Skip to main content

Mau UANG?? Kirim artikel yang berkaitan dengan niche Blog Daily Info DISINI. Artikel/tulisan yang disetujui akan dapat imbalan uang, atau dapat ditukar dengan pemberian Backlink Nofollow dari Kami.

×

Beberapa Tips Penting Live Streaming untuk Pemula

Beberapa Tips  Penting Live Streaming untuk Pemula
Live Streaming

Beberapa Tips Penting Live Streaming untuk Pemula

Di era sekarang ini, live streaming bukanlah kegiatan yang asing lagi karena semua platform media sosial menyediakan fitur tersebut. Menggunakan fitur streaming tersebut kita dapat terhubung langsung dengan audience, sehingga memudahkan komunikasi, terutama bagi seorang pebisnis maka fitur ini menjadi andalan untuk mereka. Ketahui, tips live streaming untuk pemula agar dapat berkomunikasi dengan baik.

Dikenal sebagai konten video yang disiarkan langsung melalui internet tanpa proses editing dan post production, ternyata Live Streaming sudah sangat populer. Nah, cara yang dilakukan juga sangatlah mudah Anda hanya perlu menyalakan kamera lalu klik tombol mulai merekam. Live streaming yang dilakukan ini bersifat interaktif, sehingga audience bisa langsung meninggalkan komentar.

Live Streaming dapat dijadikan salah satu jenis konten yang dapat digunakan dalam bidang marketing untuk mencapai tujuan, berupa memberikan informasi kepada audience dalam bentuk webinar atau sebagai strategi marketing untuk menjangkau lebih banyak audience.

TOC / Daftar Isi

14 Tips Penting Live Streaming untuk Pemula

Seseorang ingin melakukan live streaming dengan sebaik mungkin agar apa yang menjadi tujuannya tersampaikan. Yuk ketahui beberapa tips yang recomended dilakukan oleh para pemula dalam list di bawah ini.

Back to Content ↑

1. Mengetahui Platform Live Streaming

Langkah pertama yang harus Anda lakukan saat melakukan live streaming yaitu pilihlah platform yang akan digunakan. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa sekarang ini hampir semua media sosial sudah mendukung fitur live streaming. Platform yang sering digunakan yaitu Instagram dan Youtube.

Gunakan keduanya atau salah satu diantaranya untuk mendukung proses siaran langsung yang dilakukan sesuai dengan tujuan Anda.

Back to Content ↑

2. Gunakan YouTube Live

Salah satu platform andalan seseorang untuk melakukan live streaming yaitu YouTube Live. Dengan menggunakannya Anda dapat mengintegrasikan video ke media sosial lain seperti Facebook. Jangan khawatir, Anda juga bisa melakukan live streaming di menu desktop dan mobile.

Apabila ingin memonetisasi live streaming Anda dapat menambahkan ADS, tetapi cara tersebut bisa mengganggu proses siaran langsung yang dilakukan.

Back to Content ↑

3. Pilih Instagram LIVE

Anda juga dapat menggunakan platform Instagram live yang menyediakan jasa live streaming di IGTV, yang menunjukan bahwa pengguna bisa menikmati fitur tersebut untuk meningkatkan engagement user agar followersnya meningkat.

Jika Anda melakukan livestream melalui Instagram, Anda bisa kemudian menyimpan videonya atau langsung posting ke IGTV dan Instagram Stories.

Back to Content ↑

4. Pilih Facebook Live

Terdapat pula platform Facebook Live yang sudah cukup populer karena Facebook masih memiliki banyak pengguna. Facebook dikenal sebagai platform siaran langsung yang fleksibel sehingga memungkinkan para user untuk menggunakan berbagai pilihan kamera dan audio.

Selain itu, fitur facebook live streaming juga masih memprioritaskan siaran langsung dalam feed Facebook yang semakin fokus pada konten video.

Back to Content ↑

5. Lakukan Persiapan Materi

Sebelum melakukan live streaming sebaiknya Anda lakukan persiapkan, biasanya ketika melakukan spontanitas maka kita akan kurang handal saat berkomunikasi. Sebagai salah satu daya tarik live streaming yaitu berkomunikasi dengan baik sehingga audience dapat memahami apa yang kita sampaikan.

Oleh karena itu, sangat disarankan untuk kita menyiapkan materi untuk live streaming agar tidak kehabisan kata-kata saat melakukan live.

