Skip to main content

Mengenal ColorOS 11, Dari Kelebihan Hingga Fitur-Fitur Terbarunya

Mengenal ColorOS 11, Dari Kelebihan Hingga Fitur-Fitur Terbarunya
ColorOS 11

Mengenal ColorOS 11, Dari Kelebihan Hingga Fitur-Fitur Terbarunya

OPPO memperkenalkan sistem antarmuka terbarunya, yaitu ColorOS 11 secara global. Seperti pada generasi sebelumnya, ColorOS ini tetap berbasis Os Android, namun menggunakan versi paling baru yakni 11.

Mengenai soal penamaan versi, OPPO langsung melejit dari yang semula ColorOS 7,2 menjadi ColorOS 11. Mengikuti penamaan dari Android 11. Meski dirasa cukup aneh bagi beberapa orang, nyatanya pembaruan yang diberikan sangat menjanjikan.

Dan tidak butuh waktu lama untuk pengguna OPPO Indonesia menjajal ColorOS 11 ini di smartphonenya. Akan tetapi, masih dengan catatan perangkat yang Anda miliki harus mendukung. OPPO pun mengungkap timeline update ColorOS untuk ponsel-ponselnya dimulai sejak 14 September untuk pengguna OPPO Find X2 dan Find X2 Pro. Kemudian pada tanggal 30 September giliran ponsel OPPO Reno 3 Pro dan F17 Pro.

Nah, mulai bulan Oktober pengguna Reno 4 Pro 5G akan kebagian ColorOS 11, yang nantinya akan disusul oleh Reno 4 5G, dan Reno 4 Pro 4G yang akan datang pada bulan November.

Pada bulan Desember, pengguna Reno 4 4G, OPPO F11, F11 Pro Marvel Avengers Limited Edition, OPPO A9, A92, A72, dan A52 juga akan mendapatkan pembaruan ColorOS 11. Pada kuartal l-2021, giliran Reno 10× Zoom, Reno2, Reno2 F, Reno2 Z, Reno 3 pro 5G, A91, dan OPPO F15 yang mendapat ColorOS.

Terakhir, pada kuartal II-2021, OPPO Reno, Reno Z, OPPO A5 2020,dan A9 2020 akan menjadi daftar terakhir yang mendapatkan giliran pembaharuan ColorOS 11.

ColorOS 11 juga mempunyai fitur-fitur baru. ColorOS 11 diklaim OPPO dapat mempertahankan fitur-fitur dari Android Stock dan menambah UI Customization khusus bagi pengguna OPPO.

TOC / Daftar Isi

Berikut Beberapa Fitur Baru ColorOS 11

1. UI Customizations

Fitur yang satu ini memberikan kebebasan serta ruang kepada pengguna untuk mengatur sendiri tema, wallpaper, Always-On Display, font, icon, serta nada dering sehingga mampu menghilangkan rasa bosan pada tampilan pon yang itu-itu saja seperti bentuk icon pada toolbar serta berapa banyak kolom atau baris yang terlihat di layar, yang tentunya dapat disesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Tersedia juga 10 warna dalam lima skema yang dapat diterapkan ke kontrol dan ikon untuk memastikan pengalam visual yang konsisten.

Anda juga bisa menciptakan Always -On Display dengan desain sendiri. ColorOS 11 menyediakan pattern dasar, dan kemudian Anda dapat mengkreasikan sesuai gaya yang Anda inginkan.

Untuk wallpaper, Anda juga dapat menciptakannya sendiri bahkan dengan menggunakan foto sendiri. Algoritma khusus di ColorOS 11 akan mengatur ulang serta menganalisis warna dan menghasilkan wallpaper kreatif dengan gaya yang berbeda berdasarkan referensi foto Anda.

Jika biasanya nada dering diganti dengan lagu favorit, kini Anda dapat menciptakan nada dering sendiri. Nada tersebut dapat disesuaikan dengan panel geser. Anda cukup memilihnya secara real time.

Back to Content ↑

2. Kustomisasi Mode Gelap

Kebanyakan ponsel memiliki satu warna yaitu warna hitam pada mode gelap. Pada ColorOS 11 ini mode gelap telah dikembangkan menjadi 3 skema warna. Warna-warna tersebut menawarkan tingkat-tingkat kontras yang berbeda serta mengatur waktu mulai dan mati otomatis. Anda juga bisa menyesuaikan dengan pagi dan malam sehingga nyaman di mata.

Back to Content ↑

3. OPPO Relax 2.0

OPPO juga menyematkan Relax 2.0 yang memungkinkan pengguna membuat white noise mix mereka sendiri. White noise mix adalah kombinasi suara yang menyamarkan kebisingan di lingkungan sekitar. Fitur ini juga menawarkan aneka koleksi suara.

