Skip to main content

Mau UANG?? Kirim artikel yang berkaitan dengan niche Blog Daily Info DISINI. Artikel/tulisan yang disetujui akan dapat imbalan uang, atau dapat ditukar dengan pemberian Backlink Nofollow dari Kami.

×

Spesifikasi, Kelebihan, dan Kekurangan Samsung Galaxy A01 Core

Spesifikasi, Kelebihan, dan Kekurangan Samsung Galaxy A01 Core
Samsung Galaxy A01 Core

Spesifikasi, Kelebihan, dan Kekurangan Samsung Galaxy A01 Core

Produk handphone keluaran Samsung memang sudah sangat beragam. dari mulai harga terendah sampai harga yang hanya dapat dijangkau oleh orang-orang menengah ke atas. Namun, siapa sangka merk Handphone asal Korea Selatan ini menghadirkan varian yang dapat dikategorikan sangat murah. Yaitu Samsung Galaxy A01 Core dengan harga Rp. 1.099.000.

Lalu seberapa worth it kah produk Handphone yang satu ini? Berikut spesifikasi, kelebihan, serta kekurangan dari Samsung Galaxy A01 Core.

TOC / Daftar Isi

Spesifikasi Samsung Galaxy A01 Core

Berikut spesifikasi handphone Samsung Galaxy A01 Core

  • Rilis: Juli 2020
  • Layar: 5,3 inch 720×1480 piksel
  • Chipset: Mediatek MT6739WW (28nm)
  • GPU: PowerVR Ge8100
  • RAM: 1GB, 2GB
  • Memori Eksternal: Up to 512GB
  • Memori Internal: 16GB, 32GB
  • Kamera Depan: 5 MP
  • Kamera Belakang: 8 MP
  • Baterai: Non-Removable 3000mAh.

Back to Content ↑

Kelebihan dari Samsung Galaxy A01 Core

Walaupun harganya murah tidak akan tetapi jangan anggap kualitasnya kaleng-kaleng. Berikut adalah kelebihan dari Samsung Galaxy A01 Core;

Back to Content ↑

1. Menggunakan Android 10 Go Edition

Sistem operasi juga turut menyumbang nilai jual pada sebuah Handphone. Untuk Samsung Galaxy A01 Core sendiri, dihadirkan dengan Android 10 yang saat perilisannya merupakan OS Android masa itu.

Android 10 nya pun bukan Android biasa, melainkan Android 10 Go Edition yang umum dihadirkan pada ponsel dengan RAM di bawah 2GB. Oleh karena itu, sistem operasi ini pun dapat menjalankan aplikasi dan dapat melakukan perjalanan multitasking dengan cukup lancar meskipun terkendala batasan dari hardware.

Untuk Anda yang ingin mengunduh aplikasi lewat Play Store, pilihan-pilihan yang ditawarkan merupakan varian Go yang memiliki ukuran lebih ringan, seperti Youtube Go, Gmail Go, dan lain sebagainya.

Untuk soal kompatibilitas aplikasi, Anda pun masih dapat menginstal aplikasi varian regulernya pada Samsung Galaxy A01 Core. Jadi tidak perlu ada yang dikorbankan saat menggunakan Android Go Edition ketimbang Android biasa.

Back to Content ↑

2. Kualitas Kamera Cukup Bagus

Walaupun berada pada rentang harga yang cukup rendah, Samsung Galaxy A01 Core ini dapat memberikan kualitas jepretan yang cukup bagus. Sehingga Anda tak perlu khawatir tak bisa mengenang momen indah yang Anda miliki dengan orang terdekat. Handphone ini dibekali dengan konfigurasi single camera saja, tetapi hasil jepretannya tetap terbilang cukup bagus bagi handphone sekelasnya.

Kamera belakangnya memiliki resolusi 8 MP dengan bukaan aperture f/2.2 dan sudah dilengkapi dengan autofocus serta fitur LED Flash. Sementara itu dihadirkan dengan lensa yang berkekuatan 5 MP dengan bukaan 2.5.

Untuk perekaman video melalui lensa belakang, Anda dapat merekam dengan resolusi 1080p pada frame rate 30 FPS. Kedua kamera ini memanglah mengalami kemunduran dari A01 reguler. Walaupun begitu hasil foto yang Anda dapatkan tetap tajam walaupun ada bagian minim cahaya yang kurang mendapat exposure.

Seperti yang tadi sudah dijelaskan, memanglah Samsung Galaxy A01 Core cukup kesulitan menjaga exposure pada bagian-bagian tertentu yang tidak kebagian cahaya, sehingga Anda pun tidak dapat banyak berharap pada pemotretan malam hari. Akan tetapi untuk pemakaian hari-hari hasil foto dari Samsung Galaxy lumayan untuk harga 1 jutaan.

Back to Content ↑

3. Ukuran yang Compact

Dijaman sekarang banyak Handphone yang menggunakan body besar dan layar yang kualitasnya tinggi. Samsung Galaxy A01 Core ini cukup lumayan terutama bagi Anda yang sedang ingin mencari Handphone dengan sisi portabilitas yang tinggi.

Karena, Handphone murah ini hadir dengan dimensi body yang sangat nyaman dipegang serta fleksibel dimasukkan di kantong ataupun di tas. Ukurannya yakni sebesar 141.7 × 67.5 × 8.6 mm. Sementara itu, bobotnya pun sangat mencerminkan pengalaman menggenggam yang sangat optimal dengan menghadirkan angka 150 gram saja. Di jamin Anda tidak akan merasa pegal saat memegangnya terus menerus. A01 Core pula sangat ideal untuk tangan anak-anak yang baru mengenal teknologi.

