema XXI, BBM, Sepulsa, Alfamart, Reservasi, BPJS Kesehatan, BCA, BNI, Maybank, dan masih banyak lagi.

Back to Content ↑

Transfer Uang

Siapa sangka jika DANA akan menggeser fungsi ATM? Bahkan melalui DANA, Anda sudah bisa top up saldo mulai dari Rp 10.000. saldo ini pun dapat anda transfer dengan pengguna DANA lainnya. Dengan memasukkan nomor telepon yang akan anda tuju.

Transfer ini juga dapat Anda lakukan melalui SMS. Messenger tersebut akan mengirimkan pemberitahuan berupa link yang bisa diklik untuk menuju aplikasi DANA.

Jika penerima sudah mengunduh aplikasi DANA, baik dia maupun Anda akan mendapatkan voucher sebesar Rp 10.000 bagi pengirim dan penerima sebanyak Rp 25.000. Aplikasi DANA memungkinkan Anda untuk menjalankan transaksi ke bank. Benar-benar bisa merangkap semua fungsi dalam satu aplikasi saja bukan?

Namun, untuk bisa merasakan kemudahan transfer ke nomor rekening bank, Anda harus mengupgrade e-wallet anda dengan DANA premium.

Cara upgrade DANA premium bisa dilakukan dengan mengunggah e-KTP dan foto selfie. Pihak DANA akan melakukan verifikasi selama 24 jam untuk memastikan keaslian data yang Anda isikan. Jika akun anda telah disetujui, notifikasi akan masuk.

Bonus pertama bagi akun premium ialah voucher pulsa, voucher Rp 15.000 untuk tagihan, potongan untuk TIX ID, atau bonus pulsa Rp 25.000 tanpa minimal pembelian.

Nilai plus lain yang disajikan oleh aplikasi DANA premium ialah Anda dapat mengisikan saldo sebanyak Rp 10 juta. Tarik tunai, transfer antar bank, hingga promo menarik. Tentunya hanya akan diperoleh jika aplikasi DANA Anda sudah diubah ke dalam opsi premium.

Selain 3 poin penting dan fungsi aplikasi DANA yang sudah dipaparkan di atas, Anda juga harus mengantongi informasi mengenai kelemahan aplikasi ini. Apa saja? Berikut informasinya untuk Anda.

Back to Content ↑

Risiko Apabila Ganti Nomor

Perubahan nomor pada DANA terbilang rumit. Selain itu, pergantian nomor berpotensi membuat saldo uang hilang apabila prosesnya berjalan tidak lancar. Banyak pelanggan yang mengeluhkan hal ini karena saldo mereka hilang meskipun telah melakukan sejumlah konfirmasi. Jika dibandingkan dengan kompetitor mereka, DANA terbilang kurang cekatan mengatasi masalah tersebut.

Back to Content ↑

Layanan Terbatas

Tidak semua e-wallet mampu mengcover layanan. Begitu juga DANA. Transaksi pembayaran DANA hanya terbatas pada merchant yang bisa diajak kerja sama. Sementara untuk mitra lain yang belum terikat kontrak, pengguna belum bisa membayar menggunakan aplikasi ini.

Back to Content ↑

Tidak Ada Feedback

Jika Anda menaruh uang di bank dalam bentuk deposit, maka saldo yang Anda peroleh akan bertambah. Tapi konsekuensinya, Anda harus mengeluarkan biaya administrasi jika nomor rekening yang anda tuju berasal dari bank konvensional berbeda. Nah, pada aplikasi DANA, Anda tidak akan dipungut biaya.

Sayangnya, Anda harus meng upgrade dulu ke dalam sistem premium. Selain itu, uang di e-wallet tidak akan berkembang. Tidak akan ada penambahan saldo baik dalam bentuk bunga ataupun semacamnya.

Jika Anda tertarik untuk memasang aplikasi tersebut setelah memahami kelebihan dan kekurangannya, berikut informasinya untuk Anda.

Back to Content ↑

Unduh Aplikasi

DANA bisa Anda download melalui pc secara gratis. Setelah selesai, tunggu hingga penginstalan kelar. Untuk mendaftarkan akun, anda cukup memasukkan nomor telepon. Pihak DANA akan mengirimkan kode otp melalui sms. Kode ini dapat Anda input agar regis yang anda lakukan valid.

Back to Content ↑

Top Up

Untuk mengisi saldo pada aplikasi DANA, Anda bisa memilih bagian “top up” pada bagian atas layar. Lanjutkan dengan menentukan metode top up. Pilihan yang dapat anda ambil ialah transfer bank, agen, atau kartu debit. Ikuti sejumlah instruksi tambahan agar pengisian sukses. Tunggu sampai Anda memperoleh pemberitahuan bahwa pengisian saldo sudah berhasil.

Back to Content ↑

Bagaimana? Sudah paham kan bagaimana cara penggunaan aplikasi DANA? Pastikan Anda sudah menimbang dengan matang keinginan menggunakan dompet elektronik ini. Selamat mencoba, Terima Kasih dan Semoga Bermanfaat!