Skip to main content

Mau UANG?? Kirim artikel yang berkaitan dengan niche Blog Daily Info DISINI. Artikel/tulisan yang disetujui akan dapat imbalan uang, atau dapat ditukar dengan pemberian Backlink Nofollow dari Kami.

×

5 Tips Cara Merawat Hardisk Laptop

 5 Tips Cara Merawat Hardisk Laptop
Tips Cara Merawat Hardisk Laptop

5 Tips Cara Merawat Hardisk Laptop

Hard Disk merupakan komponen hardware atau perangkat keras pada Laptop dan Komputer, fungsi dari hardisk sendiri adalah untuk menyediakan tempat ruang penyimpanan data dari berbagai proses yang ada pada komputer.

Biasanya Hard Disk sendiri berbentuk kotak dan didalamnya terdapat piringan sebagai tempat data yang disimpan. Penyimpanan hardisk bersifat permanen, meskipun Anda bisa mematikan Laptop / Komputer. Kecuali data tersebut Anda hapus secara manual atau hard disk terserang virus maka data tersebut bisa saja akan hilang.

TOC / Daftar Isi

5 Tips Cara Merawat Hardisk Laptop dengan Benar

Sebagai salah satu komponen hardware yang sangat penting, tentunya kita harus merawat hard disk dengan baik. Karena hard disk sendiri juga memiliki umur seiring dengan masa pemakaiannya. Jadi dengan cara perawatan yang benar, kita bisa memastikan umur harddisk akan bisa jauh lebih panjang. Berikut langsung saja cara merawat hardisk Laptop yang dikutip dari arahtekno.com

Back to Content ↑

1. Matikan Laptop Sesuai Prosedur

Langkah pertama untuk merawat hardisk laptop agar tetap awet dan tahan lama, yaitu dengan cara mematikan laptop sesuai dengan prosedur yang benar. Memang mematikan laptop terdengar sangat sepele. Tetapi jika Anda tidak mematikan laptop dengan benar, maka akan membuat hardisk pada laptopmu cepat rusak.

Misalnya saja ketika laptop Anda sedang menyala, pastinya hard disk pada laptop juga sedang bekerja. lalu Anda mematikan laptop secara mendadak dengan menekan tahan tombol power, tentu kejadian seperti itu akan membuat harddisk cepat rusak. Karena pada saat tersebut hardisk sedang dalam memproses atau membaca suatu data program.

Maka dari itu Anda harus mematikan laptop dengan prosedur yang benar dengan cara mengklik Shutdown terlebih dahulu.

Back to Content ↑

2. Jangan Menggunakan Laptop di Atas Kasur

Menggunakan laptop diatas kasur memang sangat membuat nyaman, karena kita juga bisa sambil bermalas-malasan dalam menggunakan laptop. Tetapi hal sepele seperti ini sebenarnya sangat dilarang untuk penggunaan Laptop, karena dapat membuat hardisk kita cepat rusak.

Laptop yang digunakan diatas kasur akan membuat sirkulasi udara keluar menjadi panas pada laptop. Dan jika sirkulasi sudah naik dan panas, laptop akan tidak optimal bekerja, maka akan mempengaruhi hardisk pada laptop. Jadi disarankan untuk menggunakan laptop ditempat yang datar seperti meja belajar ataupun di lantai saja.

Back to Content ↑

3. Jangan Buat Partisi Berlebihan

Biasanya hard disk rata-rata memiliki kapasitas mulai dari 120 GB keatas. Lalu kapasitas tersebut dibagi per penyimpanannya atau biasa disebut dengan partisi. Misalnya pada partisi Disk C dikhususkan untuk sistem operasi windows, sedangkan pada Disk D khusus untuk data-data aplikasi program.

Jadi sebaiknya Anda tidak memiliki jumlah partisi yang banyak, Cukup bagi menjadi 3 partisi saja. Jika nantinya Anda sudah mempunyai 2 partisi namun dirasa kurang, Anda masih dapat membaginya lagi kok.

Memang menggunakan banyak partisi boleh-boleh saja, tetapi memiliki banyak partisi pada PC pastinya akan membuat fragment hard disk terbagi-bagi dalam proses read and write-nya. Maka dari itu Anda dianjurkan untuk menggunakan maksimal 3 partisi saja.

Back to Content ↑

4. Jangan Terlalu Banyak Menyimpan Data

Selanjutnya jangan terlalu banyak menyimpan data. Sebaiknya Anda jangan menyimpan data terlalu banyak atau sampai jangan sampai bar penyimpanan sudah menampilkan warna merah. Karena jika penyimpanan warna merah atau penuh, wajar jika hardisk Anda akan bekerja lebih ekstra lagi.

Silahkan hapus file yang dirasa tidak penting atau tidak digunakan, karena hanya akan menambah penyimpanan data saja. Atau Anda juga bisa menggunakan penyimpanan data tambahan, seperti menggunakan hard disk eksternal sebagai opsi.

Back to Content ↑

5. Selalu Perhatikan Suhu pada Hard Disk

Hard Disk yang terus bekerja akan membuatnya menghasilkan energy panas dan ini akan mengubah suhu di dalam hard disk tersebut. Jadi pastikan laptop Anda agar suhunya tidak berlebihan lebihan saat bekerja. Jika tidak, maka bisa-bisa ia mengalami overheat dan menyebabkan kerusakan terhadap berbagai hardware.

Jadi jaga selalu harddisk Anda agar suhunya tetap stabil dan tidak mengalami panas yang berlebihan. Anda dapat memonitori suhu pada PC menggunakan program seperti HDD Temperature atau PC Wizard.

Back to Content ↑

Jadi itulah tips-tips dari Kami mengenai cara merawat hardisk pada Laptop. Sekian terima kasih dan semoga dapat bermanfaat!.