Skip to main content

Mau UANG?? Kirim artikel yang berkaitan dengan ceruk Blog Daily Info DISINI. Artikel/tulisan yang disetujui akan dapat imbalan Fee, atau dapat ditukar dengan pemberian Backlink dari Kami (Nofollow!)

×

Keren!! Tips Belajar ala Albert Einstein Ini Sudah Kamu Coba?

Keren!! Tips Belajar ala Albert Einstein Ini Sudah Kamu Coba?
Albert Einstein

Keren!! Tips Belajar ala Albert Einstein Ini Sudah Kamu Coba?

Siapa yang tak kenal Albert Einstein? Seorang ahli fisika yang terkenal dengan kecerdasan dan teori relativitasnya ini dikenal orang seluruh dunia. Sebagai peneliti, Albert Einstein memiliki kecerdasan di luar batas normal. Hal ini membuat para peneliti menelusuri pola kecerdasan Einstein.

Einstein terkenal sebagai Habibie-nya dunia. Pemikiran hebatnya banyak diadopsi dalam perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi bahkan, konsep fisika yang ia klaim masih dipakai sampai sekarang. Sungguh ilmu yang bermanfaat bukan? Lantas, seperti apa tips belajar ala Albert Einstein? Ingin mengikuti jejak kecerdasan beliau? Ini dia pembahasannya.

TOC / Daftar Isi

Selalu Berani Mencoba Hal Baru

Seorang Einstein menerangkan pemikiran bahwa seseorang yang tak pernah berbuat salah adalah mereka yang tak pernah mencoba sesuatu yang baru. Tidak ada yang salah dalam mencoba sesuatu yang baru. Jika kamu mengalami kegagalan sekalipun, kamu masih punya waktu untuk mencoba. Nah inilah keuntungan bagi mereka yang senang mencoba hal baru.

Sementara itu, mereka yang tak berani mencoba akan cenderung tidak mendapatkan apa-apa. Bagaimana tidak, mereka hanya diam dan menunggu asupan informasi dari orang lain. Jika tidak diberi, mereka pun malas untuk mencari. Alhasil, orang seperti itu tidak pernah bisa berkembang.

Mulai saat ini segeralah untuk mengubah pola pikirmu. Pola pikir inilah yang kamu terapkan pada kegiatan belajar. Semakin kamu ingin mengetahui hal baru, saat itulah naluri mendorong kamu untuk menggali materi pembelajaran yang lebih dalam. Semakin banyak belajar kamu juga terlatih menjadi orang yang pantang menyerah.

Seperti Einstein, jika ia cepat menyerah, mungkin kecerdasan dalam teorinya tak pernah berguna bagi dunia. Bagi Einstein, kegagalan bukan yang paling penting dalam perjuangan. Melainkan proses dan cara belajar serta pola pikir itulah yang mempengaruhi terwujudnya sebuah impian.

Back to Content ↑

Belajar Dari Pengalaman

Kapasitas otak manusia memang terbatas. Kita tidak mungkin ikut menelusuri penelitian para ilmuwan hebat. Apalagi jika penelitian tersebut kurang menarik atau tidak sesuai dengan bidang yang digemari. Tentu dengan keterbatasan kapasitas otak ini, kita cenderung melupakan hal tersebut.

Albert Einstein menjadi penemu hebat karena ia belajar dari pengalaman. Masih berkaitan dengan sikap berani mencoba tadi, pada percobaan selanjutnya akan menghasilkan pencapaian yang lebih baik. Hal ini karena dirinya belajar dari pengalaman sebelumnya. Ternyata fantastis!! Hasil belajar dari pengalaman ini menjadi sesuatu yang sangat berharga.

Belajar dari pengalaman membuat kamu lebih mengerti hal apa yang harus diperbaiki berdasarkan evaluasi kegiatan sebelumnya. Jika belum memiliki pengalaman, sebaiknya kamu banyak mencoba hal baru. Ataupun jika terbatas waktu, lebih baik kamu membaca buku untuk memperkaya informasi dari pengalaman orang-orang yang telah mencoba terlebih dahulu.

Back to Content ↑

Banyak Bertanya

Rasa penasaran memang menjadi perasaan alamiah yang dialami manusia. Untuk berkembang, kamu harus mengembangan pemikiran kritis dengan banyak bertanya. Jangan takut dianggap bodoh karena sering bertanya. Memang hal ini kerap terjadi, bahkan teman sekelas bisa saja merasa bosan karena orang-orang itu saja yang bertanya.

