Skip to main content

Mau UANG?? Kirim artikel yang berkaitan dengan niche Blog Daily Info DISINI. Artikel/tulisan yang disetujui akan dapat imbalan uang, atau dapat ditukar dengan pemberian Backlink Nofollow dari Kami.

×

Spesifikasi Lengkap Asus ROG Phone 3. Ponsel Game Terbaru yang Kini Banyak Diburu

Spesifikasi Lengkap Asus ROG Phone 3. Ponsel Game Terbaru yang Kini Banyak Diburu
Asus ROG Phone 3

Spesifikasi Lengkap Asus ROG Phone 3. Ponsel Game Terbaru yang Kini Banyak Diburu

Kabar gembira terutama untuk para gaming, Asus Indonesia resmi mengeluarkan smartphone gaming ROG Phone 3 di Indonesia. Smartphone ini sejatinya adalah penerus dari Asus ROG Phone 2 yang telah diluncurkan terlebih dahulu pada Desember tahun 2019. Berikut merupakan spesifikasi dari Asus ROG Phone 3.

TOC / Daftar Isi

Desain Asus ROG Phone 3

Serupa dengan pendahulunya yaitu ROG Phone 2, ROG Phone 3 pun kini hadir dengan desain yang kokoh dan juga berbahan metal. Frame dari ROG Phone 3 yang terbuat dari metal ini dilapisi dengan Gorilla Glass 6. Desainnya yang lebih sleek, dengan body belakang yang dibuat lebih sedikit melengkung dan tidak sekaku ROG Phone 2.

Dibagian punggung smartphone terdapat logo "ROG" yang sangat khas. Dimana logo tersebut dilengkapi dengan panel RGB, yang dapat memancarkan lampu warna-warni. Pastinya sangat trendy untuk Anda apalagi di kalangan anak muda jaman sekarang yang lebih menyukai sesuatu yang unik.

Smartphone ini juga memiliki dimensi yang cukup besar, dengan ketebalan hampir 10 mm dan berat mencapai 240 gram. Tidak terlalu lebar sebenarnya, tapi lumayan cukup tinggi karena bezel atas dan bawah yang cukup tebal untuk beberapa alasan. Kalau Anda memegangnya dengan satu tangan dengan waktu yang lama mungkin akan terasa lelah.

Back to Content ↑

Kamera Asus ROG Phone 3

Tidak hanya logo, pada bagian punggungnya juga terdapat 3 kamera yang tersusun secara vertikal. Adapun konfigurasi ketiga kamera tersebut terdiri dari kamera utama 64 MP, kamera ultra wide 13 MP, dan kamera makro.

Pada bagian depan, terdapat satu buah kamera selfie yang beresolusi 24 MP. Sedikit kekurangan terdapat dynamic range serta efek HDR-nya, bukan yang terbaik di kelas dengan harga yang sama. Juga skin tone yang cenderung halus dan dingin meskipun efek beautify sudah dimatikan. Sementara mode malamnya mampu meningkatkan detail foto.

Proses pengambilan gambar dengan menggunakan mode malam juga cukup intuitif, berikan perkiraan detik yang dibutuhkan untuk mengambil foto, serta viewfinder yang bertahap menjadi terang sampai shutter selesai mengambil foto. Tekan hasil foto, dan foto sudah selesai diproses tanpa Anda menunggu lagi.

Untuk perekaman video, ROG Phone 3 mendukung sampai resolusi 8K 30fps atau 4K 60fps. Sensornya belum dilengkapi OIS, jadi hanya memanfaatkan gyro-EIS. Hasil perekaman sendiri dapat dikatakan stabil ketika fitur Hyper Steady diaktifkan.

Akan tetapi, fitur tersebut bakal menggunakan ultra-wide, sehingga kurang begitu cocok untuk kondisi pencahayaan yang kurang. Tidak hanya untuk foto, mode profesional juga dihadirkan untuk video dapat mengatur ISO dan Shutter Speed. Serta dapat menggunakan mikrofonnya, ingin mengambil suara secara sekeliling, atau bagian depan atau belakang saja.

Selain kamera utama ada pula AURA RGB lighting yang diletakkan di tengah body bagian belakang. Kemudian disebelahnya dilengkapi pula sebuah lubang fisik untuk mengeluarkan panas dari dalam. Dengan begitu, dapat diketahui secara jelas bahwa Asus ROG Phone 3 belum dibuat tahan air.

Ada total empat mikrofon di sekeliling body, dan total 3 port USB-C yang terletak dibawah satu buah dan 2 lainnya di sebelah kiri. Tertutup karet yang agak susah dilepas, satu port di sebelah kiri dapat Anda gunakan untuk charging. Sementara satu disebelahnya digunakan sebagai tempat memasangkan aksesoris tambahan seperti kipas pendingin Aero Cooler, docking station, gamepad dan lain sebagainya.

Back to Content ↑

Layar Asus ROG Phone 3

Layarnya ponsel ini berjenis AMOLED memiliki bentang seluas 6,9 inch, yang sudah mendukung rate refresh hingga 144Hz dengan respon time yang mencapai 1 millisecond. Pada layar tersebut memiliki touch sampling rate sebesar 270 Hz dengan latensi sentuhan hingga 25 milisecond yang telah mendukung gambar 10 bit HDR.

