Skip to main content

Mengenal Samsung S20 FE. Ponsel Besutan Terbaru Samsung yang Mengusung Banyak Warna

Samsung S20 FE

Mengenal Samsung S20 FE. Ponsel Besutan Terbaru Samsung yang Mengusung Banyak Warna

Sudah sejak beberapa saat terakhir Samsung memberikan bocoran sedikit demi sedikit mengenai anggota baru dari series Samsung S20. Istimewanya, kini Samsung seakan memberikan kesempatan lebih bagi mereka yang masih belum mau atau mampu untuk memboyong S20 Ultra, yang harganya memang cukup tinggi.

Ya, Samsung S20 FE. Untuk Anda yang penasaran, FE merupakan singkatan dari Fan Edition. Ponsel pintar yang baru saja dikenalkan lewat event online ini langsung menghadirkan keributan. Pengumuman dan pengenalan tersebut tepatnya dilakukan pada 23 September lalu, dan akan dirilis pada 2 Oktober 2020 mendatang.

Salah satu bagian yang paling mencuri perhatian sejak pertama kali ponsel ini dihadirkan adalah bagian warnanya yang cukup baru untuk Samsung. Varian warna yang dihadirkan oleh Samsung lewat Samsung S20 FE kali ini adalah:

  • Cloud Navy
  • Cloud Lavender
  • Cloud Mint
  • Cloud White
  • Cloud Red
  • Cloud Orange.

Deretan pilihan warna di atas seakan menegaskan, bahwa Samsung S20 FE dirancang bagi siapa saja, tergantung dengan kesukaan, gaya hidup dan bahkan passion para penggunanya. Kata cloud di awal warna juga seakan mempertegas kesan modern dan lebih minimalis, sangat cocok dengan gaya hidup anak muda masa kini.

TOC / Daftar Isi

1. Spesifikasi Lengkap Samsung S20 FE

Untuk spesifikasi, dari dulu Samsung memang tidak pernah setengah-tengah, termasuk untuk Samsung S20 FE ini. Meski memberi potongan harga cukup banyak dibanding dengan varian S20 lainnya, nyatanya Samsung masih berbaik hati dengan tetap memberikan fitur terbaru mereka. Beberapa spesifikasi dan fitur utama yang bisa Anda dapatkan adalah;

1.1. Display

Membahas ponsel Samsung memang tidak lengkap jika tidak mengintip bagian layarnya. Untuk bagian ini, Samsung menyematkan Super AMOLED capacitive touchscreen 16M colors, lengkap dengan 120Hz refresh rate yang merupakan andalan Samsung kali ini.

Dengan refresh rate yang mencapai 120Hz, mampu membuat aktivitas nyekrol di ponsel ini terasa jauh lebih nyaman karena menjadi dua kali lipat lebih smooth.

Untuk ukuran, 6.5 inches, 101.0 cm2 (~84.8% screen-to-body ratio) dan resolusi 1080 x 2400 pixels 20:9 ratio (~407 ppi density) dianggap Samsung menjadi dimensi ideal, yang mampu membuat setiap penggunanya bisa melakukan segala aktivitas dengan nyaman dan maksimal.

Adanya fitur Always On Display milik Samsung juga masih menjadi daya tarik tersendiri. Dimana, fitur tersebut sangat memudahkan pengguna untuk melihat notification yang masuk tanpa harus membuka ponsel. Tampilan dari Always On Display ini juga semakin menarik semakin kesini.

Selain itu, layar ponsel ini juga sudah dilindungi dengan Corning Gorilla Glass 3. Fitur ini akan sangat membantu ponsel untuk melindungi layar, termasuk pada benturan yang pastinya tidak terlalu ekstrim.

Back to Content ↑

1.2. Desain

Seperti yang sudah sedikit disinggung tadi, desain dari Samsung S20 FE ini bisa dibilang cukup minimalis, tidak terdapat tambahan motif khusus atau lainnya pada body-nya. Pada bagian belakang terdapat 3 kamera yang diletakkan di sisi kiri atas, flash, dan di bingkai persegi panjang seperti biasa.

Pada bagian depan juga sama minimalisnya, bezel sangat tipis dan lensa kamera berukuran sangat kecil dibagian tengah atas semakin membuat ponsel ini terlihat sangat clean. Aluminium frame yang digunakan juga berhasil membuat ponsel ini menjadi lebih premium.

Ponsel ini juga cukup slim, dimana ketebalannya hanya 8.4 mm dengan berat 190 gram. Membuatnya sangat nyaman dalam genggaman, dan tidak akan cepat membuat pemiliknya merasa cepat lelah ketika harus memakainya berlama-lama.

