Skip to main content

Mau UANG?? Kirim artikel yang berkaitan dengan niche Blog Daily Info DISINI. Artikel/tulisan yang disetujui akan dapat imbalan uang, atau dapat ditukar dengan pemberian Backlink Nofollow dari Kami.

×

Trik dan Cara Membuat Podcast di Spotify Secara Mudah

Trik dan Cara Membuat Podcast di Spotify Secara Mudah
Trik dan Cara Membuat Podcast di Spotify Secara Mudah

Trik dan Cara Membuat Podcast di Spotify Secara Mudah

Podcast saat ini menjadi salah satu medium terbaru yang digunakan dalam berkarya. Pasalnya melalui podcast Anda dapat membicarakan berbagai macam hal mulai dengan aktivitas keseharian hidup, hobi dan beberapa fakta-fakta lainnya yang sedang terjadi. Tentunya ada banyak sekali platform yang bisa Anda gunakan untuk membuat podcast.

Salah satu platform yang cukup populer digunakan dalam membuat podcast adalah Spotify. Aplikasi Spotify sendiri merupakan platform berasal dari Swedia yang mana tidak hanya menyediakan berbagai macam lagu saja. Namun Spotify juga bisa dijadikan sebagai wadah atau tempat untuk pembuatan podcast. Sudah ada banyak sekali content Creator yang membuat podcast pada aplikasi satu ini.

Bagi Anda yang penasaran dan ingin membuat podcast di Spotify, maka tidak perlu merasa khawatir lagi. Sebab di bawah ini ada beberapa cara membuat podcast di Spotify yang bisa Anda gunakan sebagai referensi. Langsung saja yuk simak ulasan lengkapnya!

TOC / Daftar Isi

Menentukan Tema

Pembuatan karya tentunya tidak terlepas dari tema. Mahalnya dengan membuat podcast di Spotify langkah pertama yang perlu dilakukan yakni dengan menentukan tema. Hal ini menjadi bagian yang sangat penting dalam pembuatan podcast. Sebab ketika tidak ada tema maka Anda pun akan kesulitan untuk mengetahui apa yang harus dibicarakan pada saat melakukan rekaman podcast nantinya.

Oleh karena itu, tema menjadi langkah pertama yang harus Anda Tentukan ketika hendak membuat podcast pada aplikasi Spotify. Agar anda semakin mudah dalam membuat podcast sangat disarankan untuk memilih tema yang paling dekat dengan keseharian. Misalnya saja dengan hobi, kesehatan, proses perjalanan hidup, pekerjaan dan lainnya.

Dengan memilih tema yang lebih dekat tentunya akan semakin memudahkan Anda untuk membuat podcast yang lebih jujur dan lepas. Terlebih lagi saat ini para pendengar juga sudah mulai tertarik dengan podcast yang memiliki tema dekat dengan podcasternya. Nah itu dia langkah awal cara membuat podcast di Spotify yang perlu dikuasai.

Back to Content ↑

Membuat Kerangka Poin

Yang kedua ini sebenarnya memang menjadi cara yang opsional. Jadi nantinya boleh anda lakukan ataupun tidak lakukan. Namun jauh lebih baik jika cara opsional ini dilakukan sebab nantinya Anda akan berbicara secara bertele-tele atau ada bahasan yang terlewatkan.

Penentuan poin-poin atau kerangka point nantinya akan menjadikan anda lebih terstruktur. Sabun bisa Menuliskan beberapa poin-poin yang nantinya hendak disampaikan. Ingat ya hanya poin saja, sehingga tidak perlu Terlalu mendetail. Adanya garis besar atau poin nantinya anda akan lebih mudah dalam menjabarkan atau menyampaikan pesannya.

Back to Content ↑

Rekaman

Cara membuat podcast di Spotify yang ketika menjadi salah satu cara yang paling penting. Adapun tentunya juga perlu menyiapkan beberapa alat maupun bahan yang diperlukan. Beberapa alat tersebut adalah microphone USB, laptop dan lainnya. Jika sudah disiapkan selalu pastikan jika laptop sudah terpasang dengan aplikasi perekam suara. Salah satu aplikasi yang cukup disarankan untuk anda gunakan adalah Audacity.