Yang artinya, layar dari Asus ROG Phone 3 ini sangat mulus. Hal ini sangat dibutuhkan oleh para gamer profesional yang membutuhkan tingkat presisi yang tinggi.

Selain cocok untuk bermain game, Asus ROG Phone 3 ini juga cocok untuk konsumsi multimedia, karena sudah mendukung HDR10 + dan Widevine L1. In Display fingerprint sensornya juga sangat instan dalam membaca sidik jari. Hanya saja, layar ROG Phone 3 ini mengalami isu yang sebenarnya juga cukup umum dialami oleh layar refresh rate tinggi.

Ketika menampilkan warna yang gelap seperti abu-abu, warnanya akan berubah menjadi keunguan bahkan kehijauan. Intensitasnya juga dapat dikatakan cukup tinggi. Selain kesalahan hardware, hal ini juga dapat dikarenakan kesalahan kalibrasi saja, yang semoga dapat diperbaiki melalui software update.

Back to Content ↑

Baterai Asus ROG Phone 3

ASUS juga turut mempertahankan baterai berkapasitas jumbo yaitu 6000 mAh yang sudah mendukung pengisian daya cepat 30 Watt. ROG Phone juga diklaim dapat bertahan hingga 9,2 jam ketika memainkan PUBG Mobile, Asphalt 5 selama 9,5 jam, dan Call Of Duty Mobile hingga 9,3 jam.

Back to Content ↑

Dapur Pacu Asus ROG Phone 3

ROG Phone 3 telah dipersenjatai dengan Snapdragon 865 Plus dan GPU Adreno 650, yang menawarkan performa lebih unggul dibandingkan smartphone lainnya. Pada ROG Phone 3 ini juga di sematkan fitur Air Trigger yang mampu menjadi tombol tambahan khusus. Fitur ini dapat mendeteksi pergerakan jari Anda, sehingga Anda dapat meningkatkan pengalaman dalam bermain game mobile.

Anda pun dapat memanfaatkan aplikasi bawaan dari smartphone satu ini yaitu bernama X Mode, aplikasi bawaan ini mampu memberi peningkatan visual game, mempercepat koneksi dan jaringan, serta memantau kontrol kinerja CPU hingga kinerja GPU.

Smartphone ini juga dilengkapi dengan 2 lubang port charger, yang terletak di sisi kiri dan dibagian bawah smartphone. Dengan demikian, Anda dapat memainkan game sambil mengisi daya ponsel tanpa terganggu port charge.

Dan demi selalu menjaga suhu smartphone tetap dalam keadaan stabil, ASUS juga turut menyertakan sistem pendingin multilayer Game Cool System. Teknologi ini memanfaatkan 3D Vapor Chamber,sehingga sirkulasi panas dapat dibuang secara berkala.

ROG Phone 3 juga dilengkapi dengan sistem audio GameFX dan dua speaker stereo yang menghadap ke depan. ROG Phone juga telah menjalankan sistem operasi Android 10 yang dilapisi dengan antarmuka ROG UI.

Tampilannya sendiri tak jauh berbeda dengan stock Android, mulai dari halam depan, menu, bar notifikasi, dan menu pengaturan. Kalau memang tidak suka dengan wallpaper serta icon pack dari ASUS, Anda dapat mengubahnya lebih polos mirip dengan stock Android.

Meskipun terlihat clean, ASUS cukup cerdas untuk menyimpan dan menyediakan beragam fitur tambahan, mulai dari pintasan untuk kunci layar dengan mengetuk bar notifikasi 2 kali, sampai beberapa fitur gaming khusus. Tiga fitur utama dari ROG Phone 3 adalah X Mode, Armoury Crate dan Game Genie.

  • X Mode adalah sebuah fitur yang membuat smartphone memberikan performa yang paling tinggi. Ketika digunakan, wallpaper default akan melakukan transisi menjadi nuansa warna merah yang cukup keren.

  • Armoury Crate hadir menjadi sebuah aplikasi yang lengkap untuk terhubung dengan pengguna ROG lainnya serta mengontrol fitur tertentu yang lain seperti AURA RGB. Lampu belakang pada ROG Phone 3 ini mampu diatur sesuai selera Anda. Dari mulai intensitas cahayanya maupun warnanya serta kapan lampu ini akan menyala dan mati.

  • Game Genie dapat diakses ketika kita menjalankan sebuah game dari smartphone. Lewat gesture swipe dari ujung layar, Game Genie akan menampilkan informasi perangkat seperti suhu, pintasan untuk mematikan notifikasi maupun telepon, serta untuk mengatur fungsi Air Trigger.

  • 2 Air Trigger terletak di sisi kanan ROG Phone 3 yang dapat kita gunakan sesuai keperluan. Masing-masing mendukung input sentuh, swipe dan scroll, bisa di kustomisasi untuk tiap game sesuai selera. Tentunya sangat membantu dalam bermain game.

Back to Content ↑

Itulah spesifikasi dari ASUS ROG Phone 3. Apakah Anda berminat memiliki smartphone yang satu ini? Sekian, Terima Kasih dan Semoga Bermanfaat!