Back to Content ↑

1.3. Triple Kamera Beresolusi Menjanjikan

Lalu bagaimana dengan urusan kamera? Hanya dihadirkannya 3 kamera belakang pada Samsung S20 FE seakan menjadi kekurangan bagi sebagian orang, mengingat kini sudah banyak sekali ponsel lebih murah yang memiliki 4 kamera belakang.

Namun, Samsung seakan ingin membuktikan bahwa quality more than quantity. 3 kamera yang disematkan disini dianggap sudah sangat memadai. Kamera utama 12 MP f/1.8, 26mm (wide) OIS, kamera 8 MP, f/2.0, 73mm (telephoto) dan 12 MP f/2.2, 123˚, 13mm (ultrawide) sudah sangat cukup untuk mengabadikan momen terbaik di hidup Anda.

Sedangkan untuk kamera depan disematkan lensa 32 MP f/2.0, 26mm (wide), 1/2.74", 0.8┬Ám, AF. Meski Samsung dikenal tidak memberi sentuhan mempercantik yang sangat ekstrim pada kamera depan, namun kamera ini sudah sangat bisa membantu Anda untuk mendapatkan hasil selfie yang menarik.

Sebagai catatan tambahan, kamera belakang maupun depan sudah bisa merekam dengan resolusi 4K.

Back to Content ↑

1.4. Baterai Awet Seharian

Bergeser sedikit ke bagian baterai, Samsung S20 FE juga dirancang khusus agar bisa menemani pemiliknya seharian tanpa harus mengecasnya berkali-kali. Baterai Li-Po 4500mAh dianggap mampu untuk memenuhi keperluan tersebut.

Untuk semakin memanjakan penggunanya, urusan charging juga didukung dengan fitur fast charging 25W, fast wireless charging 15 Watt, reverse wireless charging 4.5 Watt dan USB Power Delivery 3.0.

Back to Content ↑

1.5. Memory Lega

Beranjak ke bagian penyimpanan, Samsung juga tidak bisa dibilang pelit untuk urusan satu ini. Untuk bagian slotnya sudah disediakan microSDXC (uses shared SIM slot). Sedangkan untuk internal terdapat varian 128GB 6GB RAM, 128GB 8GB RAM dan 256GB 8GB RAM.

Seperti biasa, setiap varian internal tadi tentu akan dibanderol dengan harga berbeda, semakin tinggi varian RAM, maka akan semakin tinggi pula harga yang harus dibayarkan.

Back to Content ↑

1.6. Platform OS

Kini saatnya membahas dapur pacu ponsel pintar ini. Demi memuaskan penggunanya, Samsung mengusung chipset Exynos 990 (7 nm+), dengan CPU Octa-core (2x2.73 GHz Mongoose M5 & 2x2.50 GHz Cortex-A76 & 4x2.0 GHz Cortex-A55).

Selain itu, OS yang dipilih adalah Android 10, One UI 2.5 yang juga sudah mendapatkan beberapa pembaruan. Sebagai pelengkap, Samsung juga tidak lupa untuk menyematkan NFC dan juga USB Type C.

Back to Content ↑

2. Harga Samsung S20 FE

Saat ini Samsung masih menggelar sistem PO yang cukup menguntungkan, karena akan memberikan hadiah berupa Clear View (Smart) Cover, Galaxy Fit 2 dan Wireless Charge dengan syarat dan ketentuan yang berlaku. Sedangkan untuk harganya sendiri adalah Rp. 9.999.000,-.

Meski tidak bisa dikatakan murah, namun harga tersebut masih jauh lebih terjangkau jika dibandingkan dengan varian S20 lainnya. Sebut saja Samsung S20 yang dibanderol dengan harga Rp. 12.999.000, lalu S20 Ultra yang sudah mencapai angka 20 juta rupiah.

Back to Content ↑

Nah, itulah tadi ulasan lengkap Samsung S20 FE yang kini menjadi incaran anak muda dan kalangan pebisnis muda. Ponsel ini memang memberikan banyak sekali fitur-fitur baru, dan tampilan minimalis dan sangat modern, ditambah lagi dengan pilihan warna yang sangat menarik.

Namun, karena harganya yang tidak bisa dibilang murah, Anda tidak harus langsung memaksakan diri untuk mengganti ponsel saat ini juga, pastikan terlebih dahulu bahwa ponsel ini tidak akan menguras budget Anda terlalu dalam. Terima Kasih dan Semoga Bermanfaat!