Back to Content ↑

4. Three-Finger Translate

Fitur ini didukung oleh Google Lens dan menjadi fitur pertama yang dirancang oleh OPPO bersama dengan Google. Three-Finger Translate dapat menangkap serta menerjemahkan teks melalui screenshot yang diambil melalui usapan tiga jari di layar.

Back to Content ↑

5. FlexDrop

FlexDrop disebut akan mendukung kegiatan multitasking pada smartphone. Seperti menonton video sambil mengetik chat secara bersamaan tentunya. Pengguna juga dapat beralih di antara aplikasi dan mengontrol perangkat smartphone melalui Device Control, tanpa harus mengunduh aplikasi baru.

Back to Content ↑

6. Sistem Privasi

ColorOS 11 menggabungkan fitur privasi yang dibawa Android Stock yang baru. Sistem Privasi membuat sistem terpisah, dimana versi dari kedua aplikasi dan data berjalan independen dari aslinya, dan cuma bisa diakses melalui pemindai sidik jari atau password terpisah.

Back to Content ↑

7. UI First 2.0

Fitur ini diklaim bisa mengatasi kelambatan yang ada pada ponsel. UI First 2.0 menggabungkan mesin lag-reduce milik OPPO dengan Quantum Animation. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan pemanfaatan RAM 45 persen, memperbaiki tingkat respons hingga 32 persen, dan kecepatan frame rate sebesar 17 persen.

Back to Content ↑

8. Baterai

OPPO juga menghadirkan fitur Super Power Saving mode terbaru. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk memilih enam aplikasi penting dijalankan saat baterai dalam kondisi kritis. Ada pula fitur Battery Guard, fitur ini dapat mencegah kerusakan akibat pengisian daya yang cukup lama pada voltase daya yang tidak stabil, dengan mempelajari kebiasaan pengguna.

Apabila pengisian baterai sudah mencapai angka 80 persen pada malam hari, fitur ini akan menghentikan pengisian daya lalu melanjutkan pengisian daya sampai penuh ketika Anda sudah terbangun di pagi hari.

Back to Content ↑

9. Al App

Fitur ini akan mempelajari perilaku Anda dan kemudian akan mempersiapkan aplikasi yang paling sering digunakan untuk mengurangi waktu loading. Ada juga fitur Super Touch yang mengidentifikasi skenario pengguna dan mengoptimalkan kecepatan respon sentuh yang sesuai, serta meningkatkan kelancaran sistem.

Back to Content ↑

10. Mengunci Aplikasi

ColorOS 11 juga memiliki fitur shortcut baru di App Lock yang memungkinkan pengguna mengunci aplikasi dengan menggunakan password, sidik jari, ataupun pemindai wajah. Sistem perizinan juga telah ditingkatkan, dengan izin sementara yang mengatur ulang kamera, mikrofon, dan akses lokasi saat aplikasi ditutup.

Kemudian ada storage restrict apps, yang akan mencegah aplikasi berbahaya mengakses data aplikasi lain. Fitur ini akan membatasi akses aplikasi ke data ponsel dan memberikan pengguna memberikan izin akses.

Back to Content ↑

Keunggulan yang Dimiliki ColorOS 11

Beberapa keunggulan dari ColorOS 11 yaitu;

1. Lebih Efisien

Flexdrop dan fitur baru lainnya yang memberikan solusi mudah dan multitasking. Pengguna dapat menonton video dan mengetik pesan secara bersamaan, sangat berguna khususnya bagi para gamer dan pecinta video. Pengguna bahkan dapat beralih di antara aplikasi dan mengontrol berbagai perangkat smart home melalui menu Device Control, tanpa harus mengunduh aplikasi baru.

Back to Content ↑

2. Pengalaman Pengguna yang Sangat Mulus

Meskipun frekuensi gambar yang tinggi merupakan kemajuan industri yang positif, namun seringkali ponsel mengalami lagging dan keterlambatan sebagai dampaknya. Dan untuk mengatasi hal ini, itulah mengapa ColorOS 11 memperkenalkan UI First 2.0 dan AI App.

Back to Content ↑

3. Fokus yang Ditingkatkan Pada Keamanan dan Privasi Pengguna

ColorOS 11 membuat sebuah sistem terpisah dimana versi kedua aplikasi dan data berjalan independen daripada aslinya.

Back to Content ↑

4. Peluncuran Tercepat Dalam Sejarah ColorOS

Peluncuran versi ColorOS 11 saat ini mengundang para penggiat teknologi untuk menjelajahi fitur-fitur baru serta memberikan masukan. Untuk versi barunya akan dimunculkan dalam waktu mendatang.

Back to Content ↑

Jadi, kini sudah tertarikkah Anda untuk mengupdate sistem antarmuka ke ColorOS 11? Terima Kasih dan Semoga Bermanfaat!