Dari segi layarnya, Samsung Galaxy A01 Core dibekali dengan panel PLS TFT dengan ukuran 5,3 inch. Hal ini justru dapat menjadikan Anda bagai oase di padang pasir.

Back to Content ↑

4. Desain Body Unik

Untuk menunjukkan tampilannya,Samsung Galaxy A01 Core memilih Approach minimalistik dalam menunjukkan tampilannya. Dengan menampilkan body belakang yang bermotif garis-garis, sehingga membuat Samsung Galaxy A01 Core ini lebih terlihat unik dan tidak terlampau simple.

Sama seperti varian regulernya, A01 Core ini pun memiliki tiga varian warna yaitu merah, biru, dan juga hitam. Supaya Anda dapat menyesuaikan dengan style Anda.

Back to Content ↑

5. Mengusung Slot Memori Eksternal Terpisah

Salah satu kelemahan dari Handphone harga 1 jutaan adalah memori internalnya yang kadang terlalu kecil. Padahal, pengguna membutuhkan storage yang luas supaya file-file dari multimedia dapat dinikmati secara offline, seperti TV series, video konten, film, lagu, dan lain-lain.

Dengan kapasitas memori yang hanya 16GB dan 32GB, Samsung Galaxy A01 Core masih menyediakan slot khusus untuk microSDXC hingga 512GB. Anda pun dapat menyimpan lebih banyak lagi file yang diinginkan bahkan tanpa harus melepas kartu SIM.

Back to Content ↑

Kekurangan Samsung Galaxy A10 Core

Apakah Anda sudah tertarik dengan Samsung Galaxy A01 Core setelah mengetahui segala kelebihannya? Anda pun perlu mengetahui kekurangan dari A01 Core ini, diantaranya adalah;

Back to Content ↑

1. Chipset Kurang Bertenaga di Kelasnya

Samsung Galaxy A01 Core nyatanya tidak terlalu lancar untuk memainkan game berat dengan begitu lancar. Chipset yang mengotaki ponsel ini merupakan Mediatek MT6739 dengan fabrikasi 28 nm serta GPU berjenis PowerVR GE8100.

Chipset besutan Mediatek ini merupakan konfigurasi empat inti yang mencakup empat ARM cortex A53 dengan clock speed sebesar 1.5 GHz. Sebagian dari Anda mungkin berpikir chipset ini cukup layak untuk rentang harga yang di bandrolnya. Akan tetapi, jika kita bandingkan dengan ponsel lain di harga serupa sayangnya Samsung Galaxy A01 Core masih kalah saing.

Back to Content ↑

2. Ukuran RAM yang Kecil

Selain dari performa chipset, rupanya Samsung Galaxy A01 Core pun tidak cukup unggul dalam merajai pasar dengan kapasitas RAM nya yang begitu kecil. Ponsel murah meriah ini hanya menawarkan dua varian RAM saja, yakni 1GB dan 2GB.

Inilah salah satu alasan Samsung menancapkan sistem aplikasi Android Go Edition agar RAM nya begitu kecil ini tidak begitu berpengaruh pada kinerja multitasking. Tetap saja, Samsung Galaxy A01 Core berada di deretan terbawah untuk ukuran RAM dibandingkan dengan beragam kompetitornya yang sudah mengusung RAM 3GB juga.

Back to Content ↑

3. Baterai yang Terbilang Kecil

Kinerja baterai merupakan salah satu penentu utama dalam menilai kelayakan sebuah Handphone. Tersemat baterai tipe li-Ion yang berkapasitas 3000 mAh dibalik casing Handphone murah ini. Dari samsung sendiri mengklaim kalau ponsel ini mampu bertahan selama 70 jam untuk memutar lagu.

Untuk pemakaian normal, kapasitas ini masih bisa diterima untuk menemani hari-hari Anda. Tapi sayangnya kapasitas ini bukanlah yang terbaik yang bisa didapatkan pada rentang harga 1 jutaan.

Back to Content ↑

4. Bezel dengan Ukuran Tebal

Tahun 2020 adalah eranya ponsel yang menghadirkan desain poni untuk segmen harga entry-level dan pouch-hole untuk kelas menengah ke atas. Nyaris tidak ada bezel setebal Samsung Galaxy A01 Core.

Pada artinya, tampilan desain layar pada ponsel Samsung ini memang tergolong so last year, dan hanya mampu memberikan rasio perbandingan body ke layar yang kecil, yakni 74,5%. Ini pun memiliki dampak yang cukup buruk untuk kenyamanan Anda dalam penggunaan sehari-hari karena layarnya yang sungguh kecil untuk standar pada HP 2020.

Back to Content ↑

5. Tidak Terdapat Sensor Sidik Jari

Keamanan privasi bukanlah aspek yang bisa disepelekan, hal ini dapat dicerminkan oleh gencar-gencarnya menghadirkan fitur sensor sidik jari pada bagian belakang, samping, ataupun di dalam layar. Samsung Galaxy A01 Core tidak hanya dapat membuka kunci layar dengan menggunakan PIN, pola, dan lain sebagainya.

Back to Content ↑

Pada dasarnya, seperti kata Core yang disematkan, tidak ada inovasi yang menonjol pada HP Samsung Galaxy A01 Core, hanya menghadirkan fitur-fitur basic dan standar, karena memang dari awal ponsel ini dibuat untuk kebutuhan utama dengan harga super terjangkau. Jadi, apakah Anda tertarik untuk memilikinya? Sekian, Terima Kasih dan Semoga Bermanfaat!