Skip to main content

Strategi Jitu Hadapi UTBK 2021

Strategi Jitu Hadapi UTBK 2021

Strategi Jitu Hadapi UTBK 2021

Siapa yang sedang berjuang mendapatkan kampus impian? Kamu fresh graduate? Atau lulusan SMA, tetapi belum berkesempatan merasakan bangku kuliah? Jika iya, pastinya kamu harus bersiap untuk Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) tahun 2021. Setiap tahunnya persaingan masuk PTN semakin ketat lho! Namun, kamu jangan khawatir.

Selagi masih ada waktu, manfaatkanlah waktumu dengan baik. Eits, tetapi memanfaatkan waktu untuk belajar saja tidak cukup. Kamu harus punya strategi agar lebih unggul dibandingkan pejuang PTN lainnya. Mungkin saja, dari jumlah 700ribuan para pejuang UTBK 2020, mereka telah belajar dengan sungguh-sungguh. Namun, hanya sebagian kecil saja yang menyiapkan strategi.

Nah, inilah saatnya kamu mencuri start dan mengambil peluang. Berikut ini strategi jitu yang bisa kamu terapkan untuk menghadapi UTBK 2021.

Oktober

Pada bulan Oktober sekarang, cobalah bertanya pada dirimu sendiri. Kamu ingin mengambil program studi (prodi) apa? Karier seperti apa yang ingin kamu capai? Di kuartal dua tahun ajaran baru ini kamu sudah harus dapat menjawab pertanyaan tersebut. Untuk memantapkan pilihanmu, kamu bisa sering-sering mengeksplorasi diri dan jika perlu bertanya kepada kakak kelas di jurusan yang kamu incar. Siapkan dua pilihan jurusan yang nanti kamu ambil saat SBMPTN.

Selanjutnya, masih dalam bulan yang sama, kamu harus mulai menyusun jadwal belajar rutin. Tentukan kamu akan belajar rumpun saintek atau soshum. Rumpun ini disesuaikan dengan pilihan prodi mu tadi ya! Selain itu, aturlah jadwal untuk belajar Tes Potensi Skolastik (TPS). Coba mulai kerjakan contoh soal mulai dari yang paling dasar. Jika perlu, kamu juga bisa mencari tempat kursus atau les secara online maupun offline.

November

Diskusikan pilihan jurusan dengan orang tua. Hal ini menjadi penting karena sering terjadi kasus bentrok antara pilihan jurusan dengan kemauan orang tua. Agar kedepannya bisa satu jalur, cobalah untuk berdiskusi di awal. Satukan pilihan jurusanmu dengan restu dari orang tua. Sebab, dukungan orang tua sangat mempengaruhi kelancaran belajarmu ke depannya.

Selain berdiskusi, di bulan November ini kamu perlu terus mengupdate informasi tentang UTBK dan SBMPTN 2021. Pahami terlebih dahulu apa itu UTBK dan SBMPTN. Kamu bisa belajar dari sistem yang digunakan pada tahun 2020. Sebab, pada 2021 diprediksi sistemnya masih sama. Jika pun terjadi perubahan, kamu harus menjadi orang yang adaptif, cepat menerima, dan segera mengambil tindakan.

Desember

Horee waktunya liburan. Memang benar, Desember menjadi waktu libur paling lama yang dirasakan siswa. Sebab, para siswa libur satu tahun, yakni sejak Desember sampai pergantian tahun. Namun, bagi kamu yang bersungguh-sungguh dalam berjuang, kamu pasti tidak akan melewatkan kesempatan ini. Cobalah beri waktu sebentar untuk menata diri pada 2021 mendatang.

Kamu harus menjadi orang yang lebih terencana, terutama untuk masa depan di kampus impian. Sisihkan waktu untuk membuat perencanaan yang lebih matang lagi. Rencana inilah yang kamu jadikan alur perjuanganmu tahun depan. Setelah menetapkan rencana, kamu sangat boleh menikmati waktu libur semestermu. Manfaatkan waktu ini untuk relaksasi agar di tahun 2021 kamu bangkit dengan pikiran yang lebih segar demi menatap masa depan yang cerah.

Januari

Memasuki bulan Januari, artinya mimpi kamu sudah semakin dekat. Biasanya, pada awal bulan di tahun 2021 ini, akan ada pemberitahuan tentang SNMPTN, SBMPTN, dan ujian mandiri. Siap-siap, kamu akan dihadapkan dengan desakan untuk segera mengambil pilihan. Nah, kamu tidak perlu khawatir. Kamu sudah menyiapkannya sejak akhir tahun lalu bukan?

Di bulan Januari nanti, akan ada pengumuman siswa-siswa yang lolos pemeringkatan untuk mengikuti SNMPTN. Seleksi ini awalnya dipilih oleh sekolah berdasarkan nilai raport paling tinggi. Kuotanya pun berbeda, tergantung akreditasi sekolah. Sebaiknya kamu mulai memperhatikan keketatan persaingan di jurusanmu. Selain itu, bandingkan juga nilai raport yang lolos jalur SNMPTN tersebut.

