Skip to main content

Mau UANG?? Kirim artikel yang berkaitan dengan niche Blog Daily Info DISINI. Artikel/tulisan yang disetujui akan dapat imbalan uang, atau dapat ditukar dengan pemberian Backlink Nofollow dari Kami.

×

Lakukan Hal Ini Sebelum Umur 20 Tahun

Lakukan Hal Ini Sebelum Umur 20 Tahun
Lakukan Hal Ini Sebelum Umur 20 Tahun

Lakukan Hal Ini Sebelum Umur 20 Tahun

Umur 20 tahun sudah tidak bisa dikatakan lagi sebagai teenager. Hal ini menjadi pembeda bahwa mereka telah berkepala dua. Dalam artian, usia belasan yang sering dikaitkan dengan masa labil, sudah tidak boleh dirasakan kembali. Saat menginjak usia 20 tahun, sudah seharusnya kamu berpikiran jauh ke depan.

Nah, bagi mahasiswa, usia 20 tahun menjadi masa ia mengembangkan diri. Saat usia 20 tahun insting kamu sudah semakin tajam. Insting ini digunakan untuk mempertimbangkan keputusan mana yang berguna untuk mendukung mimpimu. Waktu inilah kamu sudah benar-benar menata hidup ke depan. Tidak pernah ada kata terlambat selama kamu terus mau berusaha. Khusus bagai kamu yang akan menginjak usia 20 tahun, atau baru saja merasakan kepala dua, hal penting berikut perlu kamu lakukan.

TOC / Daftar Isi

Magang di Tempat yang Diidamkan Sebagai Tempat Kerja

Mulai menjalani masa kuliah, tentu kamu sudah mengincar tempat seperti apa yang nantinya menjadi ladang pendapatan. Kamu bisa meminta rekomendasi kakak tingkat saat kamu baru menginjak semester awal. Rekomendasi di awal ini sangat penting karena bisa menjadi motivasi untukmu.

Contohnya saja saat tempat magang tersebut mensyaratkan agar memiliki prestasi atau karya pada bidang tertentu, tentunya kamu akan menyiapkan hal tersebut bukan? Nah, pada akhirnya rekomendasi dan informasi tempat magang ini menjadi hal yang memicu semangatmu. Sangat baik ketika kamu menyiapkannya dari awal. Ibarat kata seperti mencuri start dari orang lain.

Back to Content ↑

Memperbaiki Relasi

Tak dapat dimungkiri, relasi sangat penting dalam dunia karir ke depan. Relasi ini berperan mengantarkan kamu lebih mudah mendapat pekerjaan. Orang dengan relasi yang luas tentu akan banyak mendapatkan kesempatan untuk bekerja. Hal ini karena relasi tersebutlah yang membantu dirinya untuk berkembang.

Akan tetapi, yang terpenting adalah relasi yang berkualitas. Jangan sampai kamu memiliki banyak pertemanan, tetapi semuanya toxic. Yang ada kondisi seperti itu justru merusak tujuanmu. Saat usia 20 tahun atau sebelum menginjak usia tersebut, kamu sangat boleh memilih teman. Hal ini disesuaikan dengan kecocokan dan tujuan yang sama.

Back to Content ↑

Meningkatkan Tanggung Jawab

Sudah menjadi tabiat orang dewasa untuk menjadi orang yang bertanggung jawab. Sebab, mereka banyak mendapatkan kepercayaan dari orang lain. Apalagi saat relasi semakin luas, diperlukan tanggung jawab yang besar. Tanggung jawab ini tak sembarang diberikan. Biasanya atasan memberikan tanggung jawab pada orang kepercayaannya.

Untuk itu, sebagai seorang berkepala dua, sudah semestinya kamu memilih tanggung jawab yang lebih besar. Menjadi orang yang bertanggung jawab ternyata menguntungkan lho. Pasalnya, kamu mendapatkan banyak kepercayaan berarti pribadimu memang cocok memikul tanggung jawab. Tingkatkan lebih baik lagi ya!

Back to Content ↑

Membangun Karakter

Orang dewasa telah terbentuk dengan karakternya masing-masing. Karakter ini biasanya melekat pada diri seseorang. Dalam artian, karakter itulah yang dikenal orang lain akan dirimu. Misalnya kamu dipandang sebagai orang yang pemarah, penyayang, dan sebagainya. Ciri tersebut tinggal kamu yang tentukan sendiri.

Sebelum usia 20 tahun, bangunlah karakter diri yang kamu inginkan. Usahakan karakter ini merujuk pada cita-citamu ya. Contohnya saat kamu ingin menjadi seorang dokter, karakter kamu tentu adalah orang yang peduli kepada orang lain. Nah, kamu bisa mulai membangun karakter untuk menjadi pribadi yang kamu inginkan.

