Skip to main content

Mau UANG?? Kirim artikel yang berkaitan dengan niche Blog Daily Info DISINI. Artikel/tulisan yang disetujui akan dapat imbalan uang, atau dapat ditukar dengan pemberian Backlink Nofollow dari Kami.

×

8 Tipe Kecerdasan, Kamu Termasuk yang Mana?

8 Tipe Kecerdasan, Kamu Termasuk yang Mana?
8 Tipe Kecerdasan, Kamu Termasuk yang Mana?

8 Tipe Kecerdasan, Kamu Termasuk yang Mana?

Setiap manusia sudah dianugerahi oleh Tuhan dengan kemampuan yang berbeda. Inilah yang dinamakan bahwa potensi memang dimiliki semua orang. Akan tetapi, masing-masing orang diberikan keahlian yang mungkin tidak sama antara satu dengan lainnya. Hal ini membuat sejumlah ahli membedakan tipe kecerdasan manusia.

Mengenali tipe kecerdasan akan membantu kamu untuk berkembang. Pasalnya, setiap tipe kecerdasan tersebut melahirkan orang yang ahli di bidangnya masing-masing. Tidak mungkin seseorang tidak diberikan potensi. Jika merasa belum memiliki potensi, mungkin kamu hanya belum menggali apa yang menjadi minatmu.

Untuk itu, kamu bisa mencoba mengenali kecerdasan apa yang kamu miliki. Seorang ahli bernama Howard Gardner mengelompokkan jenis kecerdasan menjadi 8 tipe. Ahli psikologi dan pendidikan ini memberikan rumusan yang diberi nama teori Multiple Intelligences. Teori kecerdasan majemuk ini menunjukkan bahwa manusia bisa saja memiliki lebih dari satu tipe kecerdasan. Nah, berikut ini 8 tipe kecerdasan menurut ahli Howard Gardner.

TOC / Daftar Isi

Logika-Matematis

Tipe kecerdasan yang pertama adalah logika-matematis. Kecerdasan ini berkaitan dengan operasi matematika. Dengan pendekatan dan analisis secara logis, orang dengan tipe kecerdasan ini akan senang berhitung dan menganalisa persoalan matematis. Biasanya mereka dicirikan pandai dalam pelajaran matematika.

Adapun bukan berarti yang tak pandai matematika tidak memiliki kecerdasan ini. Sebab, ada hal lain seperti kemampuan berpikir logis yang harus dimiliki orang tersebut. Mereka menganalisa masalah dengan pemikiran rasional. Alhasil, mereka dengan kemampuan logika-matematis ini pandai dalam penalaran.

Selain itu, orang dengan tipe kecerdasan seperti ini mudah dalam membaca pola hubungan antara angka dengan simbol. Biasanya mereka akan lebih senang bekerja di bidang komputasi. Adapun jurusan yang cocok bisa bergabung dengan keluarga ilmu matematika ataupun statistika.

Back to Content ↑

Linguistik dan Verbal

Seperti namanya, kecerdasan ini berkaitan dengan ilmu linguistik atau kemampuan menggunakan kata dan bahasa secara efektif. Orang dengan tipe kecerdasan ini cenderung senang berbicara dan mengomunikasikan ide kepada orang lain. Tak hanya itu, mereka yang dengan tipe ini juga senang menulis untuk mengutarakan ide.

Pada dasarnya, orang yang cerdas linguistik dan verbal senang memberikan gagasan melalui kata-kata. Hal ini tercermin dari bahasa yang mereka gunakan. Biasanya bahasa tersebut terstruktur rapi dan memiliki pola kosakata yang teratur. Alhasil, orang dengan tipe kecerdasan ini akan menggembangkan bakat dengan menjaadi penulis, juarnalis, pembawa acara, dan sebagainya.

Kamu dengan kemampuan linguistik tidak perlu khawatir dalam memilih jurusan. Kamu bisa mempertimbangkan jurusan bahasa, sastra, ataupun ilmu komunikasi. Cobalah telusuri kembali mana yang lebih menjadi minatmu.

Back to Content ↑

Musikal

Tipe kecerdasan ini sudah bisa diartikan dari namanya. Kecerdasan tipe musikal berarti mereka yang memiliki kemampuan mengekspresikan diri melalui musik. Kemampuan ini membuat jiwa pemiliknya begitu memahami dan menghayati alunan musik. Jangan salah, seni tidak dirasakan setiap orang lho! Apalagi berkaitan dengan musik yang membutuhkan indera perasa.

Orang dengan tipe kecerdasan musikal memiliki kepekaan terhadap ritme dan nada musik. Tak hanya itu, mereka juga senang bersuara dan memainkan alat musik. Terkadang alat musik tidak selalu cocok dipelajari setiap orang. Butuh koneksi melalui bakat dan kegemaran untuk bisa membuat kita menyatu dengan seni, terutama musik.