Akan tetapi, Einstein sebagai ilmuwan hebat lahir dari rasa ingin tahunya. Sekalipun pernah dianggap bodoh oleh orang lain, ia tak pernah menghiraukan hal tersebut. Ia memiliki pola pikir bahwa dengan bertanya kepada orang yang lebih ahli akan membuat ilmu yang dipelajari semakin dipahami.

Pertanyaan bisa mendorong pemikiran kritismu. Setiap orang tentu memiliki pemikiran berbeda bukan? Bukan tidak mungkin dalam satu topik yang sama timbul banyak pertanyaan. Saat berada di kelas, manfaatkanlah hal ini untuk menjadi siswa yang aktif. Pertanyaan juga membuatmu belajar lebih banyak.

Sekalipun pertanyaanmu terlalu sederhana di mata orang lain, cobalah tanyakan untuk mendapat sudut pandang baru. Semakin banyak persepsi yang kamu dapat, kamu akan menjadi orang yang kaya akan informasi dan toleran atas berbagai persepsi.

Back to Content ↑

Nilailah Sesuatu Berdasarkan Dedikasinya, Bukan Pencapaiannya

Sejatinya, kesuksesan bukanlah pencapaian yang menguntungkan dirimu sendiri. Melainkan pencapaian yang mampu bermanfaat bagi banyak orang. Karena hal inilah yang diterapkan oleh Albert Einstein. Ia lebih mengutamakan dedikasi dibandingkan pencapaian. Terbukti, teorinya sampai sekarang bermanfaat luas dalam segala bidang.

Dalam hal belajar, nilai ini bisa kamu terapkan dengan cara membantu teman yang kesulitan dalam belajar. Saat kamu telah lebih paham dengan suatu materi, kamu bisa berbagi pemahaman kepada teman. Jangan takut ini tidak akan mengurangi ilmu kamu. Yang ada justru kamu semakin paham karena telah satu tingkat diatasnya, yakni sudah mampu menjelaskan.

Terapkanlah mindset untuk membantu orang lain yang sedang dalam kesulitan. Bantulah mereka jika memang kamu mampu. Lebih baik lagi jika kamu mampu mengatasi permasalahan mereka. Rasakan lah kebahagiaan saat mampu berdedikasi untuk kepentingan orang lain. Percayalah, niscaya semua kebaikan tersebut akan kembali pada dirimmu sendiri.

Back to Content ↑

Berpikir Kreatif dan Out of The Book

Di dunia ini ternyata belum banyak orang yang mau berpikir out of the book. Kondisi ini sering dialami dalam dunia sekolah. Mereka lebih memilih mengikuti hafalan materi dalam buku teks. Bahkan, beberapa guru juga mensyaratkan ujian textbook sehingga tidak memberikan ruang bagi siswa untuk berpikir kreatif.

Padahal, para ilmuwan hebat termasuk Einstein memiliki keunggulan selalu berpikir lain dari yang lain. Hal inilah yang menjadi pembeda dirinya. Jika kamu ingin sukses, terkadang menjadi berbeda dengan pemikiran orang lain membuatmu grow up lebih tinggi. Hal ini karena orang-orang di sekitarmu masih terpaku dengan pemikiran-pemikiran dasar.

Benar jika segala materi merujuk pada buku teks. Namun, tidak ada salahnya kamu melatih pemikiran dengan mencoba berpikir out of the books. Dalam jangka panjang, pengetahuan di luar buku akan sangat dibutuhkan. Untuk itu, jadilah orang sukses yang berbeda dengan orang lain.

Back to Content ↑

Itulah sejumlah tips belajar ala Albert Einstein. Kira-kira apakah kamu berani menantang dirimu untuk menerapkan tips tersebut? Bukan hal yang mudah memang mengubah pola pikir atau mindset sukses seperti ini. Namun, semua orang berhak mengatur pola pikir dirinya. Berawal dari pola pikir inilah kamu akan berkembang.

Jadilah seorang pembelajar yang membantu orang lain dengan karya. Seperti Einstein, dedikasi lebih penting dibandingkan pencapaian. Mimpimu boleh setinggi langit, tetapi jangan lupa menyentuh bumi untuk membantu orang di sekitarmu. Sekian, Terima Kasih dan Semoga Bermanfaat!