Februari

Pada bulan Februari, seleksi jalur raport, SNMPTN dimulai. Bagi kamu yang berkesempatan mengikuti seleksi ini, manfaatkan peluang dengan baik ya! Namun, kamu harus tetap fokus berjuang untuk UTBK. Anggap saja SNMPTN sebagai hadiah. Hadiah tentu tidak diberikan kepada semua orang bukan? Akan tetapi kamu harus ingat untuk selalu mendoakan hasil yang terbaik.

Di samping SNMPTN, kamu juga sedang menjalani persiapan ujian sekolah. Biasanya ujian sekolah akan hadir pada bulan Maret atau awal April. Nah, mengenai UTBK, kamu bisa menyisihkan waktu untuk latihan soal-soal UTBK terkait. Perhatikan porsi yang kamu berikan, semestinya masih tetap fokus kepada UTBK sebagai tujuan setelah SMA.

Maret

Bulan Maret waktunya ujian sekolah tiba. Jika ujian sekolah ini menjadi syarat kelulusan, kamu harus memprioritaskannya. Tidak perlu menyita banyak waktu, biasanya kamu hanya fokus satu bulan saja untuk menghadapi ujian sekolah. Selain itu, yang terjadi pada bulan Marett, pengumuman SNMPTN semakin dekat.

Rajinkan doamu kepada Tuhan dengan tetap mengimbangi dengan belajar UTBK. Sebab, setelah SNMPTN, gelombang pendaftaran UTBK segera dibuka. Pada masa ini, website untuk SBMPTN sudah tersedia. Kamu perlu memeriksa kembali persyaratan jurusan yang kamu tuju. Jika berniat lintas jurusan (linjur), pastikan prodi tujuan menerima anak linjur.

April

Memasuki bulan April, tahapan UTBK semakin dekat. Gencarkan belajarmu, jangan kasih kendor. Menjelang UTBK, sebaiknya kamu memperbanyak try out. Misalnya saat H-1 bulan UTBK. Selain rutin belajar dengan fokus, kamu perlu mengikuti try out untuk menguji kemampuanmu. Dari try out inilah kamu mampu mengevaluasi kekurangan dan kelebihan belajarmu.

Tidak perlu khawatir dengan biaya try out yang mahal. Sebab, saat ini banyak sekali platform try out yang menyediakan akses try out secara gratis. Pilihannya kamu harus rajin-rajin mencari informasi try out gratis. Namun perlu diingat, jangan sampai kamu mabuk try out ya! Dengan kata lain, try out yang terlalu banyak juga tidak baik.

Tetap utamakan kualitas diatas kuantitas. Meskipun dengan sedikit try out, tetapi yang terpenting kamu mampu memperbaiki materi yang masih kurang. Beragamnya variasi soal tentu membuatmu semakin terlatih. Alhasil, kamu akan kecanduan untuk mengikuti try out dan terus belajar.

Mei

Jadwal UTBK tiba. Ketika pendaftaran, selain memilih PTN dan prodi, kamu diharuskan untuk memilih jadwal UTBK. Pilihlah tanggal dan hari yang sekiranya tepat untukmu. Karena pada hari H inilah yang menentukan perjuanganmu selama ini, kamu harus maksimal. Singkirkan segala hal yang mengganggu fisik dan pikiranmu. Menjelang seminggu sebelum jadwal UTBKmu tiba, kurangilah belajar yang berat.

Kamu hanya perlu sedikit mengulang materi atau review materi saja. Jika masih terdapat try out yang perlu dibahas, cobalah untuk mengulasnya kembali. Pastikan menjelang UTBK kamu dalam kondisi rileks dan selalu fokus. Sebelum hari H, siapkan terlebih dahulu perlengkapan yang kamu butuhkan. Jangan lupa untuk mencetak kartu peserta.

Hal pertama yang harus kamu cek adalah kesehatan. Pastikan sarapan bergizi sebelum berangkat. Buatlah dirimu nyaman saat berada di perjalanan. Dengan begitu, perjalanan yang kamu tempuh lebih menyenangkan dan perasaanmu tetap tenang menjelang pengerjaan soal, perbanyaklah berdzikir agar hati dan pikiranmu tetap fokus.

Juni

Pengumuman SBMPTN sudah di depan mata. Siapkan mentalmu untuk menghadapi hari yang mendebarkan ini. Perbanyak doa kepada Sang Kuasa. Jangan lupa, selagi menunggu pengumuman, kamu bisa mulai mencari informasi pendaftaran seleksi mandiri. Seleksi mandiri ini sifatnya hanya untuk berjaga-jaga saja. Dengan bekal belajarmu sampai sekarang, tentu kamu siap menghadapi seleksi mandiri jika dibutuhkan.

Sepanjang perjuangan, tetaplah menjaga semangatmu dari awal hingga akhir. Kamu harus percaya bahwa takdir sudah ditangan Tuhan. Namun, kamu bisa mengubahnya dengan cara berusaha, yakni menjalani proses belajar. Tetap utamakan ibadah dan rayu Tuhan agar segera mengabulkan impianmu untuk masuk PTN tujuan.