Back to Content ↑

Memahami Kerja Melalui Praktek Kerja Lapangan (PKL)

Praktek Kerja Lapangan (PKL) adalah pelatihan kerja yang biasanya diperuntukkan bagi para pelajar. PKL ini membawamu mengenal dunia kerja sesuai bidang. Kamu akan benar-benar dilatih tentang bidang kerja yang semestinya kamu tekuni. Saat itulah kesempatanmu untuk memahami kerja.

Biasanya praktek kerja lapangan digunakan para pelajar sebagai sarana pengembangan skill penerapan ilmu di sekolah. Tentu hal ini sangat menyenangkan. Apalagi bagi kamu yang benar-benar sudah ingin bekerja. PKL menjadi ajang menetapkan lingkungan kerja seperti apa yang diinginkan. Sudah semestinya orang berusia 20 tahun memahami hal ini.

Back to Content ↑

Kerja Keras dan Disiplin

Seorang pekerja keras tidak mungkin hidupnya akan sengsara. Sebab, mereka selalu berusaha dengan segala upaya yang bisa mereka lakukan. Meskipun pernah mengalami kegagalan, seorang pekerja keras tak pernah menyerah. Ia selalu bangkit dan mencoba kembali sampai berhasil. Sikap pejuang inilah yang harus kamu miliki.

Kerja keras berakibat pada hasil akhir yang nanti kamu dapatkan. Hal ini sesuai dengan pilihanmu. Jika kamu ingin sukses, bekerja keraslah. Namun, jika tidak, pilihan hidup kamu sendiri yang tentukan. Saat usia 20 tahun, kamu harus benar-benar menyiapkan diri akan cita-cita yang ingin kamu raih.

Kaitannya dengan disiplin merupakan karakter yang sangat diperlukan dalam dunia kerja. Bagaimana tidak, sejak sekolah pun kamu dilatih untuk disiplin melalui peraturan yang harus ditaati. Begitu juga dengan usia dewasa ini. Tentu latihan disiplin selama sekolah membuat karaktermu semakin terbentuk dengan kuat bukan?

Back to Content ↑

Menguasai Aplikasi E-Learning

Software menjadi sangat penting di dunia digital sekarang. Setiap bidang pasti membutuhkan aplikasi yang memudahkan pekerjaan. Tak terkecuali dalam pembelajaran. Platform e-learning sudah sangat familiar di mata pelajar dan mahasiswa. Tidak etis jika kamu gaptek dalam menjalankan aplikasi ini.

Jika belum bisa, memilih untuk belajar tak pernah terlambat. Lakukan sekarang dan jangan menunda lagi. Tindakan menunda inilah yang seringkali menghambat langkahmu dalam mencapai tujuan. Hindari menunda-nunda ya!

Back to Content ↑

Nikmati Prosesnya

Siapa yang tak kenal sebuah proses? Suatu langkah mencapai tujuan yang seringkali dikeluhkan banyak orang. Ternyata masih banyak dari mereka yang sering memaki proses. Hal ini karena saat menjalaninya, ternyata terlalu berat dan banyak tugas yang perlu dikerjakan. Memang benar karena hal tersebut adalah konsekuensi logis atas sebuah impian.

Padahal sikapmu dalam berproses sangatlah penting. Sebab, proses ini menentukan hasil yang kamu raih. Meskipun sebenarnya proses lebih penting daripada hasil, tetapi orang yang berproses pasti menginginkan hasil yang sesuai harapan. Oleh karena itu, cobalah untuk menjalani proses yang menyenangkan ini.

Jangan sampai kamu tersiksa pada proses yang kamu jalankan sendiri. Jika hal tersebut terjadi, artinya kamu belum bisa konsekuen terhadap pilihan. Hindarilah hal seperti ini saat beranjak dewasa. Karena yang ada kamu malah dianggap sebagai orang yang plin-plan dan tidak konsisten.

Back to Content ↑

Bagaimana? Apa salah satu dari hal tersebut sudah kamu lakukan? Jika sudah, selamat ya, kamu telah satu langkah lebih maju. Kini tinggal tingkatkan performa dirimu. Namun, jika belum, segera bertindak membentuk pribadi yang lebih baik. Dirimu di masa depan ditentukan dari langkah yang kamu bangun sekarang. Itulah pilihan. Kamu bebas memilih mau menjadi apa. Sebab, yang menentukan langkah masa depan adalah tindakanmu saat ini. Sekian, Terima Kasih dan Semoga Bermanfaat!