Back to Content ↑

6. Atur Jadwal

Sebelum melakukan live streaming, sebaiknya Anda sudah mengatur jadwal dengan baik sehingga sudah memberitahukan kepada audience. Dengan begitu maka tidak hanya sedikit orang yang bisa menonton, tetapi Anda bisa melakukan live streaming dengan banyak audience sesuai tepat waktu tanpa mengecewakan banyak orang.

Back to Content ↑

7. Siapkan Sesi Tanya Jawab

Selanjutnya, hal yang harus diperhatikan saat akan melakukan live streaming yaitu siapkan sesi tanya jawab yang mana audience dapat mengajukan pertanyaan dan pembicara dapat membacanya.

Biasanya, setiap livestreaming memang dianggap menjadi presentasi formal sehingga kita perlu mengatur waktu untuk menjawab pertanyaan dengan dialog bersama audience.

Back to Content ↑

8. Jangan Batasi Waktu Livestreaming Anda

Hal berikutnya yang harus diperhatikan yaitu janganlah Anda membatasi waktu live streaming dengan audience. Jika pertanyaan yang diberikan sulit dan berbobot maka mereka akan membawa nilai lebih untuk para pendengar audience yang lainnya.

Dengan begitu, Anda akan meningkatkan engagement dengan konten yang dianggap menarik dan informatif.

Back to Content ↑

9. Promosikan Event Live Streaming Anda

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, bahwa kita perlu melakukan promosi event live streaming agar banyak orang yang menonton. Undanglah pembicara yang expert sehingga dapat menarik perhatian para pendengarnya.

Tidak ada salahnya, apabila Anda melakukan promosi lewat media sosial untuk mencari peserta sebanyak-banyaknya dengan topik yang telah ditentukan.

Back to Content ↑

10. Berikan Konten Eksklusif untuk Peserta

Hal yang harus diperhatikan selanjutnya saat akan live streaming yaitu berikanlah konten eksklusif untuk para peserta dalam bentuk informasi dari expert yang jarang dibahas, resources yang bisa mereka dapatkan, informasi yang hanya bisa didapatkan, dan diskon khusus untuk pembelian produk bagi peserta live streaming.

Berbagai bentuk reward lainnya dapat digunakan untuk menarik perhatian audience lainnya sebagai sarana digital marketing.

Back to Content ↑

11. Memberikan Konten yang Fresh

Saat melakukan streaming, kita disarankan untuk memberikan konten yang fresh agar dapat memberikan kesan baru bagi audience. Selain itu, melakukan siaran langsung sebaiknya Anda juga bisa berbagi informasi baru dan menari, seperti memberi informasi diskon, promosi, dan produk baru secara spontan.

Back to Content ↑

12. Siapkan Komunikasi yang Membangun Brand Personality

Tidak seperti melakukan post video, sebaiknya Anda juga melakukan live streaming untuk melakukan live streaming sehingga dapat menunjukan sisi sempurna tanpa kekurangan dari cara berbicara yang kita ucapkan yang menandakan kita mampu berkomunikasi dengan baik untuk para audience.

Dengan demikian, maka dapat menunjukan brand yang akan dikenalkan secara nyata, sehingga orang-orang akan semakin yakin dengan brand atau produk yang Anda tawarkan.

Back to Content ↑

13. Mengadakan Sesi Q & A

Dalam melakukan live streaming untuk pemula sebaiknya adakan sesi Q and A yang sangat seru dan mengasyikan secara langsung sehingga audience tak perlu menunggu jawaban terlalu lama saat melakukan siaran langsung tersebut.

Keterlibatan audience saat melakukan live streaming dapat meningkatkan retensi audience sehingga dapat mendukung brand atau produk yang Anda tawarkan yang dapat menunjukan sisi personality branding.

Back to Content ↑

14. Lakukan Streaming Via Desktop

Live streaming kini menjadi salah satu media yang sifatnya sangat persuasif, sebaiknya lakukan streaming di desktop agar lebih efektif dan efisien. Meskipun kita dapat melakukan siaran langsung di ponsel tetapi akan kurang maksimal, terlebih jika jangkauan sinyalnya kurang bagus.

Belakangan ini, orang-orang menunjukan lebih senang menonton live streaming lewat desktop yang dapat membangun audience bahkan meningkat tingkat kepercayaan pada brand Anda.

Terdapat rata-rata orang yang menonton live streaming di ponsel adalah 125%, sedangkan 1300% lebih banyak di desktop.

Back to Content ↑

Demikian beberapa tips live streaming untuk pemula yang dapat Anda coba agar bisa menaikkan branding dan kredibilitas dari para audience. Selamat Mencoba, Terima Kasih dan Semoga Bermanfaat!