Anda tidak perlu merasa khawatir sebab aplikasi tersebut bisa dipasang pada laptop dengan sistem Windows maupun Mac OS. Aplikasi sudah terpasang maka Anda bisa mengikuti beberapa cara maupun langkah yang ada di bawah ini:

  • Selalu pastikan jika microphone USB yang sedang digunakan sudah terhubung pada laptop yang telah dipasangi aplikasi Audacity
  • Mulai melakukan rekaman dengan cara klik logo mikrofon pada aplikasi Audacity
  • Agar rekaman semakin lancar maka anda bisa melihat beberapa poin-poin yang sebelumnya telah disiapkan sambil terus melakukan rekaman
  • Klik tombol stop apabila anda sudah selesai melakukan rekaman
  • Coba dengarkan kembali hasil rekaman yang sudah dilakukan
  • Selama proses pengeditan sangat disarankan bagi anda untuk memakai format ISO/IEC 11172-3 MPEG-1 dan juga bitrate 96 sampai 320 kbps
  • Hasil rekaman Anda yang sudah diedit ke dalam format MP3
  • Jangan lupa untuk memberi nama hasil rekaman tersebut
  • Selalu pastikan jika ukuran file yang sudah dibuat tidak lebih dari 200 MB agar bisa dimasukkan pada aplikasi Spotify.

Back to Content ↑

Menentukan Nama dan Cover

Langkah berikutnya sebagai cara membuat podcast di Spotify adalah menentukan nama maupun cover dari podcast Anda. Tidak perlu merasa bingung dengan hal ini, mengenai nama Anda bisa memilih nama yang singkat namun justru sangat menarik. Selain itu, nama tersebut tentu akan mempresentasikan tema yang dibahas. Sangat disarankan bagi anda untuk membuat nama yang panjangnya kurang dari 20 karakter.

Jika nama sudah disiapkan maka selanjutnya persiapkan pula cover image untuk podcast. Cover tentunya tidak kalah penting ya daripada nama. Pasalnya cover dapat menjadi identitas maupun ciri khas dari podcast yang Anda buat. Jika anda memiliki keahlian tertentu maka bisa membuat cover itu sendiri.

Lain halnya jika Anda merasa kesulitan maka bisa meminta bantuan pada pihak lain yang memiliki keterampilan desain grafis untuk membuatkannya. Tidak memungkinkan Anda menggunakan gambar yang berasal dari internet karena bisa jadi gambar yang ada pada di internet memiliki hak cipta. Ukuran dari cover sendiri minimal 1400 x 1400 piksel. Video dari cover sebaiknya 1:1.

Back to Content ↑

Menentukan Host

Sebelum Anda mengunggah di aplikasi Spotify sebaiknya perhatikan cara membuat podcast di Spotify yang satu ini. Selalu pastikan jika podcast anda telah memiliki host website. Hostebsite nantinya akan memberikan RSS feed yang digunakan sebagai salah satu syarat supaya podcast Anda dapat masuk pada aplikasi Spotify.

Bukan sekedar itu saja, host website juga bisa menjadikan podcast Anda tersedia pada laman internet secara bebas. Beberapa host website yang bisa anda gunakan adalah SoundCloud, anchor dan Blubrry. Semua website tadi tentunya bisa anda pakai secara gratis meski memang jumlahnya terbatas.

Back to Content ↑

Mengunggah Podcast

Cara membuat podcast di Spotify yang terakhir yakni mengunggahnya pada aplikasi tersebut. Ada beberapa cara khusus yang bisa anda lakukan berikut diantaranya:

  • Buka halaman dari Spotify for podcaster
  • Masuk pada program Spotify tersebut jika belum maka anda bisa membuatnya dengan masuk pada menu "get your podcast" lalu klik "get started"
  • Bagian kotak yang ada pada kolom yakni opsi "term and condition"
  • Klik tombol continue
  • Memasukan RSS feed podcast Anda pada kotak yang telah tersedia
  • Tunggu beberapa saat nantinya judul maupun cover image akan muncul secara otomatis
  • Sudah muncul Klik tombol opsi next
  • Kolom at podcast info anda bisa mengisi beberapa informasi secara lengkap mulai dengan bahasa, negara, kategori, dan lainnya
  • Tekan next jika semua informasi sudah terisi
  • Cek lagi informasi yang sudah diisi jika sudah pas langsung tekan submit.

Back to Content ↑

Bagaimana, cukup mudah bukan cara membuat podcast di Spotify? Nantinya podcast yang telah Anda unggah akan di-review tim Spotify beberapa jam atau beberapa hari. Jika sudah direview oleh tim dari Spotify maka nantinya podcast Anda akan ditayangkan secara langsung oleh mereka. Jangan lupa untuk membuat podcast yang bagus ya. Terima Kasih dan Semoga Bermanfaat!.