Skip to main content

Mau UANG?? Kirim artikel yang berkaitan dengan niche Blog Daily Info DISINI. Artikel/tulisan yang disetujui akan dapat imbalan uang, atau dapat ditukar dengan pemberian Backlink Nofollow dari Kami.

×

Tips Aman Beli Barang Online

 Tips Aman Beli Barang Online
Tips Aman Beli Barang Online

Tips Aman Beli Barang Online

Mau beli barang online tapi takut kena tipu? Sebenarnya beli barang baik online maupun offline itu konsepnya sama lo sob.. harus pinter-pinter menganalisa barang dan penjualnya.

Beli barang offline pun kalau gak pinter milih dan salah tempat belinya, ya bisa juga amsyong.. gak sesuai dengan ekspektasi lah pokoknya.

Nah.. beli barang online itu harus pinter menganalisa. Beli di facebook, di marketplace dan di landing page punya cara tersendiri. Jangan gampang terpesona dengan bahasa iklan yang sering nongol di beranda facebook. Selalu lakukan check and recheck produk serupa di marketplace atau toko online yang lainnya.

TOC / Daftar Isi

Beli barang online via Facebook

Mungkin kamu pernah lihat orang posting barang bagus dan kamu minat mau membelinya. Nah sebelum memutuskan untuk membeli perhatikan hal-hal berikut ini :

  • Pastikan akun facebook penjual benar-benar akun asli bukan kloningan
  • Cek harga yang ditawarkan di penjual lain, jangan tergiur dengan harga murah
  • Cari testimoni atau referensi di grup
  • Jangan langsung beli barang dalam jumlah banyak
  • Pastikan nomor rekening tujuan transfer namanya sama dengan nama akun facebooknya

Kebanyakan mereka yang kena tipu tidak melakukan kroscek secara mendalam, penjual yang benar-benar niat jualan pasti akan menggunakan akun facebook yang asli, dan berbagai macam kontak yang bisa dihubungi.

Penjual asli umumnya juga menunjukan akun media yang lainya seperti instagram, website, dan lapak di marketplacenya.

Back to Content ↑

Beli barang di Marketplace

Untuk marketplace aturannya lebih ketat daripada facebook. Tingkat keamanannya lebih terjamin karena menggunakan sistem pembayaran rekening bersama.

Jadi saat kamu melakukan pembayaran, uang akan masuk ke akun marketplace, dan belum bisa dicairkan jika barang yang kamu beli belum diterima. Artinya barang harus dikirim dulu baru si penjual bisa mencairkan uangnya.

Beda jika jual beli di facebook, karena bayar langsung ke penjualnya. Hal semacam inilah yang bisa membuka peluang oknum-oknum nakal melakukan tindakan kejahatan.

Nah.. kalau mau beli barang online di marketplace, perhatikan hal-hal berikut :

  • Cari toko yang punya reputasi terbaik
  • Cari toko yang punya banyak testimoni positif
  • Pastikan si pemilik toko fast respon
  • Jangan tergiur dengan harga murah

Back to Content ↑

Beli barang di Landing Page

Harga barang yang ditawarkan di landing page relatif lebih mahal karena si penjual mengeluarkan biaya lebih untuk promosi. Saran saya, sebelum membeli barang yang ditawarkan melalui iklan, coba cek harga barangnya di marketplace.

Biasanya ada yang jual dengan harga yang lebih terjangkau. Kecuali jika barang yang ditawarkan melalui iklan memang benar-benar barang unik, dan tidak ada yang jual kecuali di landing page itu.

Back to Content ↑

Demikian informasi tentang tips aman beli barang online, terima kasih, semoga bermanfaat dan tetap waspada. Buat kamu yang suka baca, temukan artikel menarik lainnya di kangmasian.com