Bagi kamu yang merasa golongan ini, kamu bisa mengambil jurusan seni musik. Ataupun jika tidak, secara lebih luas kamu bisa mengikuti UKM seni musik seperti marching band. Yang penting pada prinsipnya kamu bisa mengembangkan kemampuan ini ya!

Back to Content ↑

Visual dan Spasial

Saat mendengar kata spasial, kamu akan tergerak dengan gambar. Gambar sangat mempengaruhi kehidupan, terutama dalam media pemasaran. Gambar menjadi sangat penting untuk menarik atensi penonton. Nah, bagi kamu yang memiliki kecerdasan visual dan spasial, kamu harus bersyukur.

Selain gambar, orang dengan tipe kecerdasan ini mampu menganalisis peta, grafik, ataupun video. Intinya, mereka yang bergelut di bidang desain akan menyukai hal-hal yang membawa kepada citra visual. Prospek seorang desainer ini sangat besar lho! Kamu bisa mngembangkan kemampuan ini melalui jurusan desain komunikasi visual ataupun jurusan seni murni desain lainnya.

Back to Content ↑

Intrapersonal

Kemampuan ini berkaitan dengan kemampuan untuk menyadarkan, memahami emosi, sifat, pikiran, ataupun motivasi dalam diri sendiri. Orang dengan kecerdasan seperti ini biasanya menjadi seorang yang adaptif. Dengan begitu, mereka juga cenderung cepat berkenalan dengan lingkungan baru.

Jika kamu memiliki kemampuan ini, kamu bisa merambah dunia psikologi sebagai jurusan pengembangannya. Ataupun mengambil profesi sebagai guru BK juga bisa menjadi pilihan. Hal ini karena kamu bekerja berdasarkan empati dan pengalaman diri.

Back to Content ↑

Interpersonal

Jangan salah membedakan ya! Kecerdasan interpersonal merupakan kemampuan intrapersonal, tetapi ditujukan kepada orang lain. Mereka dengan tipe kecerdasan ini akan terbentuk menjadi seorang yang banyak mendapatkan curhatan dari orang lain. Hal ini karena mereka tanggap dan baik dalam hal memberikan saran.

Selain itu, keterampilan dalam memahami orang lain membuat mereka lebih mudah dalam bergaul. Tipe kecerdasan ini mencirikan orang yang easygoing. Artinya, dengan siapa pun di sekitarnya akan mudah dalam beradaptasi. Jurusan psikologi juga cocok untuk tipe kecerdasan ini. Sebab, jurusan tersebut menganalisis empati dan sering berhubungan dengan orang lain.

Back to Content ↑

Kinestetik dan Jasmani

Jika sebelumnya hanya membahas kecerdasan secara batiniah, pada bagian ini kamu mengenal tipe kecerdasan secara jasmaniah. Kecerdasan kinestetik berkaitan dengan mereka yang terampil dalam menggerakkan tubuh. Kecerdasan tipe ini melibatkan koordinasi seluruh bagian tubuh. Biasanya mereka yang cerdas kinestetik juga merupakan orang yang tangkas.

Dengan hal tersebut, orang dengan tipe kecerdasan ini memiliki kontrol fisik yang sangat baik. Misalnya mereka tidak mudah meluapkan emosi secara fisik saat marah. Adapun jurusan kuliah yang cocok dengan tipe kecerdasan ini adalah ilmu olahraga maupun seni tari. Kedua cabang ilmu tersebut berkaitan dengan pergerakan tubuh atau kinestetik.

Back to Content ↑

Naturalis

Jika kamu tipikal orang yang senang terhadap lingkungan, mungkin kamu masuk tipe kecerdasan ini. Seorang naturalis menyukai hal yang berkaitan dengan alam seperti tanaman, hewan, dan lingkungan lain di sekitarnya. Mereka merupakan pemerhati alam yang ulung.

Selain itu, mereka sangat tertarik menjelajahi alam, baik lingkungan biasa maupun lingkungan baru yang tak kalah menarik. Tak hanya itu, mereka juga tertarik mengenal spesies hewan di alam. Alhasil, orang bertipe naturalis akan memiliki sifat sebagai pemelihara alam dan menjaga kelestarian lingkungan.

Jurusan kuliah bagi tipe kecerdasan ini bisa masuk dalam lingkup pertanian, peternakan, manajemen sumber daya perairan, dan sebagainya. Kamu bisa mulai menelusuri jurusan apa saja yang termuat dalam lingkup ilmu tersebut.

Back to Content ↑

Nah, itulah 8 tipe kecerdasan manusia menurut ahli Howard Gardner. Kamu termasuk orang dengan tipe kecerdasan yang mana? Terima Kasih dan Semoga Bermanfaat!